SHARE

reon

Tahun 2016 telah berlalu dan saatnya memilih anime-anime terfavorit yang telah tayang. Ada lebih dari 300-an judul, namun tidak banyak yang disukai pembaca KAORI secara universal. Berikut 20 anime terfavorit pilihan pembaca KAORI.

Metodologi Survei

Survei dilakukan secara online melalui grup pembaca KAORI dan jejaring sosial KAORI dan berhasil mengumpulkan sebanyak 367 tanggapan selama 21 sampai 31 Desember 2016. Responden diberikan opsi untuk mencantumkan data diri yang valid pada akhir kuesioner untuk dapat memenangkan hadiah pilihan. Hasil survei ini merupakan representasi basis pengguna KAORI dan tidak dimaksudkan untuk merepresentasikan penggemar anime di Indonesia pada umumnya.

Daftar

© Yayoiso / Comico / Relife Institute

1. ReLife (222 suara)

ReLife adalah anime yang sangat unik dengan jadwal penayangan yang sangat cepat serta plot yang rasanya tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Ketika pertama kali tahu, kupikir bahwa sang protagonis akan terlempar kembali ke masa lalu, namun rupanya tidak. Sang tokoh utama, Kaizaki Arata, diharuskan kembali ke masa SMA demi memperbaiki hidupnya. Hishiro Chizuru, teman sekelas Kaizaki, sangat menarik dan adorable dengan kecanggungan dan wajah datarnya. Dan twist yang tak kuduga di episode terakhir: rupanya Hishiro adalah subjek sebelumnya yang gagal dan membuat karakter kesayanganku, Yoake Ryo, putus asa!! Tapi aku suka Ryo dan Hishiro menjadi pasangan (maaf, Arata. Kamu dengan An saja). Ah, aku tidak sabar menyaksikan season 2-nya! Aku juga ingin segera membaca komiknya. (Anisa Marwah Surya Zidanina)

© Nagatsuki Tappei / Kadokawa / Re:Zero Production Commitee

2. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu (214 suara)

Dih, panjang banget judulnya ?. Anime mainstream ini berhasil membuat fans-nya terpecah menjadi dua kubu. Fans Emilia dan fans Rem selalu saja berdebat di media sosial manapun. Buat saya yang tidak baca LN-nya, jalan cerita dari animu ini cukup menarik sampai SPV saya yang jarang nonton anime ikutan nonton sampai tamat. Walau menurut saya ceritanya agak membosankan pas sampai di pertengahan, tapi berbalik jadi menegangkan lagi ketika Natsuki Subaru berburu ikan paus. (Wisnu Praditya Setiawan)

© Yusei Matsui / Shueisha / Assassination Classroom Production Commitee

3. Assassination Classroom (175 suara)

Anime Ansatsu Kyouhitsu ini mengajarkan kepada kita bagaimana cara membunuh, membunuh dengan maksud menjadikan bela diri untuk melindungi seseorang yang kita sayangi, terutama teman, kawan dan jodoh. *eh :v Dan setelah itu, anime tersebut mengajarkan kepada kita bagaimana cara untuk bersabar dan bersaing dengan adil dan sehat antara kelas yang pintar dan sombong dengan kelas yang kurang pintar tetapi tidak sombong. (Naura Syauqina Firdausa)

Kayo Hinazuki, karakter perempuan utama dalam paruh pertama Boku Dake ga Inai Machi ©2016 Kei Sanbe/KADOKAWA/Bokumachi Animation Committee

4. Boku dake ga Inai Machi / ERASED (175 suara)

Anime dengan genre Psychological yang juga salah satu favorit saya. Selain itu, ketika menonton anime ini, ada rasa ketegangan yang seru dalam tiap tindakan Satoru. Endingnya yang cukup mengejutkan pun menambah nilai dari anime ini. (Dicky Surya)

© 2017 Akatsuki Natsume, Mishima Kurone / Kadokawa / Konosuba Production Commitee

5. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! (163 suara)

Ini adalah anime isekai yang pertama kali saya tonton, juga anime ini sangat lucu, yang disayangkan adalah kualitas grafik anime ini yang masih dibawah konobiju (Kono bijutsu-bu ni wa mondai ga aru). Seandainya grafik animasinya lebih baik, saya pasti akan menempatkan anime ini di posisi no 1 (Fathurochman Baihaqi)

6. Bungou Stray Dogs (146 suara)

7. Shokugeki no Souma S2 (146 suara)

8. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge (146 suara)

9. Gintama (132 suara)

10. Boku no Hero Academia (128 suara)

11. Haikyuu! Second Season (123 suara)

12. WWW.Working! (123 suara)

13. New Game! (121 suara)

14. Hibike! Euphonium S2 / Sound! Euphonium S2 (115 suara)

15. Musaigen no Phantom World / Myriad Colours Phantom World (114 suara)

16. Love Live! Sunshine (108 suara)

17. Mob Pyscho 100 (102 suara)

18. Orange (99 suara)

19. Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen (95 suara)

20. Gate 2nd season (95 suara)

21. Hal to Gensou no Grimgar (95 suara)

KAORI Newsline | Litbang KAORI