BAGIKAN

Babak Grand Final dari ajang kompetisi cosplay terbesar di Indonesia, CLAS:H , telah digelar di perhelatan tahunan Ennichisai 2017 di Blok M, Jakarta pada Minggu, 14 Mei 2017. Menjadi acara puncak yang diadakan di panggung Pop Culture Stage, babak ini menghadirkan 8 tim yang sebelumnya menjadi pemenang dari babak penyisihan CLAS:H di berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan urutan daftar tampil, tim-tim yang tampil ke babak grand final adalah Ex-Capt (Jogjakarta), Oniken (Tangerang), Burn Bacon (Surabaya), WADAW (Bandung), Prince of Bata-X (Medan), K120 (Bekasi), Onion Child (Bandung), dan RFCT (Samarinda). Adapun para cosplayer tamu yang menjadi juri dalam babak ini adalah Tae Yeon, Kinoko, Matcha Sayo & Ringo Ame, Julia Laurant, Duo Papabunz, Rian Cyd & Frea Mai, Hime, Abah Moel, Yukitora Keiji, dan Lola Zieta.

Sejak pukul 7 malam, para tim yang tampil di babak Grand Final CLAS:H 2017 menyajikan penampilan cosplay dari berbagai judul anime, game, dan tokusatsu yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar jejepangan. Beberapa judul yang ditampilkan di atas panggung di antaranya Dark Souls (WADAW), Kamen Rider Kabuto (Ex-Capt), Macross Delta (Oniken), Granblue Fantasy (Prince of Bata-X), dan Sengoku Basara (K120). Beberapa tim juga turut menggunakan desain kostum yang cukup kompleks. Selain juri, para tim penampil juga berhasil menghibur para penonton yang tetap memenuhi panggung Pop Culture Stage selama 1 jam.

Advertisement Inline

Setelah babak grand final usai, penonton pun dihibur dengan penampilan cosplay oleh Lunar Cosplay Team dengan menampilkan kabaret dari game Touken Ranbu. Yang istimewa, kabaret ini turut menampilkan tiga bintang tamu yang juga turut meramaikan perhelatan Ennichisai, yaitu Aoyama Ikuhito, Hasuda Ai, dan Ito Keisuke. Penampilan mereka berhasil membuat para penonton tidak beranjak dari panggung ini dengan memadukan unsur komedi serta aksi panggung yang begitu ciamik.

Setelah penampilan kabaret dari Lunar Cosplay Team usai, pengumuman para pemenang babak grand final CLAS:H akhirnya tiba. Tak hanya pemenang utama, para juri juga memberikan penghargaan khusus kepada para peserta yang telah tampil. Ini dia para pemenang serta peraih penghargaan khusus babak Grand Final CLAS:H 2017. Juara pertama dari ajang ini berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi World Cosplay Summit yang akan digelar pada tanggal 29 Juli hingga 6 Agustus 2017 di Nagoya, Jepang.

Berikut adalah para pemenang babak Grand Final CLAS:H 2017.

Juara 1: WADAW (Bandung – Dark Souls)
Juara 2: Prince of Bata-X (Medan – Granblue Fantasy)
Juara 3: Ex-Capt (Jogjakarta – Kamen Rider Kabuto)

Best Performance: Prince of Bata-X (Medan – Granblue Fantasy)
Best Story: RFCT (Samarinda – Ultrama Ginga)
Best Costume: Ex-Capt (Jogjakarta – Kamen Rider Kabuto)

Wawancara dengan para pemenang babak Grand Final CLAS:H 2017 dapat dibaca di halaman selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.