BAGIKAN

Jamila alias Jamilah Binti H.M. Jawas, salah seorang seiyuu kawakan Indonesia telah tutup usia pada hari Jumat 15 Juni 2018. Almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya selepas waktu Solat Jumat.

Almarhumah telah aktif menjadi seiyuu sejak era 1980an. Pada masa itu, industri perfilman Indonesia masih menerapkan sistem rekaman suara terpisah, alias menyulihsuarakan suara dari tokoh-tokoh yang ada di film yang bersangkutan, dengan suara dari orang lain, atau orang yang sama, namun merekam kembali suara mereka di luar proses syuting film. Almarhumah sendiri pernah menyulihsuarakan beberapa karakter-karakter film yang dimainkan oleh Selly Marcelina. Almarhumah juga menjadi salah satu seiyuu yang pernah menyulihsuarakan karakter film yang dimainkan oleh Eva Arnaz, selain Yetty Tanah Abang. Almarhumah Jamila juga turut menjadi salah satu seiyuu dalam sandiwara boneka Unyil yang legendaris tersebut.

Seiring dengan waktu ketika mulai banyak bermunculan stasiun televisi swasta dengan beragam program, termasuk film-film asing yang disulihsuarakan ke dalam Bahasa Indonesia, almarhumah juga turut terjun ke bidang penyulihan suara film asing ke dalam bahasa Indonesia, di antaranya adalah serial tokusatsu Mighty Morphin Power Rangers.

Advertisement Inline

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhumah Jamila. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

KAORI Newsline | Courtesy of Agus Nurhasan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.