BAGIKAN
Bus Transjakarta (TJ - 363) merk Mercedes-Benz OC500RF 2542 | Foto: Fasubkhanali

Minggu (9/4), PT Transportasi Jakarta meluncurkan 100 unit bus “Maxi”. Peluncuran 100 bus ini dilakukan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD). Meski meresmikan 100 unit bus, namun hanya 1 bus dengan nomor lambung TJ-363 yang dipamerkan di silang Monas pada acara tersebut.  Seluruh bus baru ini akan segera ikut meramaikan lintas Bus Rapid Transit (BRT) di Jakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, ada 100 bus ‘Maxi’ yang diluncurkan. “Hari ini kami launching 100 unit dari target total 300 tahun ini,” ujar Budi. Peresmian 100 unit bus ini juga mengawali tagline baru Transjakarta yaitu #KINILEBIHBAIK.

Bus yang diluncurkan tersebut adalah Mercedes Benz OC500RF 2542. Bus Double Axle ini dibalut dengan bodi buatan salah satu karoseri ternama, Nusantara Gemilang. Ini kali pertama bus Mercedes Benz OC500RF 2542 dan karoseri Nusantara Gemilang membuat bus untuk BRT di Jakarta. Sebelumnya, sasis bus dan karoseri tersebut sudah digunakan untuk bus wisata gratis Ibukota.

Interior bus ‘Maxi’ merk Mercedes Benz | Foto: Fasubkhanali

Selain 100 bus ‘Maxi’ milik Transjakarta ini, Mayasari Bakti yang merupakan salah satu operator di BRT Transjakarta juga telah mengoperasikan bus serupa dengan merk berbeda. Jika Transjakarta menggunakan Mercedes Benz dengan bodi buatan Nusantara Gemilang, Mayasari Bakti menggunakan Scania K310iB 6×2*4 dengan bodi buatan Laksana.

Selain acara peluncuran 100 unit bus ‘Maxi’, Transjakarta juga mempersembahkan berbagai hiburan. Fun Walk, Flash Mob bersama staff Transjakarta dan Band Performance juga ikut meramaikan acara ini. Selain itu, Transjakarta Symphony yang menjadi agenda bulanan Transjakarta juga tak luput ikut diadakan.

 

Cemplus Newsline by KAORI