BAGIKAN

Pesta olahraga se-Asia, Asian Games 2018 akan diselenggarakan pada bulan Agustus hingga September 2018 mendatang. Kali ini Indonesia mendapat kehormatan menjadi negara penyelenggara perta olahraga se-Asia tahun 2018 ini, yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, dalam Asian Games 2018 akan ada cabang olahraga elektronik, alias eSports, di mana terdapat 6 Game eSports yang akan dipertandingkan sebagai cabang Eksibisi Asian Games 2018 Jakarta – Palembang. Keenam game tersebut adalah Arena of Valor, League of Legends, Pro Evolution Soccer (PES), Clash Royale, Hearthstone daStarcraft.

6 game yang akan dipertandingkan di Asian Games tersebut ditentukan oleh pihak Federasi Esports Asia (AESF) yang bermarkas di Hongkong. Eksibisi 6 Game eSports tersebut akan diselenggarakan di BritAma Arena di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ketua Asosiasi eSport Indonesia (IeSPA), Eddy Lim, dalam diskusi eSport sebagai olahraga prestasi masa depan, yang digelar bersama perusahaan teknologi NVIDIA, mengatakan bahwa cabor eSports akan dimulai pada 26 Agustus-1 September 2018. Jadwal resmi dan rincian acara selama satu minggu itu akan dikeluarkan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA), sebagaimana dilansir dari Kumparan.

“Untuk tempatnya sudah dipastikan akan dilakukan di BritAma Arena, Mahaka Square, dan akan dimulai pada 26 Agustus nanti. Setiap hari pertandingannya beda-beda, tapi yang mengeluarkan jadwal bukan kami tapi langsung dari federasi eSports Asia,” kata Eddy di High Grounds Cafe, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa 24 Juli 2018.

“Untuk masuk nanti akan ada tiket di mana penjualan tiketnya itu menurut panitia pelaksanaan Asian Games akan digabungkan dengan penjualan tiket cabor-cabor yang lainnya. Baik itu di penjualan online dan juga serentak dijual di tempat-tempat pembelian tiket langsung,” ucapnya.

Eddy sendiri optimistis Indonesia bisa meraih prestasi maksimal. Namun, dari keenam game tersebut hanya tiga saja yang menjadi target utama untuk meraih medali, yaitu Clash Royale, Pro Evolution Scoccer, dan Hearthstone.

Selain itu, Eddy juga menyebut persiapan yang sudah dilakukan oleh Timnas Indonesia cabor eSports berjalan dengan lancar. Keyakinannya kian meninggi lantaran dukungan pemerintah dan pihak swasta saat ini mulai kentara.

Sebagai badan yang mewadahi eSports di Indonesia, Eddy dan jajarannya terus berupaya untuk melanjutkan komitmen memajukan eSports. Oleh karena itu, setelah sukses membuat eSport masuk ke Asian Games, langkah selanjutnya adalah melahirkan atlet eSports yang berprestasi.

Adapun keenam game tersebut, dan juga kategori eSports secara keseluruhan baru akan menjadi ajang exhibisi dalam pesta olahraga se-Asia tahun 2018 ini, dan baru pada pehelatan selanjutnya, yang akan digelar pada tahun 2022 nanti, akan memperebutkan medali. Hal itu dilakukan karena memang sudah merupakan prosedur dari Olimpic Council of Asia atau OCA.

Britama Arena, Mahaka Square tertulis dengan nama lamanya, sebagai Sports Mall dalam peta di atas

Britama Arena atau dikenal juga dengan Mahaka Square, merupakan satu-satunya mall di Indonesia dengan Indoor Arena yang bertaraf internasional yang merupakan satu-satunya mall dengan konsep Sports, Educations, Hobbies dan Entertainment. Mall dengan tujuan One Destination ini memudahkan masyarakat untuk beraktivitas tanpa harus bermacet ria seperti kondisi Jakarta sekarang ini, berbelanja, makan, berolahraga, dan hobbies dapat dilakukan dalam satu lokasi, Mahaka Square memiliki keunikan tersendiri karena 250 unit kios mengelilingi arena indoor.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.