BAGIKAN

1512350_10203174861441106_1472480595_n

Pada Maret 2014 mendatang, Penerbit Mizan akan mendatangkan trio komikus serial “The Muslim Show” yang berasal dari Prancis. Mereka adalah Noredine Allam, Greg Blondin, dan Karim Allam, pencipta serial komik, yang sangat populer di Indonesia melalui jejaring sosial Facebook. Mereka akan hadir selama 10 hari, mulai dari tanggal 6-16 Maret 2014, dan tampil dalam acara peluncuran dua jilid komik yang akan diterbitkan oleh Mizan. Selain itu, akan diadakan pula beberapa lokakarya komik di tiga kota : Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung.

“The Muslim Show” adalah serial komik Prancis pertama yang menggambarkan kehidupan Muslim di Barat dengan cara humoris dan sederhana. Komik meraih popularitas di Facebook, dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Komik mereka inilah yang akan diterbitkan oleh Penerbit Mizan pada Maret 2014 dan diluncurkan di ajang Islamic Book Fair 2014, Jakarta.

Advertisement Inline

Ilustrator dari komik ini adalah Noredine Allam, yang memulai karirnya sebagai kartunis di usia 17 tahun. Allam mendirikan studio 2HB, yang pada awalnya mengkhususkan diri dalam pembuatan grafiti. Studio ini meraih keberhasilan dalam waktu singkat dan mendapat banyak permintaan, baik dari pemerintah kota ataupun kalangan bisnis. Lebih dari seratus grafiti dan mural telah dibuatnya di seluruh Prancis. Kini, Noredine Allam menjadi salah satu tokoh terkemuka budaya baru di Prancis, dan telah berpartisipasi dalam berbagai konferensi nasional.

muslim show comic

Salah satu contoh komik The Muslim Show”. Dikenal memiliki ciri sederhana tapi langsung mengena pada sasaran

Setelah menekuni grafiti, pada 1999 Noredine Allam memulai karier di bidang pewarnaan. Allam mengerjakan pewarnaan seri “Dust Infinity” dan menjadi desainer serial televisi “Leah Parker” di M6. Selain itu, Allam juga terlibat dalam pembuatan serial “Maisha Africa” dengan Greg Blondin. Pada tahun 2006, di bawah kepemimpinannya, studio 2HB dipilih untuk menggarap pewarnaan ulang 33 jilid komik Asterix.

Sepuluh tahun setelahnya, atau pada 2009, dia menciptakan serial komik “The Muslim Show” bersama Greg Blondin dan Karim Allam. Serial ini diterbitkan oleh BDouin dan bekerja sama dengan Dargaud, penerbit komik ternama di Prancis. Serial “The Muslim Show” mendapatkan kesuksesan besar secara internasional, yang dimulai dari jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook. Lebih dari 480 ribu orang di seluruh dunia mengikuti komik mereka, termasuk para penggemar dari Indonesia, yang tergolong antusias dalam memberikan sumbangsih bagi kesuksesan “The Muslim Show”. Hingga saat ini, Fan Page “The Muslim Show Indonesia“, sebuah laman Facebook yang didedikasikan untuk para penggemar The Muslim Show di Indonesia, telah diikuti oleh lebih dari 17.000 pengguna.

Ketiga komikus ini rencananya akan hadir dalam “Festival Komik The Muslim Show” yang merupakan acara pembuka dari Rangkaian Festival Anak Remaja Mizan 2014. Acara ini akan diawali dengan peluncuran 2 jilid komik tersebut di ajang Islamic Book Fair, Jakarta pada tanggal 09 Maret 2014, yang dilanjutkan dengan lokakarya di kota yang sama keesokan harinya. Pada tanggal 12 Maret, para komikus akan diajak mengelilingi kota Yogyakarta untuk memberikan lokakarya dan berakhir di kota Bandung untuk lokakarya tanggal 14 Maret 2014

Penerbit Mizan berharap kehadiran ketiga komikus “The Muslim Show” di Indonesia dapat ikut menggairahkan atmosfer kreativitas komikus lokal dan menumbuhkan semangat berkarya.

Tertarik untuk mengikuti lokakarya dan melihat secara langsung para komikus ini? Silakan mengisi data diri langsung di Situs Resmi Mizan.

KAORI Newsline | Courtesy of Tiara Rachmawati from Mizan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.