Tokyu Perkenalkan Kereta Terbarunya Melalui Animasi CG!

0
Ilustrasi KRL seri 2020 yang melintas di Jalur Denentoshi
Ilustrasi KRL seri 2020 yang melintas di Jalur Denentoshi

Baru-baru ini, salah satu operator kereta api (KA) di Tokyo, Tokyu Corporation (Tokyu) merilis video animasi Computer Graphic (CG) dengan durasi pendek pada kanal Youtube resminya dan disebar melalui akun Twitter resminya @tokyugroup. Pada video ini, tampak sebuah rangkaian kereta terbaru yang berjalan di jalur Denentoshi.

Melalui rilis resminya, Tokyu akan segera memperkenalkan seri kereta rel listrik (KRL) terbaru untuk jalur Denentoshi yaitu KRL seri 2020. Munculnya KRL baru ini dimaksudkan untuk menggantikan KRL seri 8500 yang semakin menua. Angka 2020 ini sendiri dipilih seraya memperingati Olimpiade yang akan dilangsungkan di Tokyo pada tahun 2020 mendatang.

Desain KRL terbaru milik Tokyu, KRL seri 2020
Desain KRL terbaru milik Tokyu, KRL seri 2020 . Garis hijau yang melintang dari muka hingga badan KRL mewakili warna jalur Denentoshi.

Ditinjau dari desain, KRL seri 2020 ini terlihat lebih modern dan mengikuti tren kekinian ala kereta-kereta di Tokyo (ex: KRL seri E233 milik JR East, KRL seri 40000 milik Seibu, dll) dengan menggunakan kaca depan yang lebar serta bentuk body yang melengkung cenderung membulat. Konsep warna yang digunakan pada KRL ini sendiri adalah “INCUBATION WHITE”.

Bila dilihat dengan seksama, desain KRL ini terlihat persis seperti rangkaian kereta milik PT MRT Jakarta hasil desain ulang namun dengan peletakan pintu yang berbeda.

Petugas Operasional MRT Jakarta
Rangkaian kereta milik MRT Jakarta setelah revisi desain.

Selain perubahan pada desain, Tokyu juga melakukan beberapa penyempurnaan pada suksesor KRL seri 8500 ini di beberapa faktor, antara lain:

  • Kenyamanan; Penggunaaan pembersih udara Nano E buatan Panasonic, penggunaan LED Display informatif yang terletak di atas pintu dan juga di atas rak barang, serta tempat duduk yang lebih nyaman.
  • Lingkungan; Penggunaan motor penggerak dengan tingkat kebisingan yang rendah, penggunaan VVVF dengan elemen semi-konduktor yang mampu menghemat energi hingga 50%, serta penggunaan Lampu LED yang hemat energi.
  • Keamanan; Penyempurnaan sistem pengereman, kamera keamanan yang terpasang di tiap kereta, serta penggunaan peranti pengelola informasi yang dapat memantau kondisi dari komponen kereta secara keseluruhan.
Ilustrasi interior dari KRL seri 2020
Ilustrasi KRL seri 2020 saat memasuki stasiun di jalur Denentoshi

Rangkaian KRL seri 2020 ini nantinya akan diperkenalkan secara bertahap kepada publik sebanyak 3 rangkaian dengan formasi 10 kereta pada musim semi 2018.

Berikut video animasi CG yang dirilis oleh Tokyu melalui kanal Youtube resminya:

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.