BAGIKAN

Dunia game akhir-akhir ini semakin berkembangan pesat. Sudah begitu banyak judul-judul game dari beragam genre yang dirilis di berbagai platform, mulai dari konsol, handheld, hingga ponsel pintar yang tengah naik daun. Meski pilihan game semakin banyak, namun tidak semua orang dapat menikmati game-game tersebut karena kesibukannya masing-masing. Di sinilah jasa joki game yang bermain untuk membantu menaikkan progress permainan milik orang lain akhirnya muncul demi mencari pundi-pundi uang.

Meskipun hal ini sebenarnya sudah ada sejak munculnya berbagai game online pada era 2000-an, hal tersebut kini semakin semarak berkat segmen game ponsel yang kini semakin menjamur. Hal ini pun akhirnya turut mendapat perhatian di salah satu koran nasional, yaitu Harian Kompas. Fenomena joki game pun dibahas di sebuah artikel berjudul “Joki Gim Mendulang Hoki” dalam rubrik Kompas Muda edisi Jumat, 10 Agustus 2018.

Artikel ini mengupas seluk-beluk pekerjaan joki game yang banyak digeluti oleh para gamer berpengalaman dan disebut-sebut bisa menghasilkan omset hingga 7 juta rupiah per bulan. Selain omset, risiko yang dapat menimpa para joki ini pun juga turut dibahas, salah satunya kondisi kesehatan yang dapat menurun.

Yang menarik, salah satu judul game yang begitu populer di kalangan penikmat jejepangan ternyata juga turut disinggung di artikel ini melalui kolom “Argumentasi” yang menjaring komentar dari para pembaca rubrik ini.

Alya Kartika, mahasiswi yang kuliah di jurusan Sastra Jepang Universitas Brawijaya ini menuturkan salah satu temannya membuka jasa joki di game Granblue Fantasy. Dengan tarif 20 hingga 200 ribu rupiah, ia membuka jasa leveling bagi para player yang tidak punya waktu untuk melakukan proses grinding. Jasa jokinya pun akhirnya ramai peminat.

 

Lantas, apakah proses leveling dan grinding untuk mendapatkan item di game Granblue Fantasy memang membutuhkan waktu yang cukup lama? Menurutbeberapa staf KAORI yang memainkan game ini, proses grinding di game tersebut biasanya dilakukan untuk mendapatkan item spesial di event-event tertentu. Selain itu, proses grinding-nya sendiri juga bisa memakan waktu cukup lama bila pemain belum mendapatkan susunan “grid” yang terdiri dari key item, consumables, dan senjata limited yang ideal. Bila susunan “grid” yang pas sudah didapat, proses grinding dan leveling di game ini akan menjadi relatif lebih mudah.

Granblue Fantasy adalah game RPG ponsel berbasis web besutan Cygames. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2013 untuk ponsel berbasis Android serta iOS. Game ini cukup terkenal karena keterlibatan beberapa staf yang mengembangkan game Final Fantasy, bahkan Nobuo Uematsu pun terlibat dalam game ini. Game ini akhirnya diadaptasi menjadi serial anime oleh studio A-1 Pictures dan tayang pada April 2017.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.