BAGIKAN

Terhitung sejak 10 Desember 2017, Machiko Manga School, tempat kursus komik yang diasuh oleh komikus asal Jepang, Machiko Maeyama telah resmi berhenti beroperasi. Kabar akan penghentian operasi ini sendiri sudah diumumkan sejak 12 September 2017 lalu, di mana diumumkan bahwa Machiko Manga School akan berhenti beroperasi bersamaan dengan berakhirnya term September-Desember 2017, pada Desember 2017.

Advertisement Inline

Didirikan di Jakarta sejak tahun 2002 lalu, Machiko Manga School, dikenal juga sebagai MMS, adalah salah satu tempat kursus komik tertua di Indonesia. Dengan mengusung slogan sebagai “Manga School pertama di Indonesia”, MMS telah menjadi salah satu bagian penting dalam perjalanan industri perkomikan di Indonesia, di mana sejumlah alumnusnya diklaim telah berhasil debut di salah satu perusahaan penerbit besar di Jepang maupun di Amerika, serta tidak terhitung jumlahnya yang juga sudah berangkat mengemban ilmu lebih dalam ke Jepang.

Meskipun begitu, bagi murid Professional Class term September-April 2017, dan beberapa murid Online Class, kelas masih berlanjut dan akan dipegang langsung oleh Leona-sensei, kepala sekolah MMS.

Rencananya pihak MMS akan mengadakan Garage Sale sekitar pertengahan Januari 2018 mendatang.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.