BAGIKAN

Bagi para penggiat cosplay, ajang kompetisi World Cosplay Summit (WCS) merupakan salah satu perhelatan tahunan yang paling ditunggu-tunggu. Ajang yang digelar di kota Nagoya setiap bulan Agustus ini mempertemukan para jawara cosplay dari seluruh dunia untuk meraih gelar tim cosplayer terbaik.

Selain oleh para penggiat cosplayer di Jepang, ajang WCS 2018 ternyata juga disambut oleh para pejabat pemerintahan di wilayah Nagoya. Salah satu yang turut meramaikan ajang ini adalah sang gubernur Perfektur Aichi Hideaki Ōmura. Lewat foto yang diunggah ke akun Twitter pribadinya, sang gubernur tampil dengan bercosplay menjadi Kirito dari serial anime Sword Art Online.

Advertisement Inline

Foto yang diunggahnya ini ternyata mendapat respon yang begitu ramai di jagad linimasa Twitter. Hingga artikel ini ditulis, cuitan tersebut telah di-retweet sebanyak empat puluh ribu kali.

Selain di akun pribadinya, aksi sang gubernur yang bercosplay menjadi Kirito ini juga diabadikan oleh akun resmi penyelenggara World Cosplay Summit dan juga majalah Tokai Walker terbitan Kadokawa. Selain Ōmura, sang walikota Nagoya Takeshi Kawamura ternyata juga ikut menyapa para peserta WCS 2018 dengan bercosplay menjadi karakter Trafalgar Law dari serial One Piece.

Ōmura dan Kawamura dikenal memiliki hobi bercosplay menjadi berbagai karakter anime dan manga ketika akan menyambut ajang WCS. Sang walikota pernah bercosplay menjadi Crowley Eusford dari anime Owari no Seraph pada 2016. Selain itu, duo Ōmura dan Kawamura pernah bercosplay menjadi Piccolo (Dragon Ball) dan Lord Dessler (Space Battleship Yamato).

Ajang kompetisi cosplay WCS telah diadakan sejak tahun 2013 lalu. Tim cosplayer dari seluruh dunia bertanding mewakili negaranya untuk menjadi tim cosplay terbaik di ajang ini. Ajang WCS 2018 sendiri rencananya akan diadakan pada 5 Agustus 2018 dengan menghadirkan tim-tim yang mewakili 38 negara. Afrika Selatan, Kosta Rika, dan Bulgaria akan menjadi tim pendatang baru di ajang ini.

Indonesia sendiri juga turut serta mengirim wakilnya untuk berlomba di ajang ini. Tahun 2012 dan 2014, tim Indonesia berhasil meraih gelar juara ketiga pada ajang tersebut. Pada tahun ini, tim sweX ID dari Yogyakarta akan mewakili tim merah putih di ajang kompetisi cosplay ini setelah meraih juara pertama di babak Grand Final ICGP 2018 yang digelar pada Juli lalu.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.