BAGIKAN

Setelah sekian lama dinanti, akhirnya jajaran artis C3AFA JKT 2018 (Anime Festival Asia Indonesia) diumumkan pada Sabtu 23 Juni 2018, pukul 20.30 WIB melalui Facebook resmi AFA – Anime Festival Asia. Siapakah artis I Love Anisong yang didatangkan ke Indonesia tahun ini?

Berikut adalah daftar artis I Love Anisong C3AFA JKT 2018:

Ami Wajima

Advertisement Inline

Ami Wajima adalah seorang penyanyi yang lahir pada 29 Desember 1998 di kota bernama Kutchan, Hokkaido. Ia pernah memenangkan HORIPROxPONY CANYON Next Generation Anisong Singer Audition di tahun 2016 dan debut dengan “Genso Drive”, lagu pembuka anime TV Mayoiga, di bulan Mei 2016.

Ia merilis single keduanya “Eien Loop” di bulan Agustus 2016, di mana lagu ini menjadi lagu penutup kedua dari serial anime “Kuromukuro”. Pada 22 Februari 2017, Wajima merilis album perdananya yang berjudul “I AM”. Dalam album tersebut terdapat lagunya berjudul “Ai” yang dijadikan lagu tema anime “Digimon Universe: Appli Monster“.

Di umurnya yang masih 20 tahun, ia sudah pernah tampil sebagai bintang tamu di event luar negeri seperti Tiongkok, Filipina dan Singapura, dan menjadi salah satu penyanyi anisong generasi baru yang patut untuk disimak.

BAND-MAID

BAND-MAID adalah band rock yang terdiri dari 5 gadis yang memakai kostum maid dalam perjalanannya untuk menguasai dunia. Kobato Miku, Gitaris sekaligus vokalisnya yang sempat bekerja di maid café di Akihabara mempunyai ide untuk menggabungkan kata “MAID” dan “BAND”. Ia lalu merekrut satu gitaris lagi, seorang basis dan drummer untuk membentuk BAND-MAID. Di tahun yang sama, Saiki bergabung ke dalam grup.

Mereka menyebut konser mereka sebagai “sajian” dan penonton mereka sebagai “tuan” dan “nona”. Kontras dengan penampilan maid mereka, mereka memainkan musik rock hardcore dan menggunakan pertunjukan mereka sebagai senjata untuk memukau penonton. Di tahun 2015, video klip mereka yang berjudul Thrill diperkenalkan di dunia maya, dan cukup menarik perhatian para fans di seluruh dunia.

Di tahun 2017, popularitas mereka juga menanjak di Jepang, dan mulai melakukan tur solo di 6 lokasi berbeda di Jepang, yang mana semuanya SOLD OUT. Mereka juga tampil di beberapa festival rock terbesar di Jepang seperti SUMMER SONIC dan RISING SUN ROCK FESTIVAL.

Mereka merilis album major kedua mereka di 2018 dan membuat sensasi BAND-MAID di seluruh dunia. Suka maid? Maka jangan kedipkan mata dari para maid yang pastinya akan membuat terobosan baru di tahun 2018.

Mashiro Ayano

Mashiro Ayano adalah penyanyi wanita yang saat ini tinggal di Toyako, Hokkaido. Dengan suaranya yang bening dan tegas, lagu dan pesan-pesannya menyentuh dan memikat hati para pendengarnya.

Di tahun 2014, Mashiro memulai debut dengan lagu “Ideal White” yang dijadikan lagu pembuka anime “Fate/stay night: Unlimited Blade Works“. Setelah itu ia juga menyanyikan lagu tema dari banyak anime seperti “Gunslinger Stratos” dan “D.Gray-man HOLLOW“.

Selain tampil di konser di Jepang, ia juga mengunjungi berbagai negara seperti Singapura, Los Angeles, Jerman, dan Taiwan. Di bulan Oktober 2016, ia merilis album pertamanya, yang berjudul “WHITE PLACE“. Bulan Mei 2018 ia merilis single berjudul “Shoudou” yang terpilih menjadi lagu penutup anime “Grancrest Senki“. Ia juga akan mengadakan pertunjukan solo bertajuk “Paraiso” dan “YOUR WORLD” dalam waktu dekat.

Megumi Nakajima

Setelah memenangkan hadiah pertama di “Victor Vocal & Voice Audition” di tahun 2007, Megumi Nakajima memulai debutnya sebagai pengisi suara dan penyanyi dalam anime “Macross Frontier“. Dalam serialnya ia berperan sebagai Ranka Lee, dan menyanyikan banyak lagu termasuk “Seikan Hikou“, yang masuk di Oricon Chart Jepang di peringkat ke 5.

