BAGIKAN

untitled2

Selama ini kasus pelecehan seksual terhadap anak seringkali menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan namun selalu menjadi momok yang menakutkan bagi Orang Tua yang mengkhawatirkan keselamatan anak-anak mereka.

Adalah Childline India Foundation. Sebuah layanan telepon berbasis di India yang memperjuangkan hak-hak dan perlindungan anak di India meluncurkan sebuah Animasi pendek yang memberikan edukasi mengenai pelecehan seksual kepada anak bertajuk KOMAL – A film on CSA (Child Sexual Abuse).

Advertisement Inline

Dalam Animasi pendek berdurasi 10 menit tersebut, dikisahkan mengenai Komal, seorang gadis berusia 7 tahun yang sempat mengalami perlakuan tidak menyenangkan dari tetangganya yang kebetulan adalah teman lama Ayahnya. Cerita berlanjut kemudian dengan tim Childline India, Didi yang memberikan penjelasan mengenai sentuhan yang aman dan berbahaya untuk anak-anak sehingga mereka bisa melindungi diri mereka sendiri.

Animasi pendek ini dibuat sedemikian rupa sehingga dapat ditonton anak-anak sebagai edukasi agar kejahatan tersebut dapat dicegah oleh berbagai pihak bahkan dari pihak anaknya sendiri.

Animasi pendek yang dirilis melalui Youtube sejak 4 Agustus 2013 lalu ini dibuat dengan dukungan dari Reliance Foundation dan pemirsa program Satyamev Jayate dan telah dirilis dalam 12 Bahasa yang berlaku di India serta telah memenangkan penghargaan Federation of Indian Chambers of Commerce and Industry (FICCI) Best Animated Frames (BAF) Award untuk kategori Animasi Pendek.

Bagi yang tidak mampu berbahasa India, anda bisa menonton versi Bahasa Inggrisnya pada video di bawah ini :

 

KAORI Newsline | teks oleh Dody Kusumanto | Courtesy of CHILDLINEIndia

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.