BAGIKAN

Pelan tapi pasti, industri game di Indonesia terus bertumbuh dan berkembang. Berbagai game karya anak bangsa dengan berbagai genre, baik itu yang rilis di PC, ponsel pintar, hingga konsol terus dirilis setiap tahunnya, baik yang dirilis oleh pengembang besar hingga pengembang kecil maupun independen, hingga yang dirilis di mancanegara. Berikut ini kami di KAORI merekomendasikan sejumlah game-game Indonesia karya pengembang dalam negeri yang perlu kamu mainkan:

Game Anak Sholeh (Agate Studio)

Game Anak Sholeh merupakan aplikasi game berbasis Islami terpadu yang dikemas untuk anak-anak. Game ini menyatukan konsep belajar sambil bermain dalam mengajarkan nilai Islam untuk anak.

Menyenangkan sekaligus edukatif! Itulah kira-kira pemaparan singkat mengapa game ini kami rekomendasikan, terutama jika kamu tengah mencari game yang cocok untuk dimainkan untuk anak. Di dalam game ini anak-anak dapat mengenal Islam dengan cara yang berbeda dan sangat menyenangkan, karena terdapat fitur-fitur yang dapat membantu anak dalam mengenal Islam, mulai dari tata cara sholat, wudhu, pengenalan huruf Hijaiyah dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari, semuanya dikemas dengan cara yang mudah dan sangat menyenangkan agar anak menjadi sholeh setiap harinya. Apalagi maskot kucing di game ini juga lucu lagi menggemaskan!

Game ini sudah tersedia di Google Play, dan dapat diunduh melalui tautan berikut ini.

Fallen Legion (MINTSPHERE & YummyYummyTummy)

© 2017 YummyYummyTummy/MINTSPHERE/NIS America

Fallen Legion adalah sebuah game RPG semi Beat Em Up bersettingkan dunia fantasi. Dalam game ini dikisahkanlah sebuah kerajaan bernama Fenumia yang berada di ambang kehancuran. Game ini hadir dengan 2 sudut pandang cerita yang berbeda, yaitu Sins of an Empire dengan karakter utama Putri Cecille yang berjuang untuk mengembalikan kejayaan kerajaan Fenumia sepeninggal ayahnya yang telah wafat, serta melindungi negara dari perlawanan kelompok – kelompok yang ingin merusak kerajaan Fenumia, dan juga Flames of Rebellion dengan karakter utama Legatus Laendur, sang pemimpin pemberontakan yang ingin menggulingkan keluarga Kerajaan Fenumia.

Fallen Legion adalah sebuah pencapaian bersejarah dalam industri game Indonesia. Inilah game pertama buatan puttra-putri bangsa Indonesia yang berhasil menembus konsol, tatkala game ini dirilis di Sony Playstation 4 pada tahun 2017 lalu. Selain itu game ini juga telah dirilis di Playstation Vita dan juga Nintendo Switch, dan dirilis di berbagai negara, dari Amerika, Jepang, hingga Korea Selatan. Game ini adalah inspirasi sekaligus pembuka jalan bagi game-game Indonesia setelahnya.

Dari segi gameplay, kamu akan disuguhkan dengan gameplay yang akan mengingatkan anda dengan game-game Beat Em Up klasik seperti Bare Knuckle/Street of Rage ataupun Final Fight, di mana kamu akan berjalan dalam platform 2D yang terkadang akan berhenti di sejumlah titik, untuk membabat lawan-lawan yang menghalangi jalanmu. Yang menarik, saat menghadapi lawan-lawan yang menghalangi tersebut, kamu akan disuguhkan dengan mode berantem yang akan mengingatkanmu dengan RPG klasik Valkryie Profile. Soal grafis? Silahkan cuci mata anda dengan grafik 2D klasik yang memukau, pokoknya ciamik deh!

© 2017 YummyYummyTummy, Inc. All Rights Reserved. Fallen Legion is a registered trademark or trademark of YummyYummyTummy, Inc. All other marks are properties of their respective owners.

Tidak punya konsol? Jangan khawatir! Karena game ini juga tersedia di Steam. Bahkan di versi Steamnya, terdapat mode teks berbahasa Indonesia yang tentunya bisa mempermudah permainanmu.

