BAGIKAN
Foto: Irfan Dhafirwan

Event jejepangan tahunan Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) ke-24 kembali digelar pada tahun ini. Hadir dengan tema Luminous Japan, acara yang digelar dari tanggal 24 hingga 26 Agustus ini menghadirkan berbagai acara-acara yang menarik bagi para penikmat jejepangan di sekitar Jabodetabek. Berbeda dengan tahun lalu, hari terakhir dari gelaran ini kini kedatangan tamu spesial. Ya, grup musik BACK-ON akan mengguncang hari puncak GJUI24 yang kini diadakan di Lapangan Parkir FPsi-FISIP UI ini.

Lalu, siapakah grup BACK-ON? Mereka adalah grup musik rock yang terbentuk sejak 2002. Lagu-lagu yang dibuat oleh BACK-ON sendiri telah banyak digunakan sebagai lagu tema untuk berbagai serial anime, di antaranya Air Gear, Eyeshield 21, dan Gundam Build Fighter. Grup musik ini kini digawangi oleh dua personil, yaitu Kenji03 dan Teeda.

Pada Sabtu lalu (25/8), kami berkesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif bersama grup BACK-ON. Lewat wawancara yang singkat dan intim ini, kami mengulik seputar inspirasi bermusik mereka, persiapan sebelum tampil di hari puncak GJUI24, anime Gundam favorit mereka, hingga kesan mereka dengan para fans di Indonesia.

Advertisement Inline

Penasaran dengan wawancaranya? Berikut adalah petikan wawancara kami bersama BACK-ON!

Foto: Irfan Dhafirwan

BACK-ON sebelumnya pernah mengisi lagu tema untuk anime dan game Gundam. Apa anime Gundam yang pertama kali ditonton dan seri manakah yang menjadi favorit Anda?
Anime Gundam yang pertama kali kami tonton itu SD Gundam. Tetapi anime Gundam yang benar-benar diikuti itu Gundam Build Fighter karena lagu kami digunakan untuk serial animenya.

Bagaimana kesan Anda dengan para fans yang menyambut kehadiran BACK-ON di Indonesia? Apakah ada perbedaan dengan para fans yang ada di Jepang?
Para fans di Indonesia itu terasa begitu hangat dan bersemangat ketika bertemu dengan kami. Banyak dari mereka yang ternyata sudah nge-fans dengan kami sejak lama. Rasanya cukup berbeda dengan para fans di Jepang yang umumnya sedikit malu-malu dalam menyampaikan perasaannya. Meskipun begitu, kami senang para fans di sini bisa nyanyi bareng walaupun berbeda bahasa.

Grup BACK-ON sendiri akan tampil di hari terakhir GJUI24 yang digelar pada Minggu malam (26/8). Apakah Anda akan membawakan setlist lagu yang memancing rasa nostalgia para fans BACK-ON ataukah mungkin akan membawakan lagu “kejutan” ketika tampil nanti?
Kami sebenarnya sudah ingin sekali datang dan tampil di Indonesia, jadi kami akan membawakan setlist lagu yang sudah ditunggu-tunggu oleh para fans Indonesia dan membuat para fans senang.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seiyuu di serial anime ber-genre mecha?
Kami sebenarnya mau-mau aja. Tetapi kalau misalnya beneran muncul, kami ingin tampil sebagai performer di dalam animenya.

Grup BACK-ON sebelumnya juga pernah mengisi lagu tema untuk serial anime Eyeshield 21 dan anime ini terkenal di Indonesia. Kami penasaran siapa karakter yang menjadi favorit para personil BACK-ON?
Kalau kami suka Agon dan Taro Raimon alias Monta. Dan ngomong-ngomong, kenapa anime ini terkenal di sini ya?
Eyeshield 21 dulu pernah ditayangkan di televisi Indonesia pada 2008 lalu, sampai cerita bertanding melawan tim NASA Alien.

Foto: Irfan Dhafirwan

Kami sedikit penasaran dengan nama grup ini. Bisa diceritakan asal-usul mengapa Anda menggunakan nama BACK-ON?
Nama BACK-ON diberikan oleh salah satu personil kami. Namanya sendiri berasal dari kata “bakuon” yang merupakan suara ledakan. Nama ini kurang lebih bisa menjelaskan musik kami yang terdengar begitu “ramai.”

Dalam bermusik, Anda terinspirasi dari mana saja?
Kami tidak hanya terinspirasi dari satu musisi tertentu saja. Dalam bermusik kami juga mendengarkan berbagai lagu-lagu pop Jepang dan Amerika.

Bicara soal genre lagu, mengapa Anda bermusik dengan genre rock? Ataukah Anda pernah mencoba membuat musik dengan genre lain?
Kami awalnya memang bermain dengan genre rock. Namun akhir-akhir ini kami mulai mencoba membuat lagi dengan genre hip-hop untuk mencari tantangan baru dalam bermusik.

Kalau misalnya ada kesempatan berkolaborasi, siapakah artis yang ingin Anda ajak untuk berduet?
Kami sebenarnya ingin sekali berkolaborasi dengan banyak artis. Tetapi untuk saat ini bila ada kesempatan kami ingin berkolaborasi dengan dua musisi hip-hop favorit kami, Snoop Dogg dan Ice Cube.

KAORI Newsline | Wawancara dan Foto oleh Tanto Dhaneswara dan Irfan Dhafirwan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.