Selamat Jalan, Web Scanlation: One Manga Berhenti Beroperasi Mulai Senin

    11

    One Manga, salah satu situs komik pindai-terjemah (scanlation) terbesar di dunia, pada hari Kamis mengumumkan akan menutup situsnya. Hal ini disebabkan karena "perubahan kebijakan oleh penerbit komik terhadap pindai-terjemah". Menurut pesan yang dimuat dalam bentuk jendela pop-up ini, seluruh isinya akan dihilangkan mulai Senin minggu depan.

    One Manga menempati peringkat ke-935 dalam daftar 1000 situs yang paling sering dikunjungi menurut Google. Web lainnya, MangaHelper, mengumumkan akhir bulan lalu bahwa mereka akan menghapus seluruh pranala (link) scanlation, dan akan meluncurkan OpenManga, konsep baru bagi pembuat komik untuk mendistribusikan hasil karya mereka secara digital.

    Bagaimana kelanjutannya di masa depan? Apakah pindai-terjemah masih tetap akan ada? Masihkah ada situs web yang akan menyajikan komik secara daring (online)?

    KAORI Newsline | via ANN

    11 KOMENTAR

    1. onemanga dan semacamnya hanya sebagian kecil, selama situs dr project scanlationnya masih berjalan maka mangascan akan tetap berjalan, itupun tinggal menunggu waktu sampai tangan "mereka" menjangkau situs scanlator….

    2. ara zannen……menyatakan dengan ini DUKACITA!

      semoga kita semua diberi ketabahan dan kelicikan baru dalam mencari solusi masalah ini :p

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.