SHARE
(Ilustrasi) Volvo B11R Plaxton Elitei | Foto oleh: Alan Sansbury

reon

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bersama dengan berbagai operator bus di Transjakarta telah mengoperasikan banyak merk bus. Mulai dari merk bus buatan Tiongkok seperti Zhongtong dan Yutong hingga merk bus buatan Eropa seperti Scania dan Mercedes Benz saat ini telah meramaikan lintas Bus Rapid (BRT) di Jakarta. Kini, Volvo sebagai salah satu merk bus terkenal asal Eropa akan ikut meramaikan layanan bus BRT Transjakarta.

Informasi ini dipastikan melalui rilis resmi pihak Transjakarta. Melalui situs resminya, Transjakarta menyebutkan bahwa Volvo akan menyiapkan 128 unit bus ‘Maxi’ yang memiliki panjang 13,5 m. Bus tersebut akan dioperasikan oleh operator PT Steady Safe Tbk.

Transjakarta dan Steady Safe menandatangani kesepakatan kerja sama untuk pengoperasian unit bus ukuran ‘Maxi’. Kerja sama ini dijalin untuk kurun waktu 10 tahun dengan menggunakan bus Volvo B11R-370 6×2. Bus tersebut akan disuplai dan mendapat jaminan perawatan dari PT Indotruck Utama. Anak usaha Indomobil Group tersebut yang bertindak sebagai importir serta distributor untuk bus bermerk Volvo.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan jumlah bus bermerk Volvo yang akan dioperasikan adalah 128 unit. Poin ini merupakan kesepakatan antara Transjakarta dengan Steady Safe. “Diharapkan seluruh unit tersebut dapat terealisasi secara bertahap di kuartal terakhir 2017 ini,” ujarnya di Jakarta, Jumat (31/3).

Untuk sasis bus Volvo Bus B11R-370 HP 6×2 ini telah terdaftar dalam E-Catalogue dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Menurut daftar tersebut, harga dari sasis bus ini sebesar Rp1,8 Milyar per 13 Juni 2016 diluar harga karoseri. Bus Volvo ini bermesin diesel D11A 370 HP Euro 3. Transmisi bus menggunakan ZF 6AP2000B dengan 6 percepatan otomatis dan dilengkapi dengan Automatic Idle Shift (AIS) dimana bus akan menetralkan transmisi secara otomatis saat berhenti. Selain itu, terdapat juga sistem pembatas kecepatan dengan kontrol elektrik. Untuk suspensi, bus ini menggunakan suspensi udara (Air Suspension).

Untuk pembuatan badan bus, Laksana yang merupakan karoseri lokal sekaligus ‘langganan’ PT Transjakarta menjadi karoseri yang akan membuat bodi bus Volvo ini. Karoseri yang bermarkas di Ungaran, Jawa Tengah tersebut memang telah banyak mengerjakan bodi bus untuk PT Transjakarta.

Budi juga menambahkan masyarakat dapat menikmati kenyamanan dan keamanan naik angkutan Transjakarta dengan menggunakan bus kelas dunia dengan standar kualitas, keamanan dan keramahan lingkungan melalui kemitraan. Dengan demikian Jakarta juga akan mensejajarkan diri dengan kota-kota di dunia. “Transjakarta berkomitmen untuk selalu menggunakan armada pilihan demi memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan transjakarta,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Volvo Bus adalah salah satu produsen bus terkemuka di dunia yang telah menyediakan bus-bus untuk sistem Bus Rapid Transit (BRT) untuk kota-kota di dunia seperti Curitiba, Bogota, Gothenburg, Mexico City, Cape Town, and New York City.

Cemplus Newsline by KAORI | Sumber Foto