BAGIKAN

Jika Anda rutin mengakses Youtube atau Instagram, mungkin sesekali pernah menemukan video musik yang menggunakan potongan adegan anime sebagai kontennya. Adegan dari berbagai anime digabung, disusun sedemikian rupa dengan tambahan efek-efek spesial yang membuatnya tampak menarik untuk dilihat. Video tersebut juga semakin menarik untuk dilihat dengan balutan musik ataupun lagu-lagu yang disesuaikan dengan tema video.

Video seperti itu dikenal dengan istilah Anime Music Video (AMV) atau video musik anime, dan rupanya di Indonesia ada komunitas yang fokus kepada pembuatan AMV. Komunitas berbasis Facebook tersebut bernama AMV Indonesia. KAORI berkesempatan untuk mewawancarai komunitas ini secara online. Simak hasil wawancaranya berikut ini:

Bisa perkenalkan kepada kami siapa AMV Indonesia?

Advertisement Inline

AMV Indonesia adalah komunitas yg diciptakan untuk memfasilitasi para pembuat video (editor) untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam membuat video musik dengan menggunakan kumpulan potongan anime. Komunitas ini adalah tempat untuk berbagi ilmu dan saling mengasah kemampuan dengan adanya kebebasan yg diberikan untuk membagikan hasil karya, tutorial, komentar dan kritik yg membangun.

Kalian membuat AMV, bisa dijelaskan AMV itu apa? Apakah AMV selalu identik dengan anime?

AMV adalah singkatan dari Anime Music Video atau video musik anime, yang juga berarti video musik dengan potongan anime sebagai fokus video. Seperti namanya, AMV berarti (menggunakan) anime. Namun adapun pada dunia AMV (ada) yang dikenal juga sebagai MMV (Manga Music Video) yang mirip seperti AMV, tetapi cenderung menggunakan manga.

Sebagai komunitas online, bagaimana kalian mengatur jalannya komunitas? Seperti, perekrutan anggota, pertemuan rutin, dan acara-acara lainnya?

Komunitas kami cukup bebas dan terbuka. Siapapun bisa bergabung selama mematuhi persyaratan yang ada. Pertemuan dan keikutsertaan pada acara biasa diadakan apabila ada beberapa anggota yang tergerak untuk memfasilitasi dan mengumpulkan anggota lain untuk berpartisipasi.

AMV yang kalian buat ini bisa saja mendapat teguran dari pihak resmi, misalnya saja Youtube. Bagaimana pandangan kalian soal hal ini?

AMV memang identik dengan hak cipta. Pasalnya, AMV terdiri dari anime dan lagu yang punya hak cipta tersendiri. Namun, dengan mematuhi hukum hak cipta, yaitu menggunggah AMV tanpa maksud untuk mendapatkan keuntungan (monetisasi), kami masih bisa mengunggah video di Youtube dan secara tidak langsung, sebenarnya creator AMV itu ikut mempromosikan karya-karya yang bersangkutan. 

Apakah ada komunitas AMV lain selain AMV Indonesia? Jika ada, bagaimana antar komunitas saling berinteraksi?

Ada. Komunitas AMV terbesar umumnya disebut “Editing Community” yg berbasis pada Youtube (sedangkan AMV indonesia bisa dibilang lebih berbasis pada Facebook). Dalam komunitas tersebut, terdapat komunitas yang lebih kecil dan dikenal sebagai studio atau grup. Komunitas ini saling terhubung dengan interaksi individual para editor serta kolaborasi antar grup. 

Apakah kalian sering mengadakan pelatihan membuat AMV bagi anggota/umum?

Kami tidak pernah mengadakan pelatihan khusus, tapi kami menyediakan tutorial untuk pemula dan pengguna berpengalaman. Selain itu, kami juga mengadakan event kompetitif untuk memberikan dorongan pada anggota untuk menciptakan suatu masterpiece. Di dalam grup pun, mereka saling menunjukkan skill editing satu sama lain dan secara tidak langsung, dari situlah anggota lain pun tergerak untuk menciptakan suatu editing yang lebih baik dan lebih baik untuk berlomba-lomba menunjukkan skill editing mereka.

AMV seperti apa yang biasanya populer/digemari oleh penonton?

Hal ini sulit untuk dijawab karena seperti halnya film, penonton punya selera masing-masing. Pada dasarnya AMV mempunyai banyak macam-macam tema dan style, contoh-contoh tema dan stylenya mungkin antara lain seperti sad, happy, action, romance, funny, abstract dan masih banyak lagi. dan hal itu kami kembalikan kepada mereka sesuai selera dan ketertarikan mereka.

Kami pernah melihat AMV Indonesia mengikuti event jejepangan seperti Comifuro atau Mangafest. Apa alasan kalian tampil di acara-acara seperti itu?

Untuk memperkenalkan AMV Indonesia ke lebih banyak orang. Bahwasanya, membuat AMV ini adalah suatu hobi yang patut mereka coba. selain itu, hal ini merupakan kesempatan bagi para anggota untuk bersilahturami atau bertemu satu sama lain (gathering).

Bagaimana respon masyarakat (khususnya warganet) ketika melihat hasil karya kalian?

Kami harap para penonton tergetar hatinya dan terinspirasi untuk membuat AMV setelah menonton hasil karya kami.

Apa kesulitan yang sering ditemukan dalam membuat AMV? Apakah ada aplikasi tertentu yang sering digunakan?

Pembuatan AMV membutuhkan waktu dan kesabaran, terlepas dari tingkat kelihaian editor untuk menggunakan program editing. Belum lagi, masalah “program not responding” yang selalu menyergap editor di waktu yang tak terduga. Lalu adapun seperti buntu ide (stuck) untuk membuat konsep AMV yang lebih menarik. Aplikasi editing terpopuler pada komunitas kami adalah Adobe After Effect, Magix Vegas Pro dan Adobe Premiere Pro.

Apa tantangan dalam mengelola komunitas ini?

AMV Indonesia adalah komunitas besar dengan member lebih dari 10 ribu orang. Mengingat jumlahnya, ada kalanya kami para admin, kewalahan untuk mengawasi postingan dalam grup. Namun, kami terbantu sekali oleh para anggota yg memberikan respon cepat pada postingan-postingan yg melenceng dari topik grup tersebut.

Bisa berikan statement penutup, terutama bagi mereka yang tertarik untuk membuat AMV?

Buat temen-temen yang tertarik untuk berkarya dan ingin membuat AMV sendiri, jangan takut atau malu kalau AMV-mu jelek dan sebagainya. Karena semua awalnya memang tidak terlihat mudah, orang-orang yang sudah pro dalam editing, dulunya pun awam dan mereka tak berhenti untuk terus mengembangkan skill mereka. Dan ketimbang kalian hanya nge-wibu nonton anime lebih baik kalian ikut sekalian berkarya. Semisal kalian merasa senang dengan salah satu anime yang kalian tonton, mengapa tidak kalian tuangkan rasa senang tersebut ke sebuah AMV supaya orang-orang bisa terhibur? Sekaligus kalian akan merasa puas dengan apa yang telah kalian buat. Kalian bisa dapet pengalaman baru dan tidak sekedar jadi seorang viewer, tetapi ikut menjadi creator!

Jadi Selamat berkreasi dan have fun while doing so!

Penasaran dengan segala hal tentang AMV? Silahkan kunjungi laman resmi AMV Indonesia di sini:

Facebook: https://www.facebook.com/groups/AMVINDONESIA/

Youtube: https://www.youtube.com/amvindonesia

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.