BAGIKAN
Armada BRT Maminasata
Armada BRT Maminasata

reon

Layanan Bus Rapid Transit (BRT) Makassar atau yang dikenal dengan BRT Maminasata kini akan menambah rute baru. Hal ini disampaikan oleh General Manager Perum DAMRI Makassar, Ilyas Harianto. Ilyas mengatakan, tahun ini pihaknya telah mengusulkan penambahan dua rute. Koridor V akan melayani hingga Untia dan rute non-koridor Makassar – Samata. “Rute ke Samata sudah kita uji coba. Ini permintaan khusus Rektor UIN Alauddin,” katanya.

Penambahan rute ini juga dilakukan setelah melakukan pengajuan tambahan armada BRT ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pengajuan tambahan armada BRT ke Kemenhub ini akhirnya mendapat lampu hijau. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mendapat tambahan armada BRT sebanyak 30 unit bus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Perhubungan Sulsel, Ilyas Iskandar mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengajukan permintaan ke Kemenhub untuk tambahan bus sebanyak 50 unit tetapi untuk saat ini hanya dijatah 30 unit dan sisanya mungkin akan segera menyusul.

Pihaknya juga berharap izin penurunan tarif bisa segera turun. “Ini untuk memaksimalkan muatan armada BRT. Tarif ini berlaku khusus untuk PNS, mahasiswa dan pelajar,” tandasnya.

Saat ini, BRT Maminasata sudah melayani tiga koridor. Koridor II melayani rute mal ke mal, koridor III rute Makassar – Pallangga, dan koridor IV rute Makassar – Maros. Sebanyak 10 armada BRT dioperasikan pada masing-masing koridor tersebut.

Cemplus Newsline by KAORI