Ulasan Anime : Black Bullet

1

blackbullet

Untuk kalian yang suka akan anime bergenre aksi dengan setting tema masa depan, anime ini cocok masuk daftar tonton kalian. Anime yang diangkat kali ini berjudul Black Bullet yang diadaptasi dari novel ringan karya Shiden Kanzaki. Seri anime ini mengisahkan mengenai keadaan bumi di masa depan, dimana pada tahun 2021, umat manusia diserang oleh monster raksasa bernama Gastrea. 10 tahun berlalu setelah serangan tersebut, umat manusia yang berhasil bertahan hidup, terpaksa hidup dalam sebuah teritori kecil dibalik tiang-tiang monolith yang terbuat dari batuan Varanium yang sangat dibenci Gastrea. Suatu hari, seorang agen dari biro keamanan sipil yang bernama Satomi Rentarou menerima panggilan tugas untuk membasmi Gastrea yang menyerang di salah satu apartemen. Namun sesampainya disana, alih-alih menemui Gastrea, ia malah bertemu dengan sesosok pria bertopeng misterius yang bertekad untuk membawa dunia kepada kehancuran.

Sebagai seorang Promoter, Rentarou dipersenjatai oleh senapan dengan peluru hitam yang terbuat dari logam Varanium, karena hanya Varanium lah yang bisa melukai Gastrea. Pertarungan Rentarou melawan Gastrea tidak dilakukan sendirian, ia dibantu oleh seorang partner bernama Aihara Enju sebagai Initiator. Meskipun terlihat seperti anak perempuan berumur 10 tahun yang biasa, namun Enju berbeda dari anak-anak lainnya. Ia memiliki kekuatan untuk mengalahkan Gastrea karena ia adalah salah satu dari Cursed Children. Pada serangan Gastrea di tahun 2021, ada virus Gastrea yang ditularkan kepada perempuan yang tengah hamil dan virus tersebut akhirnya menginfeksi sang janin. Semua bayi yang terlahir dari para perempuan itu adalah anak perempuan dengan mata merah. Mereka berbeda dari manusia lainnya karena memiliki kemampuan regenerasi dan kekuatan yang ditimbulkan akibat infeksi virus Gastrea saat mereka masih dalam kandungan. Bersama Enju, Rentarou pun berjuang sekuat tenaga untuk melindungi bumi dan umat manusia dari ancaman kehancuran.

Adaptasi seri anime ini dikerjakan oleh Kinema Citrus, yang sebelumnya sudah berpengalaman menangani anime-anime seperti .hack//Quantum, Code Breaker, dan Yuyushiki. Seri anime ini akan tayang sepanjang 13 episode dengan durasi setiap episode nya sepanjang 23 menit. Adaptasi seri anime Black Bullet ini dikerjakan dengan cukup apik, dari segi grafis dan animasi nya, penonton disajikan dengan desain karakter, perwarnaan, dan pencahayaan yang memukau mata. Adegan aksi dan pertarungan dalam adaptasi ini juga tampil cukup memukau bagi mereka yang gemar dengan adegan pertempuran. Musik latar yang disajikan anime ini cukup membangun suasana menegangkan yang ada dalam anime ini. Selain itu, dengan lagu pembuka yang dinyanyikan oleh fripSide juga menambahkan daya tarik dari seri anime ini. Menemani lagu pembuka yang mengandung nada orkestra, lagu penutup seri anime ini juga memiliki nada ala orkestra juga mendukung suasana aksi dan kelam dari seri anime ini. Untuk segi cerita, membawakan tema serangan virus yang membawa kepunahan ini mampu membangun suasana aksi yang seru dan menegangkan. Selain itu, ditengah unsur aksi yang intens dan suasana kelam nya, seri anime ini pun masih bisa membawakan unsur komedi sebagai penyegar dan pembawaan komedi nya pun dieksekusi dengan cukup baik.

Advertisement Inline

Namun, dibalik semua nilai tambah tersebut, seri anime ini pun tidak luput dari beberapa kekurangan. Hal yang menjadi sorotan utama dalam seri anime ini adalah, alur cerita yang mengalir dengan terlalu cepat. Karena hal tersebut, akan cukup sulit mengikuti alur cerita adaptasi anime ini, dan karena alur nya yang terkesan sangat cepat, banyak bagian-bagian dari novel ringan nya yang tidak ditampilkan dalam seri anime ini. Selain itu, banyaknya adegan penuh darah dan adegan-adegan kekerasan lain juga ditampilkan dengan agak berlebihan sehingga terasa mengganggu dan membuat anda mual untuk menontonnya.

Nilai moral yang dapat dipetik dari seri anime ini adalah mengenai toleransi dan penghargaan terhadap mereka yang berbeda. Karena di seri anime ini juga menceritakan mengenai bagaimana manusia lain menganggap rendah para Cursed Children yang dianggap sebagai keturunan monster, padahal mereka lah yang menjaga keberlangsungan hidup umat manusia. Dalam anime ini, dapat dilihat dengan jelas usaha Rentarou untuk menjadikan Enju dapat hidup setara dan sama dengan anak manusia lainnya dan menjalani kehidupan dengan normal. Selain itu, nilai lain yang dapat dipetik dari anime ini adalah mengenai keberanian untuk melindungi mereka yang lemah. Karena kita memiliki kekuatan dan kelebihan, kita harus bisa menggunakan kekuatan serta kelebihan itu untuk melindungi sesama, bukan untuk membawa kerusakan bagi sekitar kita.

Sebagai penutup, seri anime ini sangat pas untuk masuk daftar tontonan musim semi ini bagi kalian yang gemar dengan aksi pertarungan yang epik, suasana yang agak kelam, dan kalian yang suka menonton anime dengan grafis dan animasi yang cukup memukau mata. Selain itu, anime ini juga disarankan untuk ditonton bagi mereka yang suka dengan karakter loli, karena munculnya beberapa karakter loli yang ikut bertarung dalam seri anime ini. Namun mengingat banyaknya adegan berdarah yang muncul, seri anime ini sangat tidak disarankan untuk ditonton bagi kalian yang tidak suka adegan berdarah maupun penonton anak-anak. Diharapkan untuk mendampingi adik-adik kita jika memang ingin menonton seri anime ini.

Berikut adalah beberapa cuplikan adegan dari episode awal seri anime Black Bullet.

KAORI Newsline | Oleh Rafly Nugroho

1 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.