BAGIKAN

reon

Nippon Day adalah event bertemakan festival matsuri yang diselenggarakan oleh sebuah komite penyelenggara yang terdiri dari beberapa instansi, lembaga dan komunitas pertama kali berdiri pada bulan agustus tahun 2015 yang diprakarsai oleh konsuler Jepang di Makassar, bekerjasama dengan Japan Lovers Community Makassar, sebuah komunitas pencinta Jepang yg ada di Makassar, JICA, kelompok orang-orang Jepang yang bekerja secara sukarela untuk membantu orang2 Indonesia diberbagai bidang yang tersebar di berbagai daerah di Sulawesi Selatan, dan HIMASPA himpunan mahasiswa Sastra Jepang Unhas.

Panitia Penyelenggara Nippon Day Chapter 2
Bersama-sama mereka kemudian membentuk suatu komite penyelenggara event Nippon Day yang akhirnya rilis pada tanggal 20 – 21 Februari bertempat di Gedung MULO tahun 2016 lalu. Antusias pengunjung yang mencapai 4000 lebih, bahkan sampai diberitakan ke Jepang membuat event Nippon Day kemudian direkomendasikan untuk menjadi event tahunan dan akhirnya digelarlah event Nippon Day Chapter 2 yang akan diselenggarakan pada 4-5 Maret 2016 bertempat di Gedung MULO Makassar. Dengan menggandeng PERSADA perhimpunan alumni dari Jepang di Makassar dan universitas Hasanuddin sebagai tambahan anggota komite penyelenggara.

Traditional Culture x Pop Culture

Beragam kebudayaan Jepang dari Tradisional sampai Pop ada disini. Tidak seperti festival Jepang lain di Indonesia yang kebanyakan berfokus pada Pop Culture, Nippon Day hadir memperkenalkan Jepang yang sesungguhnya pada masyarakat Kota Daeng di mana ada keramahan, kerjasama juga perhatian dalam setiap hal yang dilakukan. Tak hanya kebudayan jepang. kebudayaan Sulawesi Selatan pun turut hadir dengan pertunjukkan tari tradisional khas makassar.

Booth-booth kebudayaan khas Jepang dan edukasi

Tak hanya pertunjukkan kebudayaan khas jepang. Nippon day menghadirkan juga berbagai macam booth-booth kebudayaan Khas jepang mulai dari makanan, minuman, pernak pernik khas jepang dan booth yang menarik lainnya.

Kreativitas tim @JICA dalam mengolah sampah bersama para pelajar di Stand JICA #nipponday Ayo datang dan jadi bagian dari kreativitas orang" jepang yang datang ke makassar untuk menyalurkan ilmu mereka di #nippondaychapter2 Tanggal 4 – 5 maret 2017 di Gedung Mulo Makassar NIPPON DAY CHAPTER 2 Jangan Sampai Ketinggalan !!! #nippondaychapter2 #nipponday #japan #jepang #indonesia #makassar #sulawesi #sulawesiselatan #sulsel #jakarta #jlocom #japanloverscommunitymakassar #konjenjepang #konjenjepangmakassar #konsularjendraljepang #konsularjendraljepangmakassar #eventmakassar #makassarevent #event #cosplay #teather #日本 #unhas #universitashasanuddin #himaspa #himpunanmahasiswasastrajepang #persada #persatuanalumnidarijepang #hiroakikato

A post shared by Nippon Day Chapter 2 (@nippondaychapter2) on

Talkshow pendidikan bersama tokoh-tokoh di balik kerjasama Sulawesi Selatan – Jepang

Tak hanya menghadirkan unsur kebudayaan namun Nippon Day turut menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif di balik kerjasama Sulawasi Selatan – jepang yakni Sigit Widodo, Presiden Direktur PT. Fukusuke Kogyo Indonesia dan Iqbal Djawad, Direktur Kemitraan Internasional Universitas Hasanuddin (ex-atase pendidikan di KBRI Tokyo).

Lomba-lomba yang mengasah kecerdasan dan kemahiran dalam berbahasa Jepang

Nippon day juga menghadikan lomba KAKI (Kaku Kiku) untuk kalangan siswa-siswi SMA maupun sederajat merupakan Lomba mendengarkan dan menulis dalam bahasa jepang. Sedangkan untuk kalangan umum ada juga lomba kanji N4-N5. Lomba huruf jepang dengan tingkat kesulitan level 4 (N4) dan level 5 (N5) sesuai dengan kemampuan dalam JLPT (Japanase Language Proficiency Test).

Kehadiran spesial musisi berasal Jepang, Hiroaki Kato

Tahun ini Nippon Day menghadirkan musisi asal jepang yakni Hiraoki Kato. Hiraoki Kato kelahiran Tokyo, 9 Maret 1983 ini adalah musisi Jepang yang suka menyanyikan lagu Indonesia, mengaku tertarik mempelajari bahasa Indonesia karena jatuh cinta terhadap karya sastrawan Indonesia Pramoedya Ananta Toer. Tak hanya itu Hiraoki Kato mahir berbahasa indonesia dan suka memakai baju batik.

Hiroaki Kato. Musisi dari jepang yang sangat mencintai indonesia

Berikut ini video Hiraoki Kato yang menyapa masyarakat Kota Makassar:

Info lebih lanjut bisa menhubungi pihak penyelenggara Nippon Day Chapter 2:

Chaki (Acara): 0821-9001-7038
Ichal (Tiket): 0821-4140-540
Aldin (Lomba): 0823-9388-4516

Atau via media sosial:

Facebook: Nippon Day Chapter 2
Instagram: @nippondaychapter2
Line: @qvc7653b

KAORI Newsline