BAGIKAN

1907320_10152168978287861_5123163022184450188_n

Musisi Franki Indrasmoro alias Pepeng kembali merilis karya komik terbarunya yang bertajuk Setan Jalanan. Sebelumnya, Drummer dari Grup Band kenamaan NAIF ini juga sudah aktif dalam dunia perkomikan dengan karyanya yang bertajuk Komik Petualangan NAIF sebanyak 5 seri buku yang diterbitkan oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Setan Jalanan adalah proyek komik kolaborasi antara Pepeng dengan Haryadhi Gee yang terkenal dengan karyanya yang bertajuk KOSTUM (komik strip untuk umum). Bercerita mengenai sosok pengendara sepeda motor yang berkeliaran di jalanan menumpas kejahatan. Diproduksi oleh FranKKomiK dan diterbitkan oleh penerbit Cendana Art Media yang rencananya akan diterbitkan secara berkala sebanyak 3 jilid.

Advertisement Inline

Setan Jalanan

Teaser Setan Jalanan

Ide mengenai Setan Jalanan sendiri sudah dipikirkan oleh Pepeng sejak 11 tahun yang lalu di mana Drummer yang juga sempat menjadi Seiyuu tamu dalam serial Anime Vatalla Sang Pelindung garapan Alfi Zachkyelle ini memimpikan lahirnya pahlawan pembela kebenaran bernuansa lokal yang bisa dicintai masyarakatnya. Diharapkan Setan Jalanan bisa memunculkan sesuatu yang baru dan fresh untuk industri komik Indonesia.

 

Ost Setan Jalanan by RAKSASA BAND

Yang menarik dari Setan Jalanan adalah konsep pemasarannya yang mengawinkan komik dengan musik. Ya, selain diluncurkan dalam bentuk komik, Setan Jalanan juga diluncurkan dalam bentuk musik yang dibawakan oleh Raksasa Band. Sebuah Grup Band Indie kenamaan di Indonesia yang juga merupakan side project dari Pepeng. Dengan menggandeng media kenamaan Rolling Stone, Single Setan Jalanan milik Raksasa Band bisa diunduh secara gratis sampai akhir Bulan Juni melalui situs Rolling Stone. Di samping itu, video klip bergaya animasipun juga dibuat bekerjasama dengan Oktodia Mardoko yang sebelumnya bersama Haryadhi Gee sempat membuat Animasi pendek Binekon.

IMG04963-20140521-1654

Para Kru Setan Jalanan dalam Launching Setan Jalanan di Tokove Kemang 21 Mei 2014

Lebih lanjut, Wendi Putranto selaku Executive Director dari Rolling Stone Indonesia memuji konsep kolaborasi komik dan musik yang diterapkan oleh Setan Jalanan. Dengan bergabungnya dua konsep tersebut diharapkan Setan Jalanan bisa diterima bukan hanya di kalangan penggemar komik namun juga penggemar musik. Dirinya juga menambahkan bahwasanya di masa kini para pembuat komik harus lebih pintar dalam mengemas produknya supaya lebih mudah dikenal masyarakat.

Adapun Beng Rahadian selaku editor dari CENDANA ART MEDIA mengemukakan bahwa di masa kini, industri komik harus menyandarkan dirinya pada industri berbasis IP (Intelectual Property) di mana ke depannya produk yang dikeluarkan bukan cuma komik namun juga produk-produk turunannya sebagaimana Setan Jalanan yang sudah mengeluarkan produk turunan berupa Single lagu ataupun Endang Soekamti yang sudah pernah melakukan hal yang sama sebelumnya.

10420207_509145945852267_8804877493090222342_n

Penampakan Setan Jalanan di sebuah gerai toko buku

Setan Jalanan sudah dilaunching pada tanggal 21 Mei 2014 lalu dan kini sudah tersedia di toko buku. Dengan jumlah halaman sebanyak 120 halaman, Setan Jalanan dibanderol dengan harga sebesar 38.000 Rupiah.

Berikut adalah sinopsis singkat Setan Jalanan :

Siapa Setan Jalanan?

Lawan atau pahlawan?

Setan Jalanan adalah pemburu yang terburu

Kelana yang mencari segala kebenaran

Siapa Setan Jalanan?

Lawan atau kawan?

Setan Jalanan adalah lawan sepadan

para setan yang berkeliaran

di antara

gelap dan terangnya

peradaban.

Di antara gelap dan terang,

di situ SETAN berada.

Akhir kata, sudah siapkah memacu adrenalinmu bersama SETAN JALANAN?

KAORI Newsline | Teks oleh Dody Kusumanto | Courtesy of Franki Indrasmoro, Beng Rahadian, dan Wendi Putranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.