Azure Saga: Pathfinder (Masshive Media)

Azure Saga: Pathfinder adalah sebuah game RPG dengan sistem pertarungan turn-based, yang menggabungkan tema sci-fi fantasi medieval, dengan balutan grafis 2,5D.

Dalam game ini dikisahkanlah zaman ketika umat manusia hidup di koloni-koloni luar angkasa. Di antara penghuni koloni luar angkasa tersebut ada yang memercayai sebuah mitos mengenai planet bernama Azure yang memiliki sumber daya alam dan energi yang berlimpah ruah.

Pemain akan berperan sebagai Synch, putra seorang ilmuwan dari sebuah koloni luar angkasa N.E.B.U.L.A yang terdampar di sebuah planet. Bersama sesosok Dorid yang merupakan asistennya, NOiDE D30 (Noide), mereka akan berpetualang mencari jalan untuk pulang. Namun siapa sangka mereka berdua harus terlibat dengan konflik yang terjadi di antara para penghuni planet tersebut?

Rindu dengan game RPG klasik dengan gaya permainan Turn Based? Kalau begitu mainkanlah Azure Saga! Sistem pertarungan Turn Based di game ini cukup adiktif lagi “ngangeni”, terutama bagi yang biasa memainkan game-game RPG zaman pra-PS2.

Game ini telah resmi dirilis di PC dan Mac melalui Steam sejak 13 Maret 2018.

Bunka no Kenkyu -Revival of Queen (Leyak (BnK Team & DEVGRU-P)

Bunka no Kenkyū –Revival of Queen Leyak- adalah sebuah novel visual bergenre drama thriller dengan sentuhan romansa dan supranatural. Bersetting di pulau Bali, sebuah pulau eksotik di mana teknologi, tradisi, dan horor bercampur menjadi satu. Tersebutlah sang karakter utama, Tetsuo Kobayashi yang merupakan anak dari sejarahwan Universitas Kyoto. Bersama teman-temannya yang tergabung dalam klub penelitian budaya, Tetsuo terlibat dalam sebuah kutukan kuno yang mengantarkan mereka dalam sebuah perburuan internasional terhadap Necronomicon, sebuah artifak misterius yang dipercaya dimiliki oleh sang Ratu Leak, sebuah sosok siluman yang sangat ditakuti di pulau yang dijuluki sebagai Pulau Dewata, sekaligus salah satu lokasi pembantaian terbesar terhadap mereka yang dituduh sebagai simpatisan Komunis di era 1960-an tersebut.

Novel visual lokal? Check! Setting dalam negeri, alias Nusantara yang indah lagi bersemi? Check! Setting di Bali? Check! Tema horror dengan sosok Leak yang menakutkan lagi tersohor itu? Kalau anda adalah maniak novel visual ala Jepang macam Little Busters atau Clannad, namun menginginkan kisah yang berlatar belakang tanah Indonesia yang kita cintai ini? Tunttu apa lagi? Segeralah dapatkan novel visual ini di Steam, dan ungkaplah misteri di balik Ratu Leak yang tersohor itu!

DreadOut (Digital Happiness)

DreadOut adalah sebuah game survival horror yang dirilis untuk PC pada tahun 2014 lalu oleh pengembang game asal Bandung, Digital Happiness. Dalam game ini tersebutlah sekelompok anak SMA yang tersesat di sebuah kota tua misterius yang banyak dihuni oleh makhluk-makhluk supranatural.

Game ini tidak hanya sukses di Indonesia, tapi juga negara lainnya seperti Jepang, Amerika, Australia, Malaysia, Singapura, dan masih banyak negara lainnya.

Gamer masa kini mana yang belum mengenal game survival horror yang seru lagi nyeremin dan menegangkan ini? Sejak dimainkan oleh youtuber populer PewDiePie game ini memang menjadi fenomena tersendiri di kalangan gamer, apalagi para penggemar horror yang seram-seram. Bahkan game ini akan segera diadaptasi menjadi film, dan menjadi game Indonesia pertama yang akan diadaptasi menjadi film.

Jadi, masih belum memainkan game ini? Kalau begitu segera dapatkan game ini di Steam, dan segeralah kumpulkan nyalimu! Masih belum cukup? Kalau begitu nantikan segera sekuel terbarunya!

Selanjutnya di halaman kedua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.