BAGIKAN
© PT Pionir Cipta Indonesia / PT Dragon Capital Centre

reon

CIAYO Comics, bekerjasama dengan Pionicon, merilis komik baru berjudul Si Juki & Mang Awung. Komik ini dibuat bersama dengan kreator Si Juki, Faza Meonk, untuk menghidupkan kembali karakter Macan Cisewu yang pernah viral beberapa waktu yang lalu.

© PT Pionir Cipta Indonesia / PT Dragon Capital Centre

Komik Si Juki & Mang Awung akan didominasi oleh dua karakter utama yaitu Si Juki dan Mang Awung. Si Juki adalah karakter fiksi anti-mainstream yang sering muncul di komik, game, dan animasi karya Faza Meonk. Sedangkan Mang Awung adalah mantan maskot penjaga di salah satu kesatuan ketentaraan. Menurut Faza, ia memutuskan nama Mang Awung karena, “Macannya kan di Cisewu daerah Jawa Barat, biasanya manggil abang dengan sebutan Mamang disingkat jadi Mang.”

© PT Pionir Cipta Indonesia / PT Dragon Capital Centre

Cerita komik Si Juki & Mang Awung akan berisi tentang interaksi antara Si Juki dan Mang Awung. Mang Awung akan membantu Si Juki menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Namun, solusi dari Mang Awung bukannya menyelesaikan masalah, nasihat-nasihatnya malah membuat masalah Si Juki menjadi makin kacau.

Alie Fachri, salah satu Comic Artist Si Juki & Mang Awung, menceritakan proses pembuatan komik ini. “Awalnya, naskah akan diberikan dari Faza Meonk ke kita. Lalu saya membuat storyboard yang akan didiskusikan bersama dengan Faza Meonk. Setelah storyboard disetujui oleh semua pihak, komik pun dibuat berdasarkan cerita yang ada.”

© PT Pionir Cipta Indonesia / Dragon Capital Centre

Aji Mahendra, juga salah satu Comic Artist Si Juki & Mang Awung menjelaskan salah satu halangan pada proses pembuatan komik ini. “Saya dan Fachri sepakat untuk mengerjakan dua episode sekaligus dengan style masing-masing. Namun, setelah selesai, ternyata style dari kita berdua berbeda, sehingga komiknya jadi tidak konsisten. Maka sekarang kita berdua bagi tugas. Saya mengerjakan ilustrasinya, dan Fachri mengerjakan warnanya.” Aji juga mengungkapkan bahwa Pionicon sangat kooperatif dengan tim CIAYO Comics dalam pembuatan komik Si Juki & Mang Awung ini.

© PT Pionir Cipta Indonesia / PT Dragon Capital Centre

Beberapa minggu berselang, proses pembuatan komik Si Juki & Mang Awung ini akhirnya selesai. Akhirnya mimpi Faza Meonk untuk membuat komik series Mang Awung terwujud. Borton Liew, CEO CIAYO Corp, optimis bahwa komik ini akan sukses diterima oleh pembaca Indonesia, “Kami sangat senang sekali dapat menggarap project komik strip Si Juki & Mang Awung ini bersama Faza Meonk dan Pionicon. Semoga si macan lucu Cisewu yang sudah ‘dikubur paksa’ kemarin bisa hidup kembali yah.”

© PT Pionir Cipta Indonesia / Dragon Capital Centre

Komik Si Juki & Mang Awung sudah bisa dibaca di https://www.ciayo.com/. Komik ini juga akan terbit 2 kali seminggu di website CIAYO Comics.

Ayo baca serunya komik Si Juki dan Mang Awung di https://www.ciayo.com/comic/si-juki-mang-awung.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.