BAGIKAN
#4 GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG bersama berbagai mobil kelas GT300 lainnya dalam gelaran seri ke-6 Suzuka 1000 km (sumber: supergt.net)

Sebuah kabar mengejutkan datang dari ajang balap Super GT. Seri Suzuka 1000 km yang selalu digelar pada musim panas akan digantikan oleh balap ketahanan Suzuka 10 Hours mulai tahun 2018. Balap ketahanan tersebut akan digelar oleh Mobilityland, bekerja sama dengan Stephane Ratel Organisation (SRO) dan GT Association (GTA). Meskipun hadir dengan skala yang lebih besar, seri balap yang digadang-gadang sebagai “penerus” Suzuka 1000 km tersebut akan lepas dari kalender Super GT musim 2018.

Suzuka 10 Hours dijadwalkan akan digelar pada tanggal 23-28 Agustus 2018. Bila seri Suzuka 1000 km digelar layaknya seri Super GT biasa (menghadirkan mobil dari kelas GT500 dan GT300), maka balap Suzuka 10 Hours akan digelar khusus untuk tim peserta kelas GT300. Balapan ini menyediakan total hadiah sebesar 100 juta yen (sekitar 12,8 milyar rupiah) untuk para pemenangnya.

Masaaki Bandoh, presiden GTA (kiri) bersalaman dengan Stephane Ratel (kanan), CEO SRO (© Ryuji Hirano/AUTOSPORT Web)

Dilansir dari motorsport.com, Stephane Ratel selaku CEO dari SRO menargetkan untuk dapat menggaet hingga 50 peserta untuk mengikuti ajang balap ini, dengan 25 peserta dari ajang balap Super GT kelas GT300 dan 25 tim GT3 internasional, terutama untuk tim yang mengikuti ajang balap Blancpain GT Series Asia.

Advertisement Inline

Masaaki Bandoh, presiden dari GTA mengatakan bahwa penyelenggaraan balap ketahanan ini merupakan salah satu langkah untuk menaikkan pamor ajang balap Super GT di kancah internasional. Pihaknya akan terus berusaha untuk menjadikan seri balap ini sebagai salah satu ajang untuk menyatukan berbagai peserta kelas GT300 yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Meskipun berencana untuk menggaet tim GT3 internasional, balapan Suzuka 10 Hours belum akan dimasukkan ke dalam kalender ajang balap ketahanan Intercontinental GT Challenge (IGTC) yang digelar oleh SRO pada musim 2018. Seri IGTC musim 2017 menghadirkan empat seri balap ketahanan yang digelar di 4 benua, yaitu Bathurst 12 Hours, Australia (3 Februari), Total 24 Hours of Spa, Belgia (27 Juli), Mazda Raceway California 8 Hours, Amerika Serikat (14 Oktober), dan Sepang 12 Hours, Malaysia (9 Desember).

Menepis keraguan tentang kelanjutan penyelenggaraan Super GT di sirkuit Suzuka, Susumu Yamashita selaku presiden dari Mobilityland mengatakan bahwa mereka akan tetap menggelar balapan di sirkuit ini dengan jadwal dan jarak lomba yang berbeda untuk kelas GT500. Keputusan mengenai format baru untuk seri tersebut baru akan diumumkan pada penyelenggaraan seri Suzuka 1000 km yang digelar pada bulan Agustus nanti.

#6 WAKO’S 4CR RC F mengejar dua Honda NSX yang berada di depan (sumber: supergt.net)

Suzuka 1000 km merupakan seri balap ketahanan yang sudah digelar sejak tahun 1966 di Jepang. Balapan tersebut awalnya digelar sebagai balapan tersendiri yang tidak berkaitan dengan seri balap apapun. Setelah menjadi bagian untuk berbagai ajang balap sejak 1983, balapan Suzuka 1000 km akhirnya dimasukkan ke dalam kalender Super GT sejak tahun 2006. Pada musim 2017, balapan Suzuka 1000 km akan memasuki gelaran ke-46.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.