Ia memulai merilis lagu atas namanya dengan single “Tenshi ni Naritai” di tahun 2009 dan sudah merilis 11 single sejauh ini. Beberapa di antaranya adalah “Try Unite!” (lagu pembuka “The Flower of Rin-ne“), “Watashi no Sekai” (lagu penutup “Fuuka“) dan “Saturday night Question” (lagu pembuka untuk “Recovery of an MMO Junkie”), serta 4 album termasuk “Curiosity” yang dirilis tahun ini. Di tahun 2009 ia memenangkan penghargaan di kategori penyanyi terbaik dalam “The 3rd Seiyuu Award”.

Sebagai pengisi suara ia memainkan banyak peran heroine seperti Ruri Aiba di “Sacred Seven“, Yuzuki Eba di “A Town Where You Live” dan Megumi Aino & Cure Lovely di “HappinessCharge PreCure“. Baru-baru ini dia tampil sepintas di anime “Violet Evergarden” sebagai Charlotte Eberfreya Drossel.

TRUE

Mempunyai nama asli Miho Karasawa, TRUE memulai karir penyanyinya dengan single yang diproduksi oleh Satoshi Shimano, “Anytime, Anywhere” pada tahun 2000. Di bulan Maret 2001, single ketiganya “Way to Love” terpilih sebagai lagu tema drama “Love Revolution” dan menjadi hits dengan terjual lebih dari 300 ribu kopi.

Ia juga membuat lagu untuk berbagai artis seperti LoVendoЯ, Kis-My-Ft2, Eir Aoi, dan juga membuat lagu karakter dan anime untuk artis seperti “THE IDOLM@STER“. Lagu “Beat Generation” yang dinyanyikan oleh Fairies, yang ia tulis, memenangkan “Excellence Award” di 45th Yu-sen Taisho. Di tahun 2014, ia me-restart karirnya sebagai artis bernama panggung TRUE.

Ia menyanyikan banyak lagu anime, termasuk lagu pembuka “Buddy Complex“, “Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans”, “SukaSuka“, “Sound! Euphonium“, dan “Violet Evergarden“. Di tahun 2018, TRUE menyambut 5 tahun karirnya di bulan April, dan merilis album ketiga “Lone Queens’s Liberation Party”.

EGOIST

EGOIST adalah artis virtual yang dilahirkan dari band Jepang bernama supercell (2007). Terdiri dari vokalis bernama Chelly, Redjuice sebagai ilustrator, dan ryo sebagai komposer dan produser. Semua ilustrasi untuk sampul resmi single dan album EGOIST serta desain karakternya digambar oleh Redjuice. Dibentuk pertama kali sebagai artis dalam anime Guilty Crown dengan karakter bernama Yuzuriha Inori. Dengan kepopuleran lagu-lagunya, ryo melanjutkan ‘proyek’ EGOIST menjadi sebuah artis professional di luar Guilty Crown.

EGOIST menyelenggarakan konsernya dengan cara yang cukup unik. Berbeda dengan musisi lainnya yang menampilkan wajah mereka secara langsung, mereka menampilkan karakter EGOIST di atas panggung dengan teknologi hologram 3.5D yang diproyeksikan ke tirai yang ada di panggung dengan tetap memakai suara manusia asli sebagai vokalnya. Jadi, bukan tidak ada siapa-siapa di balik panggung tersebut. Chelly yang merupakan penyanyinya, berdiri dan menyanyi di balik tirai tersebut sehingga karakter hologram yang diarahkan kepada penonton mengikuti gerakan penyanyinya yang ada di balik tirai secara langsung.

Dalam anime Guilty Crown, ada banyak lagu EGOIST yang dijadikan lagu tema resmi. Pertama, single debut mereka pada tahun 2011, “Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~” yang dijadikan lagu penutup pertama. Ada juga lagu “The Everlasting Guilty Crown” yang dijadikan lagu pembuka kedua. Tidak hanya itu, lagu “Euterpe” yang ada pada single pertamanya dijadikan lagu pengiring anime tersebut. Tambah lagi, dalam novel visual “Guilty Crown: Lost Christmas“, EGOIST kembali mengisi lagu tema resminya dengan judul lagu “Planetes“.

