Pilihan Desainer: Font Resmi Evangelion Akhirnya Dirilis

0

Neon Genesis Evangelion merupakan salah satu seri anime yang tayang pada tahun 1995. Diproduksi oleh studio GAINAX dan disutradarai oleh Hideaki Anno, anime ini menjadi salah satu seri yang tetap populer hingga saat ini. Daya tarik anime ini, selain menghadirkan pertarungan antara mecha Evangelion melawan makhluk misterius yang disebut Angel, adalah hubungan antara Shinji dengan dua rekan pilotnya (Asuka dan Rei) serta nuansa psikologis yang cukup kelam yang menghiasi ceritanya.

(GAINAX)
(GAINAX)

Meskipun tidak terlalu ditonjolkan, font (atau tipografi) yang hadir di seri anime Evangelion hadir dengan gaya yang cukup khas. Desain font yang disebut sebagai “Eva Mincho” ini terinspirasi oleh jenis huruf Mincho, gaya karakter huruf Tiongkok dengan usapan garis horizontal yang tipis dan garis horizontal yang tebal. Font tersebut umumnya digunakan di setiap judul episode anime tersebut.

Tipografi judul episode ke-11 seri anime Evangelion: Seishishita Yami no Naka de (In The Still Darkness)
Tipografi judul episode ke-11 seri anime Evangelion: Seishishita Yami no Naka de (In The Still Darkness)

Fontworks, perusahaan pendesain font yang berbasis di Prefektur Fukuoka, akhirnya merilis desain font yang digunakan  di seri anime Evangelion secara resmi. Font yang diberi nama “Matisse EB” tersebut akan dirilis pada tanggal 10 November 2016 dalam paket khusus.

Booklet spesial dalam paket font Evangelion.
Booklet spesial dalam paket font Evangelion.

Font ini akan hadir dalam dua jenis gaya yang sedikit berbeda, yaitu “Eva-Matisse-Classic” dan “Eva-Matisse-Standard”. “Eva-Matisse-Classic” digunakan untuk versi serial TV-nya, sedangkan “Eva-Matisse-Standard” dipakai untuk film Rebuild of Evangelion. Dalam paket font ini juga disertakan booklet khusus yang menjelaskan karakteristik kedua font tersebut, alasan sang sutradara memakai font ini, dan pengaruh penggunaan font tersebut terhadap industri anime selama lebih dari 20 tahun ke belakang.

Perbedaan font Matisse-Classic (kiri) dan Matisse-Standard (kanan)
Perbedaan font Matisse-Classic (kiri) dan Matisse-Standard (kanan)

Font Evangelion tersebut akan dijual dengan harga 4.600 Yen (atau senilai Rp575.000,00) dan dapat dipesan di toko online Evangelion Store. Pihak Fontworks sendiri menyarankan font ini untuk keperluan pribadi, seperti presentasi, olah video, dan ucapan tahun baru,1 dan mengingatkan untuk tidak menggunakannya untuk keperluan komersial.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.