Tepat pada Kamis (24/5), Japan Railfan Club (JRC) mengumumkan pemenang Blue Ribbon Award dan Laurel Prize tahun 2018. Blue Ribbon Award dan Laurel Prize merupakan dua penghargaan yang dibuat oleh JRC yang mana bertujuan untuk berkontribusi terhadap perkembangan dan pengembangan sarana kereta api (KA) di Jepang.

Apa itu Blue Ribbon Award dan Laurel Prize?

Blue Ribbon Award ini telah dimulai sejak tahun 1958. Penghargaan tersebut diberikan kepada kereta terbaik selama satu tahun penilaian. Sementara itu, Laurel Prize yang baru dimulai pada tahun 1961 merupakan penghargaan untuk sarana kereta yang excellent setelah sarana kereta pemenang Blue Ribbon Award. Kedua penghargaan tersebut diadakan satu tahun sekali yang mana penilaiannya berdasarkan pengamatan yang dimulai dari 1 Januari hingga 31 Desember pada tahun sebelumnya.

Sarana kereta yang menjadi kandidat Blue Ribbon Award dan Laurel Prize ini dipilih oleh Komite Pemilihan yang dibentuk oleh JRC. Nantinya, dari kandidat tersebut akan dipilih pemenangnya oleh anggota reguler maupun keluarga JRC berdasarkan sistem voting.

Adapun pemenang dari Blue Ribbon Award tahun ini dianugerahkan kepada kereta penumpang non penggerak seri 35-4000 milik West Japan Railway Company (JR West). Sementara itu, pemenang Laurel Prize jatuh kepada kereta rel listrik (KRL) seri E353 milik East Japan Railway Company (JR East), KRL seri 500 “Revaty” milik Tobu dan Tram seri 7500 “Ultram II” milik Biro Transportasi Kota Kagoshima.

Sekilas Pandang Pemenang Blue Ribbon Award  dan Laurel Prize 2018

Kereta Penumpang seri 35-4000 sendiri adalah kereta penumpang bergaya retro milik JR West. Rangkaian yang dibuat oleh Niigata Transys pada 2017 ini merupakan pengganti dari kereta penumpang seri 12 dan Seri 35 yang lama. Kereta ini dioperasikan sebagai rangkaian Joyful Train “SL Yamaguchi” yang ditarik oleh lokomotif uap. Kereta ini juga dimaksudkan sebagai perwujudan konsep “Reproduksi Kereta Penumpang Bergaya Lama Dengan Teknologi Yang Baru”. Selain itu, produksi kereta tersebut juga menegaskan komitmen pengoperasian KA Uap untuk jangka panjang dalam rangka preservasi. Atas hal ini, JRC menganugerahkan Blue Ribbon Award kepada kereta ini.

kereta penumpang seri 35-4000 | Foto: JRC

Di bagian Laurel Prize, KRL Seri E353 jatuh sebagai pilihan pertama. KRL ini sendiri adalah rangkaian kereta ekspres terbatas terbaru milik JR East. Memulai debutnya pada 2017 sebagai layanan ekspres terbatas “Super Azusa”, rangkaian yang dibuat oleh J-TREC Yokohama ini pun mempunyai banyak sekali perubahan disisi fitur desain serta fungsionalitas yang sangat inovatif  dibanding pendahulunya yaitu KRL seri E351 seperti komponen penggerak, interior, eksterior, dll. Inilah yang membuat JRC menganugerahinya penghargaan Laurel Prize 2018.

KRL seri E353 | Foto: JRC

Baca Juga: Sambut KRL Terbaru “Super Azusa”, Seri E353!

Selanjutnya di halaman berikutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.