Selain Guilty Crown, grup ini banyak mengisi lagu tema anime setelahnya. Salah satu lagu mereka yang terkenal berjudul Namae no Nai Kaibutsu yang dijadikan lagu tema penutup seri anime Psycho-Pass. Selain lagu tersebut, ada 2 lagu EGOIST lagi dalam anime tersebut, yaitu All Alone With You dan Fallen. 

Tidak hanya sampai di situ, EGOIST terus merilis single dan semua lagunya selalu dijadikan lagu tema resmi anime. Pada tahun 2015, single EGOIST bertajuk “Reloaded” dirilis. Single tersebut berisi 3 lagu yang semuanya dijadikan lagu tema resmi anime yang berbeda-beda. Lagu “Reloaded” sebagai lagu tema film anime “Genocidal Organ (2017)”, lagu “Ghost of a smile” sebagai lagu tema film anime”<harmony/>“, dan lagu “Door” dijadikan lagu tema film anime “Shisha no Teikoku“. Ketiga film anime tersebut merupakan suatu proyek film bernama “Project Itoh” yang dimulai pada tahun 2015. Redjuice yang merupakan ilustrator tunggal EGOIST juga terlibat sebagai pendesain karakter ketiga film anime tersebut.

Lagu EGOIST lainnya yang dijadikan lagu tema resmi anime lainnya adalah “KABANERI OF THE IRON FORTRESS“. Lagu tersebut merupakan lagu pembuka anime berjudul sama. Selanjutnya, ada lagu “Eiyuu Unmei no Uta” yang dijadikan lagu penutup anime “Fate/Apocrypha“.

© Sony Music Labels Inc. All Right Reserved

Sebelumnya, EGOIST pernah konser di Indonesia pada tahun 2014 dalam acara yang sama yaitu Anime Festival Asia Indonesia 2014, pada tanggal 16 Agustus 2014. Selain konser, CD album pertamanya, “Extra Terrestrial Biological Entities” juga dirilis di Indonesia pada saat itu juga. Mereka juga mempunyai komunitas tidak resmi yang menaungi penggemar EGOIST di seluruh Indonesia bernama Supercell Indonesia. Komunitas tersebut sudah berdiri sejak 2013. Pada konser di Indonesia sebelumnya mereka juga mengadakan gathering besar dan “nonton bareng” konsernya. Pada awal tahun 2018, album kompilasi terbaik mereka, “Greatest Hits 2011-2017 Alter Ego” juga dirilis secara resmi di Indonesia oleh KAORI Nusantara. Selain di Jepang, album ini hanya dijual di Indonesia untuk wilayah Asia Tenggara. Penjualan album ini di Indonesia bahkan mencapai rekor penjualan CD album musik Jepang yang pernah ada.

   

Konser I Love Anisong di C3AFAJKT tahun ini diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu (31 Agustus-1 September 2018) bertempat di ICE BSD, Tangerang, Indonesia. Untuk pertama kalinya pihak AFA mengadakan solo konser di mana dalam 1 malam konser hanya tampil satu artis, yaitu EGOIST. Dan di hari Sabtu, konser I Love Anisong dimeriahkan oleh 5 artis yang terdiri dari Ami Wajima, BAND-MAID, Mashiro Ayano, Megumi Nakajima, dan TRUE.

Berikut ini harga tiket C3AFA JKT 2018 yang telah diumumkan:

  1. AFA World Member (khusus anggota di luar negeri) Early Bird VIP 2-days package seharga Rp.1.880.000,-. Bisa dibeli mulai 25 Juni hingga 23 Juli 2018.
  2. PUBLIC SALES – Early bird VIP 2-day package seharga Rp.1.880.000,-. Bisa dibeli mulai 26 Juni hingga 23 Juli 2018.
  3. EGOIST Super Fan Package = Rp.500.000,-. Tiket khusus konser solo EGOIST pada 31 Agustus 2018. Mendapatkan bonus berapa poster yang bertuliskan nama pembeli, bertemu dengan Chelly setelah konser, merchandise eksklusif, dan kesempatan bertanya kepada Chelly.

Semua harga tiket di atas belum termasuk pajak dan biaya administrasi. Untuk rincian tiket lebih lanjut bisa kunjungi situs resmi C3AFA Jakarta 2018, atau melalu LOKET dan Official Facebook Fanpage Anime Festival Asia.

Mau tahu update terbaru soal C3AFA Jakarta 2018? Nantikan terus info terbarunya di KAORI Nusantara.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.