Diserang Hater, Komikus Domestic na Kanojo Angkat Bicara

6
domestic na kanojo domekano

Setelah berjalan selama lebih dari 5 tahun, serialisasi komik Domestic na Kanojo (Domekano) akan segera berakhir. Chapter terakhir komiknya akan terbit pada edisi 28/2020 majalah komik Weekly Shonen Magazine pada Rabu (10/6) mendatang. Melalui media sosial twitter, banyak fans seri tersebut yang berterima kasih dan mengapresiasi hasil karya komikus Kei Sasuga tersebut. Walaupun begitu, masih terdapat banyak fans dari seri tersebut yang tidak terima dengan arah cerita dan akhir dari seri tersebut. Hal ini kemudian membuat sang komikus angkat bicara memberi komentarnya tentang kondisi tersebut.

domestic na kanojo
Kover edisi Weekly Shonen Magazine yang berisi chapter terakhir Domestic na Kanojo

Melalui akun Twitternya, Kei Sasuga mengungkapkan bahwa dia menerima banyak komentar dan kritik negatif dari fans luar negeri. Dirinya menyatakan bahwa dia merasa jengah dan muak akan komentar-komentar yang dia terima. Komentar-komentar tersebut bahkan menyerangnya saat dirinya memposting sesuatu yang tidak berkaitan dengan karyanya. Tambahnya, usaha untuk memblok akun-akun tersebut berakhir sia-sia karena mereka akan kembali dengan akun lain.

domestic na kanojo domekano

“Twitter menjadi tidak mengenakkan karena banyak komentar jelek dan kritik dari fans luar negeri”

Advertisement Inline

“Terima kasih atas respon dan masukannya. Aku menjadi lebih baik. Mengenai kritik-kritik tersebut, banyak yang mengatakan bahwa pendapat atau cerita dari karakter tidak diperhatikan. Aku mungkin akan membahasnya di edisi tersendiri (namun orang-orang tersebut tidak akan membelinya)…”

“Atas masukan banyak orang, akun akan lebih menahan diri, kecuali untuk pengumuman resmi. Aku akan tetap meng-update akun pixiv-ku. Terima kasih atas semua dukungannya”

Komentar peda dan kritik yang diterima Kei Sasuga berkisar mengenai kekecewaan fans tentang arah akhir cerita seri Domestic na Kanojo. Mereka kecewa dengan ending yang ditulis oleh Kei Sasuga, terutama mengenai karakter Hina dan Rui. Mengenai chapter terakhirnya sendiri, Kei Sasuga sendiri mengatakan bahwa dia mungkin akan menjelaskan mengenai pemikirian tiap karakter secara mendetail di masa depan dalam sebuah edisi spesial, namun ia mengatakan bahwa para pengkritiknya mungkin “tidak akan membelinya”. Kei Sasuga kemudian mengatakan bahwa dia mungkin akan membatasi penggunaan twitternya dengan hanya mengeluarkan pengumuman resmi dan juga menggunakan akun Pixiv miliknya.

Dan seperti yang bisa diduga, tweet tentang komentar sang komikus tersebut juga ramai “dikomentari” oleh para “pembaca” dari luar negeri.

stop it, get some help

Ini bukan kasus pertama seorang kreator Jepang kecewa atau bahkan diserang oleh fans luar Jepang. Kohei Horikoshi diserang oleh fans Korea dan Tiongkok karena penggunaan kata yang sensitif terkait sejarah Jepang pada masa Perang Dunia II pada nama karakter baru yang muncul di komik My Hero Academia. Seorang sutradara dan developer game terkenal dari studio Platinum Games, Hideki Kamiya, bahkan terkenal karena akan memblok semua orang yang berinteraksi dengan akun Twitter-nya dengan menggunakan bahasa Inggris.

domestic na kanojo

Manga Domestic na Kanojo pertama kali terbit pada April 2014 di majalah komik Weekly Shounen Magazine. Adaptasi animenya sendiri tayang pada Januari hingga April 2019. Seri ini bercerita mengenai Natsuo, seorang pelajar SMA yang menyukai guru sekolahnya sendiri, Hina. Dirinya kemudian bertemu dengan gadis bernama Rui yang mengajaknya ‘berhubungan’. Natsuo kemudian mengetahui bahwa sang ayah akan menikah lagi, dan Natsuo akan tinggal bersamanya dengan keluarga baru. Tak disangka, wanita yang dinikahi sang ayah adalah ibu dari Hina dan Rui. Bagaimana kelanjutan kisah asmara segitiga antara ketiganya yang kini terjadi di bawah atap yang sama?

KAORI Nusantara

6 KOMENTAR

  1. Ya endingnya benar-benar mengecewakan,di saat perjuangan selama 1 ½/2 tahun lamanya,sirna sama kakak yg gak bisa move on dan egois.

  2. Perjuangan 1 ½/2 tahun Sirna sama kakak yang gak bisa move on,dan egois

  3. gw ga kasian sama lu orang gara2 ini endingnya jelek. udah tau dari dari tengah ceritanya maksa dan gajelas arahnya lu orang masih ngikutin, ya salah lu sendiri kalo dapet ending kaya gini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.