Membangkitkan Harapan 35: Mengubah Pemikiran Agar Move On Bersama

0

rkb-illust-full

Ada yang sudah menonton Ro-Kyu-Bu! SS episode 2? KAORI Fansub mengerjakan terjemah seri ini dalam bahasa Indonesia dan terlepas dari kartun berkedok basket, kepemimpinan Hasegawa Subaru mampu menyulap sesuatu yang tidak diperhitungkan menjadi bertaji dan siap berkompetisi.

Permainan basket yang begitu apik dari segi individu itu tidak bertaji jika pelatihnya memble, antara pemainnya tidak ada koordinasi, dan terjebak mengamankan kepentingannya masing-masing ketimbang bersatu membangun serangan demi memenangkan pertandingan. Kalau mengutip bahasa Tomoka, “bukan hanya ada kita berdua di lapangan ini!”

Berkaitan mengenai masalah kerja tim, rupa-rupanya masalah ini masih berlaku di KAORI sampai sekarang.

KAORI sendiri didesain dengan tiga pilar utama yakni Newsline, Fansub, dan forum. Ketika desain ini diciptakan lima tahun yang lalu, KAORI didesain akan mengakomodasi seluruh pengguna yang mau mengetahui dunia anime lebih lanjut sehingga masuk ke KAORI, dan menghasilkan konten untuk kemudian mempromosikan KAORI.

Alur sederhananya seperti ini: seorang pengguna yang bingung mau melakukan apa mengakses situs KAORI Newsline, mendapatkan info-info seputar anime di televisi, kemudian mengakses artikel lain di Newsline yang mengantarkannya lebih lanjut ke dalam kebudayaan anime. Sebagai permulaan ia menyaksikan anime melalui KAORI Fansub, kemudian diarahkan masuk ke forum untuk mengenal lebih lanjut. Setelah orang tersebut masuk ke forum, ia akan mendapatkan informasi lebih banyak dan tertarik berlama-lama di forum, lalu nantinya menghasilkan konten yang bisa didorong kembali ke Newsline dan Fansub baik sebagai staf maupun sebagai pengguna biasa.

Alur ideal ini tentunya tidak terjadi sekarang karena keberhasilannya mengharuskan seluruh lini untuk bekerja dengan baik dan benar. Malah yang terjadi, justru ada ketidaknyambungan antara forum, fansub, dan Newsline serta Facebook/twitter KAORI!

Masalah yang sudah ada selama ini pun dicari jalan keluarnya. Diputuskan untuk merevitalisasi Newsline dan fansub dengan sebagian kesuksesan. Fansub dan Newsline sendiri sukses dan diminati orang, cuma tidak menarik orang untuk bergabung ke forum.

Kesuksesan sebagai individu sendiri, subforum-subforum di KAORI pun sebenarnya cukup sukses. Seperti di LPK yang sukses mencatatkan berbagai entri cerita yang sayangnya tidak banyak dikomentari orang. Dalam satu subforum sendiri saya melihat masih ada ego sektoral, yang menurut hemat saya, ini lebih berbahaya dari kepasifan pengguna! Ego sektoral dimulai dari ego pribadi, mengakibatkan sebuah proyek menjelma menjadi egopolis dan akhirnya mangkrak seperti yang kita lihat dalam kasus majalah salah satu pengguna.

Ada keluhan dari salah satu penjaga stan saat Comic Frontier lalu. Menurutnya, KAORI bersaing dan berkompetisi dengan lingkar-lingkar kreatif lain, bahkan ada yang karyanya tidak cuma masuk Pixiv, bahkan sudah menembus DLsite Jepang yang terkenal itu. Ketika sebuah stan digelar, tentu harus ada showcase (pertunjukan) karya-karya penggunanya, sehingga akan ada orang luar yang masuk ke KAORI, lalu berkarya di KAORI, dan hasil karyanya itu pun bisa ditunjukkan lagi dalam peragaan di stan Daop-Divre.

Staf Newsline pun mengeluh karena pengguna KAORI tidak ada yang mau berkontribusi secara langsung, sedangkan staf yang hanya tiga orang saat ini sudah bekerja keras tanpa mengeluh untuk menarik dan menaikkan nama KAORI di luar. Mengeluh juga karena setelah bekerja keras mengangkat nama (mulai dari subforum anime, subforum kreativitas), ditanya “apa hasil pengguna KAORI” atau “seperti apa kompetisi di dalam KAORI”, akhirnya keluar jawaban normatif. Juga mengeluh berita yang bisa sampai tujuh artikel sehari itu pun terasa percuma karena tidak dilirik oleh insan KAORI sendiri!

Oleh karena itu, untuk mengatasi pilar-pilar yang berdiri sendiri-sendiri ini, saya mencoba memikirkan gagasan terakhir untuk membangun KAORI yang satu, yang bersinergi, yang bisa kokoh baik di luar maupun di dalam.

