Musim Dingin (Winter) 2018 Winter 2018 Anime: Gintama – Silver Soul Arc

Winter 2018 Anime: Gintama – Silver Soul Arc

0
© Hideaki Sorachi /Shueisha / TV Tokyo / Dentsu / BNP / Aniplex

Sinopsis

Merupakan bagian terakhir dari Gintama. Gintoki Sakata, seorang mantan samurai yang sekarang menjadi wiraswastawan (baca: pengangguran) yang memiliki usaha biro jasa segala (Yorozuya). Gintoki menjalankan usahanya bersama kedua pegawainya. Shinpachi adalah pemuda berkacamata yang ahli dalam meluncurkan tsukkomi, sedangkan Kagura adalah gadis alien ras Yato yang pandai berperang, centil dan tukang makan banyak. Dalam melakukan pekerjaannya, mereka terkadang berurusan dengan polisi, yakuza, pemberontak, alien dan bermacam-macam orang, yang terkadang selalu terjadi dalam situasi yang komedik. Mulai dari mencari barang hilang, mengantarkan anjing jalan-jalan hingga menyelamatkan dunia, Yorozuya Gin-chan siap menerimanya!

Komentar

Pertama kali tayang 2006, saya bisa mengatakan kalau Gintama ini adalah anime yang satu angkatan dengan The Big Three, One Piece, Naruto dan Bleach. Pada 2016, Bleach tamat dengan buruk. 2017, Naruto turut tamat namun menolak tamat dengan menerbitkan manga sekuelnya, Boruto. Sebagai anime angkatan 2000an, One Piece jelas masih belum akan tamat dalam waktu dekat namun Gintama pasti akan tamat pada 2018 ini.

Kita semua selalu mengingat kalau Gintama sebagian besar adalah anime Sci-Fi bertema komedi dengan latar alternate Japan-ish. Komedi Gintama sangat kental dengan komedi tsukkomi dengan tema yang cukup hardcore hingga keberaniannya membawakan parodi dari seri lain atau dunia nyata. Mulai dari memunculkan Gundam, cerita tentang Idol, hingga beraninya memparodikan pengunduran diri salah satu politisi Jepang di musim ketiganya. Sifat komedi dari Gintama memang adalah salah satu bentuk anime komedi terbaik sepanjang masa.

Advertisement Inline

Masih digarap oleh BN Pictures, sebenarnya anime ini boleh dibilang lanjutan dari Fall 2017 daripada dihitung sebagai musim baru. Namun karena perbedaan cerita yang cukup kontras, dari episode yang komedik menjadi serius, sepertinya BN Pictures memilih untuk membuat “musim baru” daripada dihitung sebagai lanjutan dari Fall 2017. Saat ini Gintama telah memasuki cerita terakhirnya – Silver Soul Arc, yang panjang dan penuh dengan keseriusan. Namun, melihat nature dari setial anime ini, mereka akan tetap mencari celah untuk melakukan komedi di tengah-tengah keseriusan yang ada.  Baik serius ataupun lucu-lucuan, Gintama tidak akan main-main dalam menyajikannya.

Fakta dan Data

Judul Lain銀魂
Karya AsliManga karya Hideaki Sorachi
Pengisi SuaraDaisuke Sakaguchi sebagai Shinpachi Shimura
Rie Kugimiya sebagai Kagura
Tomokazu Sugita sebagai Gintoki SakataSho Hayami sebagai Umibouzu
SutradaraChizuru Miyawaki (Gintama)
Kreator asliHideaki Sorachi
Desain KarakterShinji Takeuchi (Gintama, Ixion Saga, Nandaka Velonica)
Lagu PembukaKatte ni My Soul (勝手にMY SOUL)” oleh DISH
Lagu PenutupHanaichi Monme (花一匁)” oleh BURNOUT SYNDROME
StudioBandai Namco Pictures
Situs resmihttp://www.tv-tokyo.co.jp/anime/gintama/index2.html
Twitter
Mulai tayang pada7 Januari 2018 2335 WIB / 1635 GMT / 8 Januari 2018 0135 JST

Screenshot dan Video Trailer

© Hideaki Sorachi /Shueisha / TV Tokyo / Dentsu / BNP / Aniplex
© Hideaki Sorachi /Shueisha / TV Tokyo / Dentsu / BNP / Aniplex
© Hideaki Sorachi /Shueisha / TV Tokyo / Dentsu / BNP / Aniplex

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.