BAGIKAN
Koridor 13 | Sumber: @PT_TransJakarta (Twitter)

Minggu (13/8), PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mulai mengoperasikan koridor 13 yang menghubungkan antara Ciledug dengan Tendean.  Koridor sepanjang 9,4 km ini merupakan koridor Transjakarta pertama yang dibangun dengan jalur layang. Pengoperasian ini dilakukan dalam rangka uji coba mengangkut penumpang dan pihak Transjakarta akan menggratiskan layanan koridor 13 selama 1 hari tersebut.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengungkapkan layanan gratis ini memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengakses koridor 13. Sekaligus sosialisasi kepada masyarakat bahwa jalan layang khusus Transjakarta telah rampung. “Layanan gratis ini dapat diakses oleh seluruh warga. “Layanan gratis koridor 13 pada 13 Agustus 2017 untuk menyiapkan operasional di Senin 14 Agustus 2017 yang bertepatan dengan hari kerja yang tentunya akan ramai oleh pelanggan Transjakarta,” katanya di Jakarta, Jumat (Sabtu/8).

Layanan gratis koridor 13 pada 13 Agustus 2017 akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Saat beroperasinya koridor 13, belum seluruh halte di koridor 13 akan melayani naik-turun penumpang. Hanya halte Ciledug Puri Beta, Adam Malik, Cipulir, Mayestik, Tirtayasa dan Tendean (Trans TV) yang akan melayani naik-turun penumpang di koridor 13. Hal ini dikarenakan beberapa hal teknis yang masih harus disiapkan di halte-halte yang belum beroperasi.

Peta koridor 13 dan rute antar koiridornya | Sumber: Forum Diskusi Transportasi Jakarta / Transport for Jakarta

Selain akan membuka layanan koridor, Transjakarta juga membuka beberapa rute yang menghubungkan koridor 13 dengan beberapa koridor lainnya. Rute-rute tersebut yaitu:

  • Rute Ciledug Puri Beta – Cawang UKI menghubungkan koridor 13 dengan koridor 7 (Kp. Melayu – Kp. Rambutan) dan koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit) dan beberapa rute lainnya di halte BNN dan halte Cawang UKI.
  • Rute Ciledug Puri Beta – Blok M menghubungkan koridor 13 dengan koridor 1 (Blok M – Kota), rute 7B (Blok M – Kp. Rambutan) dan rute 1C (Blok M – Pesanggrahan).
  • Rute Ciledug Puri Beta – Tosari menghubungkan koridor 13 dengan Koridor 1 (Blok M – Kota), Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit), Koridor 4 (Dukuh Atas 2 – Pulogadung), Koridor 6 (Dukuh Atas 2 – Ragunan) dan beberapa rute lainnya.
  • Rute Ciledug Puri Beta – Ragunan (hanya beroperasi di hari Minggu (13/8) saja) menghubungkan Koridor 13 dengan koridor 6 (Dukuh Atas 2 – Ragunan), Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit) dan beberapa rute lainnya.

Cemplus Newsline by KAORI