BAGIKAN
Defy - HAF Records

reon

Sebuah anime atau game asal Jepang sudah sewajarnya memiliki lagu tema resmi. Lagu tema resmi dari sebuah anime atau game salah satunya bertujuan sebagai media promosi timbal balik antara anime atau game tersebut dengan musisi yang menyanyikan lagunya. Oleh karena itu, lagu tema resmi tersebut diisi oleh musisi-musisi Jepang agar mereka bisa mempromosikan lagunya dari anime atau game tersebut. Namun, bagaimana jika pengisi lagu tema resmi tersebut diisi oleh penyanyi dari Indonesia?

Akhir-akhir ini tersiar kabar bahwa ada seorang penyanyi asal Indonesia yang terpilih untuk mengisi lagu tema resmi sebuah game Jepang yang akan segera dirilis. Seorang penyanyi anisong asal Banjarmasin bernama Defy mengejutkan komunitas pop kultur otaku di seluruh Indonesia dengan sebuah pengumuman di Facebook-nya pada 18 Agustus 2017 lalu. Ia mengumumkan bahwa dirinya terpilih mengisi lagu pembuka resmi sebuah seri game terbaru dari Neo Angelique asal Jepang berjudul “Neo Angelique -Tenshi no Namida-“. Post Facebook tersebut sudah dibagikan sebanyak lebih dari 50 kali dan disukai lebih dari 300 orang sampai hari ini.

© 2017 IDEA FACTORY · Neo Angelique: Tenshi no Namida Production Committee

Dalam game tersebut, lagu yang dinyanyikan Defy berjudul “Namida no Mukou e“. Lagu tersebut diproduksi oleh band Jepang bernama Loverin Tamburin. Komposisi dan lirik lagu tersebut juga ditulis oleh salah satu personilnya bernama Aya. Defy menunjukkan kehebatannya melafalkan bahasa Jepang lewat lagu ini. Simak sekilas cuplikan promosi dari seri game “Neo Angelique -Tenshi no Namida-” yang memperdengarkan lagu “Namida no Mukou e” yang dinyanyikan Defy berikut ini. Nama “Defy” juga terpampang dalam kredit di video promosi ini loh!

Kredit nama “Defy” dalam video promosi Neo Angelique: Tenshi no Namida

Ini merupakan pengalaman pertama bagi Defy menyanyikan lagu untuk sebuah game resmi. Tentunya ini merupakan hal yang sangat berharga bagi dirinya. Ingin tahu bagaimana Defy bisa sampai sejauh ini? Bagaimana pendapat Defy mengenai kesempatan yang ia dapat ini? KAORI Nusantara berkesempatan mengadakan wawancara bersama Defy. Simak wawancara dan obrolan kecil Defy bersama Bramantio, salah satu wartawan KAORI Nusantara berikut ini.

Bisa ceritakan bagaimana Anda bisa terpilih untuk mengisi opening game “Neo Angelique: Tenshi no Namida” ini?

“Jadi aku adalah salah satu penyanyi di HAF Records. HAF mendapatkan proyek tie-up untuk menangani opening dari “Neo Angelique: Tenshi no Namida” dari Otomate. Para penyanyi HAF diaudisi, dan setelah itu dipilih oleh aya (Loverin Tamburin) dan produser game-nya. Dan kali ini aku yang terpilih”

Apa sebelumnya pernah ikut audisi lagu tema seperti itu?

“Ya, di HAF sudah ada beberapa audisi dan aku selalu mencoba setiap kesempatan audisi itu.”

Berarti ini pertama kalinya Anda lolos ya. Selamat ya! Oh iya, tadi dikatakan Defy ini penyanyi dari HAF Records ya. Bagaimana perjalanannya Anda bisa menjadi penyanyi HAF Records?

“Ennichisai tahun lalu (2016), Loverin Tamburin menjadi bintang tamu. Kebetulan saat itu aku ikut World Karaoke Grandprix dan lolos ke babak final. Di situ aku dilirik CEO dari HAF Records yang kebetulan salah satu anggota Loverin Tamburin dan diajak untuk masuk ke HAF Records”

Apa ada kesulitan tertentu dalam nyanyi lagu bahasa Jepang? Apalagi mengingat ini dipakai sebagai lagu resmi.

