PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator kereta api (KA) di Indonesia akhirnya meresmikan perjalanan KA baru bernama KA Ranggajati Ekspress (Ranggajati) dengan relasi Cirebon – Jember pada Selasa pagi (1/11). Peresmian KA Ranggajati ini diadakan di dua tempat yaitu di Stasiun Besar Cirebon, dan juga Stasiun Jember.

Pada acara peresmian yang berlangsung di Stasiun Cirebon, turut hadir Vice President (VP) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon Krisbiyantoro beserta pegawai KAI lainnya, dan juga beberapa kepala instansi seperti Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Asep Dedi M.Si, Sultan Keraton Kanoman, Kapolres Kabupaten Cirebon, Komandan Distrik Militer 0620 Cirebon, dan tamu undangan lainnya.

Panggung peresmian KA Ranggajati di Cirebon | Foto: Rio Prabowo
Panggung peresmian KA Ranggajati di Cirebon | Foto: Rio Prabowo

Layanan KA Ranggajati ini terdiri dari 10 kereta per rangkaiannya dengan 2 kelas yaitu kelas Eksekutif dan Bisnis. KA Ranggajati ini beroperasi dengan formasi 4 kereta Eksekutif, 4 kereta Bisnis, 1 kereta Restorasi, dan 1 kereta Pembangkit.

KAI juga tengah memberikan tarif promo pada satu bulang awal pengoperasian KA ini yaitu Rp200.000,00 untuk kelas bisnis, dan Rp300.000,00 untuk kelas Eksekutif. Untuk tarif normal akan berkisar sekitar Rp250.000,00 – Rp500.000,00 untuk kelas bisnis, dan Rp300.000,00 – Rp600.000,00 untuk kelas Eksekutif.

Sumber: Kereta Api Kita
Sumber: Kereta Api Kita

Pada kesempatan sambutannya, Krisbiyantoro mengatakan bahwa layanan KA baru ini bisa menjadi pilihan transportasi baru untuk pengembangan usaha dan sektor pariwisata menuju Jember melalui lintas selatan. Perjalanan KA ini sendiri akan berhenti di berbagai kota besar seperti Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Probolinggo, dan lainnya, yang mana diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk menggunakan layanan KA ini.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon mengatakan bahwa Hadirnya KA Ranggajati ini sangat diapresiasi positif oleh Pemerintah Daerah setempat.

Untaian bunga serta papan nama KA Ranggajati | Foto: Rio Prabowo
Untaian bunga serta papan nama KA Ranggajati | Foto: Rio Prabowo

Setelah prosesi sambutan selesai, dilaksanakanlah prosesi peresmian seperti pemotongan pita oleh Sekda Kota Cirebon serta kucur kendi oleh Sultan Keraton Kanoman. Tidak menunggu lama, rangkaian KA ini langsung diberangkatkan oleh Bupati Cirebon.

Selain di Cirebon, acara peresmian layanan KA baru ini juga berlangsung di Stasiun Jember.

Suasana peresmian KA Ranggajati di Jember: Foto: Syauqi Ilman Khoiri
Suasana peresmian KA Ranggajati di Jember: Foto: Syauqi Ilman Khoiri

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.