Minggu (5/3), puluhan ribu penggemar kereta api (KA) dan masyarakat lokal berkumpul untuk melihat pengiriman KA yang sangat langka. Kereta yang dikirim kali ini merupakan satu kereta dari rangkaian KA Class 800 pesanan Inggris untuk armada KA cepatnya. Rangkaian KA ini dibuat oleh perusahaan manufaktur rolling stock KA Jepang yaitu Hitachi Ltd. di pabrik Kasado yang berada di kota Kudamatsu, Prefektur Yamaguchi.

Sekitar 30.000 orang memadati jalanan yang dilewati truk pengangkut kereta tersebut. Mereka yang hadir pada pengiriman Class 800 ini ingin mengucapkan salam perpisahan sebelum rangkaian KA ini diberangkatkan menuju Inggris.

Umumnya, pengiriman KA seperti ini dilakukan pada malam hingga waktu subuh sehingga tidak mengganggu lalu lintas dari pabrik hingga pelabuhan. Namun, kali ini pengiriman KA dilakukan berbeda dari biasanya. Hitachi mengirim rangkaian KA ini pada siang hari sehingga banyak masyarakat yang ingin melihat proses pengirimannya.

Satu hal unik yang perlu diketahui, para pencinta KA (railfans) di Jepang ternyata sudah mengumpulkan informasi tentang tanggal pengiriman rangkaian KA ini lebih dahulu sehingga mereka dapat menentukan tempat dan waktu yang tepat untuk mengabadikan momen langka ini.

Saat pengiriman, kereta berkabin dari seri Class 800 ini keluar dari pabrik pukul 14.00. Truk yang mengangkut kereta ini kemudian berjalan menuju pelabuhan melalui jalan yang telah di sterilkan. Butuh sekitar 40 menit dari pabrik untuk mencapai pelabuhan.

Pemerintah setempat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan momen ini untuk pariwisata dan mempromosikan kota tersebut sebagai kota industri dimana terdapat banyak pabrik manufaktur yang berbasis di sana. Oleh karena itu, pemerintah setempat memintah pihak kepolisian dan pabrik pembuat kereta tersebut untuk mengatur pengirimannya pada siang hari.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.