Newsline akan diarahkan sebagai media kehumasan dan menampilkan karya-karya internal yang layak tampil, selain tetap menyajikan berita-berita. Aktivitas seperti kompetisi, lomba, dan kegiatan subforum akan diposting di Newsline. Begitu pula pengguna-pengguna yang karyanya memang bagus dan layak naik, akan dimasukkan ke Newsline. Tidak hanya sekadar di Newsline, konten-konten menarik dari berbagai subforum baik anime, komik, novel, bahkan sejarah maupun touhou pun juga akan didorong terus ke jejaring sosial KAORI yang sudah mapan agar lebih banyak yang tertarik untuk masuk ke forum.

Tidak terbatas pada subforum kreatif, subforum anime, novel visual, dan sejarah itu pun bisa mendorong beritanya ke Newsline dan terus ke luar KAORI. Beban Newsline terbantu sembari mengarahkan traffic dari luar masuk ke subforum tersebut secara tidak langsung.

Dengan mengembalikan Newsline sebagai halaman utama KAORI, saya yakin pengguna-pengguna baru akan tertarik menjelajah ke dalam forum KAORI. Pengguna di dalam forum pun akan lebih termotivasi untuk berkarya karena sadar bahwa karyanya dibaca dan dinikmati oleh orang lain. Alur keaktifan dalam subforum pun akan meningkat. Pendek kata, ini memutar roda gerigi yang menghubungkan sinergi antara halaman utama KAORI di jejaring sosial dan Newsline dengan internal forum yang sudah terbuka.

Orang selama ini ragu untuk masuk KAORI karena antara halaman rumah dengan dalamannya masih tidak terhubung. Ketika sudah masuk dalam forum pun, mereka tidak bisa melihat, terjebak seolah katak dalam tempurung dan abai betapa besarnya potensi orang di luar. Karena minim respon di dalam subforum, mereka pun memutuskan untuk keluar dan justru meraih kesuksesan yang lebih besar di luar sana!

Ide-ide mengenai mendukung lisensor maupun upaya karya anak bangsa itu hanya akan berakhir di tong sampah bila tidak ada orang yang mau melihatnya. Sebelum ide itu bisa disebarkan dan diterima oleh banyak orang, basis kendaraan untuk menyebarkan ide tersebut harus kuat terlebih dahulu. Itu berarti pengunjung ke KAORI itu sendiri harus banyak terlebih dahulu.

Melihat pengalaman yang sudah-sudah, tidak mungkin hanya Newsline sendiri yang bergerak. Hanya satu subforum yang bergerak. Hanya diri sendiri yang bergerak. Jangan berharap subforum atau bahkan KAORI forum itu sendiri akan berkembang, bila pemikiran masih terbatas pada ego diri sendiri, ego subforum sendiri, ego UPT sendiri. Pemikirannya harus luas, memikirkan kepentingan yang lebih luas yaitu kepentingan KAORI.

Sehingga agar ide ini bisa berhasil, diperlukan kerja sama dari seluruh bagian di KAORI. Pengguna harus siap bergerak dan menyingkirkan dahulu ego-ego itu. Ego pribadi ini sangat dikutuk bahkan oleh seorang editor majalah Shonen Jump. Staf subforum harus mulai bergerak, jangan saling menunggu, jangan asyik dengan proyeknya sendiri yang sebenarnya bukan tugas utamanya.

Semua harus move on! Tentu saja tidak bisa baik hanya saya sendiri, hanya tim administrator sendiri, hanya tim jejaring sosial dan Newsline sendiri yang berlari. Akhirnya nanti seperti Tomoka yang malah diasingkan oleh teman-temannya sendiri.

Namun sebelum program-program ini direalisasikan, saya mau melihat dahulu mungkinkah subforum itu sendiri mulai berbenah. Toh UPT Fansub yang mulai berbenah itu saja membutuhkan waktu hampir satu tahun hingga bisa kembali dilirik orang. UPT Newsline pun membutuhkan waktu setengah tahun sampai bisa mulai berjalan perlahan seperti sekarang. Mampukah subforum-subforum yang selama ini tertidur dan terbenam dalam hambatan dirinya sendiri berhasil keluar dari kesulitan itu.

Untuk staf subforum, saya ingin ini beres sebelum Ramadhan. Tim administrator dan sumod siap membantu moderator-moderator yang ingin subforumnya berlari. Termasuk menyelesaikan hambatan yang mengikat kaki moderator yang secara individu ingin subforumnya tidak sekadar berlari, namun juga terbang. Masalah di subforum saya kira tidak seberat di Newsline dan Fansub karena SDM dan infrastrukturnya sudah ada, sehingga bisa lebih cepat dieksekusi.

Termasuk untuk teman-teman di berbagai subforum yang membaca ini, mari mulai sekarang kita bergerak, ikut menentukan dan mengarahkan KAORI bersama-sama. Staf yang ingin berlari pun tidak mungkin melakukannya bila teman-temannya tidak mau move on.

Orang yang benar dalam menonton anime adalah mereka yang bisa menemukan sisi positif yang bermanfaat bagi kehidupannya dari anime tersebut, alih-alih menjadikannya pembenar untuk menjalani hidup yang salah. Termasuk salah karena tidak menonton Ro-Kyu-Bu! (loh?)

Shin Muhammad
Administrator KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.