“Jujur aja gak terlalu,  pelafalan bahasa Indonesia mirip dengan bahasa Jepang. Aku juga sebenarnya lumayan lancar ngomong bahasa Jepang. Tapi gak bisa baca tulis hehe”

Lalu kalau begitu apa ada kendala saat rekaman lagunya? Mungkin saat rekaman Anda mendapat pressure tersendiri mengingat ini dijadikan lagu resmi.

“Iya, ada pressure ketika rekaman lagu ini. Ada banyak arahan dari Aya untuk bagaimana menyanyikan lagunya supaya bisa menafsirkan image game-nya. It was a challenge for me. Biasanya aku rekaman di malam hari biar lebih fokus, karena tidak terganggu suara-suara lain jika siang hari.”

Kalau rekaman malam-malam seperti itu, apa tidak mengganggu yang lain?

“Iya tapi ditegur orang tua doang karena berisik. Tapi aku tetap ganbarimasu!”

Sebenarnya lagu “Namida no Mukou e” ini tentang apa sih? Apa ada sangkut pautnya dengan jalan cerita game-nya atau punya makna tersendiri?

“aya menciptakan lagu ini sesuai dengan jalan cerita gamenya.”

Tentang game-nya sendiri nih. Apa sebelumnya pernah mengenal atau bahkan mungkin memainkan game Neo Angelique lainnya?

“Aku ketika masih SMP sempat nonton animenya, Neo Angelique Abyss. Kalo game-nya belum pernah. Kurang yakin dengan kemampuan bahasa Jepang untuk main game dengan full huruf kanji hehe”

Untuk game “Neo Angelique: Tenshi no Namida” apakah ada rencana memainkan game-nya juga?

“Yes, akan main gamenya! Penasaran dengan kelanjutannya Neo Angelique seri ini.”

Bagaimana perasaan Anda bisa mengisi lagu tema resmi game dari Jepang seperti “Neo Angelique: Tenshi no Namida” ini?

“Sangat senang! Ini adalah salah satu achievement dalam hidupku untuk bisa menyanyikan lagu official. Bangga, karena akhirnya bisa menunjukkan hasil ke keluarga dan orangtua :”) Dan akhirnya bisa diakui oleh banyak orang. Sangat overwhelmed juga dengan sambutan hangat dari teman-teman, banyak senpai yang ngucapin selamat juga, akhirnya aku ter-notice :”)”

Ini pertanyaan yang terakhir. Apa harapan Anda untuk ke depannya dengan langkah ini? Apa rencana yang mau Anda gapai sebagai penyanyi anisong?

“Untuk sekarang, aku akan lakukan yang terbaik di HAF, aku akan lebih banyak challenging kesempatan yang ada, dan lebih banyak latihan lagi untuk mengasah kemampuanku. Untuk mimpi atau tujuan kecilnya sih, aku pengen coba bikin lagu sendiri, mungkin juga dengan tuntunan Loverin Tamburin. Lalu bisa ngisi lagu opening/ending anime xD AMIN!”

Begitulah wawancara dan obrolan singkat wartawan KAORI Nusantara Bramantio Wibisono dengan Defy, penyanyi anisong asal Indonesia yang terpilih mengisi lagu tema resmi game “Neo Angelique: Tenshi no Namida“. Kalian bisa mengikuti kegiatan terbaru dari Defy melalui akun resminya di Facebook dengan nama official.defy, Twitter-nya dengan username @defy_haf, dan Instagram dengan username @officialdefy.

Defy – HAF Records

Banyak sekali pengalaman yang disampaikan oleh Defy dengan KAORI Nusantara. Semoga wawancara ini bermanfaat bagi para pembaca setia KAORI Nusantara, khususnya bagi yang bercita-cita menjadi penyanyi anime secara resmi. Kami do’akan juga semoga Defy bisa terus mengembangkan sayapnya sebagai penyanyi anisong asli Indonesia.

KAORI Newsline