BAGIKAN
Rangkaian kereta bawah tanah seri 03 milik Tokyo Metro (Lerk / Wikipedia Commons)
Rangkaian kereta bawah tanah seri 03 milik Tokyo Metro (Lerk / Wikipedia Commons)

Menjelang perhelatan olahraga akbar yang akan digelar di Tokyo pada tahun 2020 mendatang, seluruh operator  kereta api (KA) bawah tanah di Tokyo bergerak untuk memasang sistem kamera keamanan pada rangkaian keretanya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan publik menjelang Olimpiade Tokyo 2020 yang akan menjadi perhatian dunia.

Dilansir dari Japan Times, sebanyak 3,800 kereta bawah tanah akan dipasangi kamera keamanan untuk memantau keamanan di dalam rangkaian.

Tokyo Metro Co., Ltd. (Tokyo Metro) yang merupakan salah satu operator KA bawah tanah di Tokyo akan memasang kamera keamanan ini di atas pintu yang ada di tiap kereta mulai 2018 atau 2019. Rencananya, sistem kamera keamanan ini akan dipasang terlebih dahulu di jalur Marunouchi dan Hibiya. Sementara itu, Toei Subway akan memasang kamera keamanannya pada plafon kereta di tiap rangkaiannya dalam kurun waktu 10 tahun mulai dari bulan Agustus mendatang.

Interior KRL seri 13000 jalur Hibiya | Foto: Ōno Masato
Interior KRL seri 13000 jalur Hibiya | Foto: Ōno Masato
Advertisement Inline

Menurut keterangan dari biro transportasi kota Tokyo, Semua gambar dan video yang terekam oleh kamera keamanan tersebut akan disimpan pada sebuah media penyimpanan selama seminggu. Akses terhadap gambar serta video yang terekam hanya akan dimiliki oleh segelintir pegawai.

Penggunaan sistem kamera keamanan ini sudah dilakukan terlebih dahulu oleh layanan kereta cepat Jepang (Shinkansen) seperti Shinkansen Tokaido, Sanyo dan Hokuriku.

Selain Tokyo Metro serta Toei, Tokyu Corporation (Tokyu) akan menyusul untuk memasang sistem kamera keamanan. Pemasangan kamera keamanan pada rangkaian kereta milik Tokyu akan dimulai pada tahun 2020.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.