Fitur

Ramadhan bersama Indosiar : Sailor Moon & Saint Seiya Lost Canvas

 

935828_10201458415164752_178154634_n

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Stasiun TV Indosiar menyiarkan dua program Anime untuk menemani pemirsa selepas Adhan Subuh. Kedua Anime tersebut adalah Sailor Moon yang akan ditayangkan setiap hari pukul 05.00 WIB dan Saint Seiya : The Lost Canvas yang akan ditayangkan setiap hari Minggu sampai Kamis pukul 05.30 WIB dan jika tidak ada halangan, keduanya akan ditayangkan selama Bulan Ramadhan di mana penayangan perdana sudah dimulai pada hari Selasa lalu tanggal 9 Juli 2013.

Anime Sailor Moon sendiri, yang merupakan adaptasi dari komik karya Naoko Takeuchi, sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia di mana jauh sebelumnya sudah pernah ditayangkan pada tahun 1995 juga oleh Indosiar dan cukup populer di masa itu. Adapun komiknya sendiri juga telah diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo.

Seiyuu Sailor Moon Baru

Beberapa Seiyuu yang terlibat dalam penyulihan suara Sailor Moon dari kiri ke kanan : Dewi Moe, Jane Leisila Zahara, Wan Leony Mutiarza, Fitriyani Savitri, Aries July, Nining Yuningsih, Deden, Harry Suseno, dan Rudy Sukistiyono

Meski sudah pernah ditayangkan sebelumnya dan juga sudah pernah mengalami proses dubbing, namun kali ini Indosiar berkeputusan untuk kembali melakukan pendubbingan ulang dengan susunan Seiyuu yang berbeda dengan yang sebelumnya. Kembali menggandeng PT Erfa Selaras (Studio Erfas), kali ini susunan Seiyuu diisi oleh Dewi Moe, Jane Leisila Zahara, Wan Leony Mutiarza, Fitriyani Savitri, Aries July, Nining Yuningsih, Deden, Harry Suseno, Rudy Sukistiyono, dan Trie Budi Prakoso.

Seiyuu Usagi

Seiyuu Usagi dulu dan sekarang : Diah Sekartadji (kiri) dan Dewi Moe (kanan)

Di masa lalu, Anime Sailor Moon sendiri memang pernah mengalami beberapa kali pergantian personel Seiyuu. Salah satunya adalah peran Usagi/Sailor Moon. Pada awal debutnya, Usagi didubbing oleh Sherly Malinda. Belakangan Sherly Malinda hengkang dari dunia Dubbing untuk meneruskan sekolah dan peran Usagi akhirnya diberikan oleh Diah Sekartadji yang sebelumnya berperan sebagai Ami/Sailor Mercury. Belakangan nama Diah Sekartadji menjadi nama yang paling identik dengan peran Usagi dan menjadi Seiyuu yang paling lama berperan sebagai Usagi adapun peran Ami sendiri seteah itu diberikan kepada Wiwiek Supadmi. Setelahnya ketika terjadi pergantian personel Seiyuu besar-besaran yang terjadi akibat larangan dubbing berbahasa Indonesia pada tahun 1997, peran Usagi beberapa kali berganti oleh Diah Ariani, Noor Elysa Fauzi, hingga akhirnya peran tersebut jatuh ke tangan Desy Rere pada tahun 2000. Kini di tahun 2013 Dewi Moe menjadi nama yang terpilih untuk menyuarakan Usagi pada serial Sailor Moon yang tayang kembali di tahun 2013 ini. Nama Dewi Moe adalah nama yang sudah tidak asing lagi di kalangan pemirsa di mana Seiyuu yang memulai karirnya di bawah bimbingan mendiang Raja Anime Indonesia Daryono ini cukup mencuri perhatian dengan perannya sebagai Kagome dalam serial Anime Inu Yasha.

Di Jepang sendiri, Anime Sailor Moon sempat direncanakan untuk dibuat ulang untuk ditayangkan di tahun 2013 ini. Diharapkan ke depannya penayangan Sailor Moon yang saat ini tengah berjalan selama Ramahdan bisa terus berlanjut pasca Ramadhan dan Indosiar juga akan menayangkan Anime Sailor Moon versi baru ini setelahnya.

Adapun Anime Saint Seiya : The Lost Canvas sendiri adaah Anime yang diangkat dari Komik karya Shiori Teshirogi dan didasarkan sebagai prequel dari serial Saint Seiya karangan Masami Kurumada. Bersetingkan 250 tahun sebelum setting Saint Seiya, Saint Seiya : The Lost Canvas menceritakan masa Perang Suci melawan Hades di Abad 18.

Seiyuu Lost Canvas

Beberapa Seiyuu yang terlibat dalam penyulihan suara Saint Seiya the Lost Canvas dari kiri ke kanan : Bonar, Rudy Sukistiyono, Deden, Rio Fitra, Jane Leisila Zahara, Wan Leony Mutiarza, dan Kuswayanti Woro Dewi

Kembali menggandeng PT Erfa Selaras (Studio Erfas), Anime ini akan didubbing oleh Bonar, Rudy Sukistiyono, Deden, Rio Fitra, Trie Budi Prakoso, Jane Leisila Zahara, Wan Leony Mutiarza dan Kuswayanti Woro Dewi. Adapun nama Bonar sendiri dahulu pernah ikut andil dalam dubbing Anime Saint Seiya yang pernah tayang di RCTI pada dekade tahun 1990an lalu dan berperan sebagai Seiya dan sempat menjadi Shiryu pada Movie Saint Seiya yang juga pernah tayang pada dekade awal 2000an. Kali ini dirinya akan memerankan Tenma.

Selamat menyaksikan.

KAORI Newsline | teks oleh Dody Kusumanto

22 comments to Ramadhan bersama Indosiar : Sailor Moon & Saint Seiya Lost Canvas

Berikan pendapat Anda!