BAGIKAN
Pekerja sedang melakukan pemasangan rel di Stasiun Bundaran HI | Foto: Riski Pajri Yansyah

PT Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) terus bekerja semaksimal mungkin agar proyek yang mereka kerjakan saat ini dapat selesai tepat pada waktunya. MRT Jakarta saat ini sedang mengerjakan pembangunan jalur MRT koridor 1 Selatan – Utara fasa 1 dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Pembangunan jalur sepanjang 16 km ini memiliki 13 stasiun yang terdiri dari 7 stasiun layang (elevated) dan 6 stasiun bawah tanah (underground).

Jika dilihat secara umum, progres pembangunan jalur MRT fasa 1 ini telah mencapai 86,17 persen per 26 November 2017. Dari persentase itu, progres konstruksi di jalur layang dari Lebak Bulus hingga Senayan telah mencapai 78,37 persen sedangkan untuk jalur bawah tanah dari Senayan hingga Bundaran HI telah mencapai 93,95 persen. MRT Jakarta telah memasang target progres konstruksi akan mencapai 90 hingga 91 persen di akhir tahun 2017.

Pada Kamis (7/12), KAORI berkesempatan untuk melihat secara langsung progres konstruksi di salah satu stasiun bawah tanah yang sedang dikerjakan oleh MRT Jakarta. Stasiun tersebut yaitu Stasiun Bundaran HI yang merupakan stasiun paling Utara di jalur Selatan-Utara fasa 1.

Baca Juga: Inilah Progres Terbaru Konstruksi, Armada dan Rekrutmen MRT Jakarta

Saat KAORI sedang mengunjungi Stasiun Bundaran HI, para pekerja sedang sibuk mengerjakan berbagai pekerjaan konstruksi. Secara umum, pekerjaan yang sedang dilakukan adalah pemasangan ubin, instalasi listrik dan pemasangan rel.

Pada lantai 1 Stasiun Bundaran HI sedang dilakukan pekerjaan pemasangan ubin, saluran udara dan instalasi listrik. Area ini nantinya akan menjadi area komersil dan area ticketing. Terlihat beberapa area di lantai 1 telah dipasang ubin dan guiding block untuk membantu penumpang tuna netra. MRT Jakarta menggunakan warna guiding block yang samar dengan warna ubin yang dipasang yaitu abu-abu. Selain itu, terlihat di salah satu titik terdapat dinding yang bertuliskan “PI Entrance“. Nantinya pada dinding itu akan dibuatkan akses langsung yang mengintegrasikan Stasiun Bundaran HI dengan Plaza Indonesia.

Baca Juga: Perjalanan Menuju Masa Depan: Mengunjungi Proyek MRT Jakarta

Pada lantai 2 Stasiun Bundaran HI, pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berbeda. Lantai ini merupakan area peron untuk naik-turun penumpang. Konstruksi bentuk peron telah terlihat dan saat ini sedang dilakukan pemasangan ubin. Selain itu, pemasangan rel dan wesel juga sedang dikerjakan. Pada sisi Selatan stasiun akan ada wesel yang dapat digunakan untuk memindahkan jalur kereta.

Berikut galeri foto pekerjaan pembangunan Stasiun MRT Bundaran HI:

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.