Minggu pagi (15/10), jalur kereta api (KA) bagian utara pulau Jawa terganggu oleh sebuah truk yang mengangkut Crane tersangkut di sebuah perlintasan rel KA. Kejadian ini terjadi di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) 3 Cirebon.

Kejadian ini akibat dari sebuah truk trailer pengangkut rafter crane merek Kobelco milik PT Pratama Jaya Jasa yang  “nyangkut” di perlintasan KA petak Stasiun Pasirbungur – Stasiun Pringkasap. Peristiwa ini mengakibatkan jalur hulu dan hilir di jalur KA ganda utara tertutupi seluruhnya, dan menyebabkan puluhan perjalanan KA berbagai kelas yang melewati jalur tersebut tertahan sementara dan mengalami keterlambatan. Crane tersebut awalnya direncanakan akan digunakan untuk menyusun sejumlah kereta eksekutif tua yang akan diafkirkan di pekarangan stasiun Cikaum.

Advertisement Inline

Kejadian yang terjadi pada pukul 01.34 WIB masih dalam pengawan oleh petugas terkait, dikarenakan kondisi crane tipe RK 450-2 yang menghalangi ban trailer untuk bergerak bebas, dan posisi trailer yang tersangkut di rel.

posisi truk yang “mengunci ” kedua jalur KA Pantura
Rafter Crane yang “nyangkut” dengan ban belakang trailer (Agung Wicaksono / Facebook)

Hingga berita ini terbit, proses evakuasi trailer tercatat sudah ditangani dan beberapa perjalanan KA sudah bisa melewati TKP secara bergiliran.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.