Ini Dia Asal Usul Meme Multi-Track Drifting

0
[○kyudentetsu] Densha de D01 (Initial D).

Kejadian anjloknya kereta listrik (KRL) di stasiun Manggarai hari ini berdampak signifikan bagi sebagian besar pengguna jasa KRL Commuter. Tetapi ternyata kejadian ini bukan yang pertama, dan sudah pernah terjadi pula sebelumnya.

Baca Juga: KRL Commuter Line Tujuan Angke Anjlok dan “Nge-drift” di Manggarai

Advertisement Inline

Tetapi sebelumnya, dari mana sih asal meme “Multi-Track Drifting” yang menjadi viral pagi ini? Menurut Knowyourmeme, usut punya usut, ternyata meme ini berasal dari sebuah doujinshi seri Initial D yang berjudul Densha de D.

Seri Initial D aslinya menceritakan mengenai Takumi sebagai seorang pebalap mobil. Kepopulerannya di Jepang menginspirasi banyak orang untuk menciptakan doujinshi-nya, termasuk salah satu railfans (penggemar kereta api). Komik Densha de D pun lahir dari tangan circle (lingkar) Marudentetsu.

Dalam Densha de D, Takumi sebagai masinis perusahaan KRL Hankyu akan berduel melawan rekan kerjanya, Keisuke. Battle epik ini sekaligus mempertemukan dua KRL dari perusahaan Hankyu. Takumi mengendarai KRL seri 2000 yang dirilis tahun 1960 (dan sudah pensiun tahun 2013), sementara Keisuke mengendarai KRL seri 8200, yang dirilis tahun 1995.

Adu cepat menuju Umeda (stasiun terminus perusahaan Hankyu) ini berlangsung sengit, sampai pada detik-detik akhir, Takumi mengambil inisiatif dan “menyetir” KRL-nya, memindahkan jalurnya. And the rest is history.

Race to Umeda: sebelum balapan Hankyu dimulai.

Komik Densha de D masih terus dirilis, dan edisi ke-45 komik ini telah dijual di Comiket 92, Agustus 2017 lalu. Namun ternyata, Marudentetsu tidak hanya membuat komik Initial D. Dalam Comiket. Ia pernah pula membuat komik bertema JoJo’s Bizzare Adventure. Komik ini diberi judul JoJo no Kimyo na Tetsudoin (JoJo’s Bizzare Railway Staff).

JoJo’s Bizzare Railway Staff

Budaya kereta api yang begitu kaya di Jepang menyebabkan komik-komik seperti ini bisa ditemukan di setiap acara pasar komik. Kira-kira, di Indonesia ada tidak, ya?

KAORI Newsline | oleh Kevin W

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.