BAGIKAN
Bus baru edisi "Vintage Series" desain baru (kiri) dan desain lama (kanan) | Foto: Fagra Hanif

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) pada Selasa (14/02) kembali meluncurkan bus Transjakarta edisi “Vintage Series”. Bus Transjakarta “Vintage Series” terbaru ini diluncurkan dengan 2 desain warna bus yang berbeda. Selain meluncurkan 2 desain baru bus “Vintage Series”, Transjakarta juga menambah armada bus “Vintage Series” dengan desain yang sama seperti sebelumnya.

Bus Transjakarta “Vintage Series” kali ini bermerk Mercedes Benz dengan chassis Mercedes Benz OH 1626, dan perakitannya dibuat oleh karoseri Laksana dengan model Cityline 2. Bus ini menggunakan pegas udara (air suspension untuk suspensinya sehingga lebih halus dan nyaman. Hal ini berbeda dengan bus edisi “Vintage Series” sebelumnya yang masih menggunakan pegas daun.

Selain perbedaan pada warna eksterior bus, pada interior bus juga kali ini berbeda dengan bus “Vintage Series” sebelumnya. Bus baru ini menggunakan tempat duduk yang berbentuk seperti sofa, tidak terpisah seperti pada edisi sebelumnya. Warna tempat duduk berwarna cokelat dengan beberapa tempat duduk berwarna merah untuk tempat duduk prioritas. Seluruh tempat duduk menghadap ke depan kecuali di area khusus wanita atau perempuan. Pada area khusus perempuan, seluruh kursi menghadap samping. Selain itu juga disediakan tempat khusus untuk pengguna kursi roda.

Pada lantai bus juga berbeda dari bus edisi sebelumnya. Jika sebelumnya bus menggunakan lantai berbahan vinyl, kali ini bus menggunakan bahan kayu sebagai lantainya. Dengan berbedanya bahan lantai bus, perawatannya jelas akan sedikit berbeda.

Interior bus edisi “Vintage Series” terbaru | Foto: Fagra Hanif

Selain hal unik di atas, ada satu hal unik yang masih dipertahankan dari bus “Vintage Series” sebelumnya. Klakson ‘telolet’ yang sebelumnya sempat viral tetap dipasang pada bus edisi terbaru ini. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ikut membunyikan klakson ‘telolet’ ini saat mencoba bus tersebut di Balai Kota.

Interior bus edisi “Vintage Series” terbaru | Foto: Fagra Hanif

Rencananya bus ini akan disebar di beberapa koridor bus Transjakarta. Sebelumnya, Transjakarta juga telah meluncurkan bus Transjakarta “Vintage Series” sebanyak 2 buah bus dengan nomor lambung TJ-320 dan TJ-321 yang saat ini sering beroperasi di koridor 1 yang melayani Blok M – Kota P.P.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.