BAGIKAN
HMS Illustrious di game Azur Lane (© 2017 Manjuu Co.ltd & Yongshi Co.ltd All Rights Reserved.)

Tepat pada 1 Juni lalu, studio DMM Games yang menjadi pengembang dari game Kantai Collection merilis sebuah peringatan terhadap game Azur Lane. Hal tersebut dilakukan karena DMM menganggap game tersebut melanggar hak cipta karena menggunakan kata “kanmusu” (atau “kantai musume” yang berarti gadis kapal) dalam siaran live streaming-nya di situs AbemaTV pada akhir Mei lalu.

Screenshot siaran live streaming dari game Azur Lane yang sempat memancing pembicaraan karena menggunakan istilah Kanmusu/艦娘 (sumber: https://gnn.gamer.com.tw)

Beberapa hari setelah peringatan tersebut dirilis, pihak staf Azur Lane akhirnya memberikan klarifikasi seputar hal tersebut. Secara resmi, mereka akhirnya memohon maaf karena telah menggunakan kata “kanmusu” yang telah didaftarkan hak ciptanya dalam materi promosi game tersebut. Selain Kantai Collection, mereka juga meminta maaf kepada para fans dan staf game Warship Girls-R (game lain dengan tema serupa) karena menggunakan istilah “senkan shoujo” yang identik dengan game tersebut dalam beberapa iklannya.

Dalam klarifikasinya, pihak staf mengungkapkan bahwa kesalahan tersebut terjadi karena kurangnya ketelitian ketika membaut materi iklan tersebut, dalam hal ini seputar penggunaan hak cipta. Hal tersebut juga menyebabkan pihak staf menjadi kurang cepat dalam menanggapi kontroversi tersebut.

Advertisement Inline

Merespon hal tersebut, staf Azur Lane sebelumnya telah menarik dan mengganti materi iklan dalam siaran live streaming tersebut pada 30 Mei, tiga hari setelah siaran live-streaming “Azur Lane TV” mengudara di situs AbemaTV. Selain itu, mereka juga telah menarik materi iklan lainnya yang dianggap bermasalah.

© 2017 Manjuu Co.ltd & Yongshi Co.ltd All Rights Reserved.

Azur Lane merupakan game ponsel asal Tiongkok yang dikembangkan oleh studio Manjuu dan Yongshi. Game ini pertama kali dirilis di Tiongkok pada Mei 2017, kemudian dirilis di Jepang oleh Yostar pada September 2017. Meskipun hadir dengan tema mirip dengan Kantai Collection yang juga menghadirkan karakter moefikasi berbagai kapal perang dari era PDII, game ini tampil berbeda di mana pemain dapat mengontrol para karakternya ketika sedang bertempur dengan gameplay shoot-em-up. Karena kepopulerannya, game ini sempat berkolaborasi dengan game Hyperdimension Neptunia dan World of Warships.

Video iklan dari game ini dapat ditonton di bawah ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.