BAGIKAN
Seremonial KRL seri E353, The New Super Azusa | Sumber: trafficnews.jp
Seremonial KRL seri E353, The New Super Azusa | Sumber: trafficnews.jp

Setelah sekian lama menjalani serangkaian uji statis dan dinamis, akhirnya pada Sabtu (23/12) dimulailah perjalanan perdana pengoperasian rangkaian kereta rel listrik (KRL) terbaru seri E353 untuk layanan ekspres terbatas yang cukup terkenal milik East Japan Railway Company (JR East), Super Azusa. Layanan Super Azusa ini telah dioperasikan sejak tahun 1994 yang mana merupakan pengembangan dari layanan kereta ekspres terbatas Azusa.

Dua rangkaian dari KRL seri E353 tersebut memulai debutnya dengan berdinas sebagai “Super Azusa no.4”  dengan relasi Matsumoto – Shinjuku yang diberangkatkan pada 06.51 waktu setempat, dan juga “Super Azusa No.1” dengan relasi Shinjuku – Matsumoto yang diberangkatkan dari Shinjuku pada pukul 07.00.

Tanggal debut dari KRL seri E353 ini bersamaan dengan ‘kakak’nya, yakni KRL seri E351 yang melaksanakan perjalanan perdananya pada 23 Desember 1993.

KRL seri E353 (kiri), KRL seri E351 (kanan) | sumber: trafficnews.jp
Advertisement Inline

Banyak fitur-fitur baru yang tersedia di dalam KRL seri E353 ini seperti stop kontak untuk kebutuhan listrik bagi penumpang untuk mengisi daya ponselnya yang disediakan di setiap kursi, meja yang luas sehingga dapat digunakan untuk meletakkan Laptop/Notebook di atasnya, penjernih udara pada sistem pendinginnya serta pemasangan CCTV di setiap kereta.

Ditilik dari sisi teknis, ada beberapa pengembangan yang terdapat di KRL ini dibanding seri E351 seperti perangkat kontrol anti guncangan yang terdapat di setiap kereta serta sistem Tilting yang lebih baik. Pada KRL terdahulu, sistem yang digunakan adalah tipe pendulum alami namun pada KRL ini sistem yang digunakan adalah tipe pegas udara dengan sedikit getaran. Walau memiliki kecepatan maksimum yang sama dengan E351, namun KRL seri E353 menang dalam sisi kenyamanan.

“Saya berharap Kota Matsumoto menjadi pintu gerbang yang lebih besar dan lebih luas dengan kehadiran KRL baru yang sangat nyaman” ujar Akira Sugaya, Walikota Matsumoto.

Pada hari pengoperasian awalnya, KRL ini beroperasi sebagai layanan Super Azusa sebanyak 8 perjalanan (4 x PP), Super Azusa KA 1, 4, 11, 18, 22, 23, 29, dan 36.

Menurut laporan Trafficnews.jp, pada KA 1, 4, dan 11 layanan Super Azusa ini sangat ramai oleh penumpang bahkan green car pun juga penuh. Hal ini membuktikan betapa antusiasnya warga Jepang dengan rangkaian KRL baru ini.

Pada revisi grafik perjalanan kereta (Gapeka) Jepang yang akan dilaksanakan Maret 2018 mendatang, seluruh layanan Super Azusa akan menggunakan rangkaian KRL seri E353.

Cemplus Newsline by KAORI | Muhammad Diva Faundra

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.