BAGIKAN

Animasi merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif prioritas yang menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan bersama dengan sub-sektor aplikasi dan game developer, dan sub-sektor musik. Disebut sebagai sub-sektor prioritas karena ketiga sub-sektor ini berperan sebagai penghela sektor ekonomi lainnya. Visi pengembangan animasi adalah “Memperluas eksposure konten animasi di berbagai sektor di Indonesia pada 2019” dengan berdasarkan asumsi bahwa pasar global adalah pasar Indonesia itu sendiri, atau setidaknya penguasaan pasar nasional adalah kunci bagi langkah menuju pasar global.

“Untuk meningkatkan industri kreatif dan ekonomi kreatif di bidang animasi dan menguji hasil dari penyusunan Grand Strategy sub sektor animasi dan melengkapi database yang berkaitan dengan animasi dari pendidikan dan industrinya dibutuhkan kegiatan yang berhubungan dengan promosi animasi Indonesia, “ujar Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Joseph Pesik.

Advertisement Inline

Atas dasar tersebut, digelarlah BEKRAF Animation Conference (BEACON), yang merupakan merupakan kegiatan animasi Indonesia yang bertujuan untuk mempertemukan para pelaku di dunia animasi untuk saling berinteraksi, dan mampu bekerja sama untuk memajukan ekosistem animasi Indonesia, seraya memperkenalkan program-program BEKRAF terkait pengembangan ekonomi kreatif kepada pelaku, asosiasi dan masyarakat ekonomi kreatif khususnya untuk sub-sektor animasi, serta menjembatani kesenjangan jejaring bisnis animasi antara rumah produksi dengan distributor atau investr nasional dan global untuk memberi ruang pada talenta muda animasi Indonesia dengan menimba ilmu melalui mentor/tutor yang bereputasi dunia untuk membangun kolaborasi dengan pelaku utama animasi nasional dan dunia.

This slideshow requires JavaScript.

Perhelatan BEACON 2018 Jakarta diawali dengan peresmian dibukanya acara oleh Deputo Riset Edukasi dan Pengembangan Abdur Rohim Boy Berawi dan press conference serta diramaikan dengan beragam event seperti Talkshow, Business Link & Match, Panel Discussion, Booth Exhibition, Masterclass, dan Animation Screening Si Juki the Movie dan juga D.O.A: Doyok Otoy Ali Oncom, dan trailer film animasi Jagat. Sementara itu acara BEACON juga akan diramaikan dengan diskusi panel dan seminar seperti Road to Asia Animation Summit 2018 oleh Daniel Harjanto (Base Studio) dan Wahyu Aditya (Hellomotion), Membangun Local Hero oleh Chris Lie (Caravan Studio) dan Goklas Sujiwo (BumiLangit), Success Story Animasi Tembus Layar Lebar – Si Juki oleh Faza Meonk, (Pionicon), Project Story Animasi D.O.A: Doyok Otoy Ali Oncom dan animasi Jagat oleh Eki N.F (MPIC Animation), Animasi yang Cocok untuk Platform Media Sosial oleh Andi Martin (Kratoon Channel), Berbagi Ilmu di Bidang Animasi Melalui Media Online oleh Rangga Yudo Yuwono (Dapoer Animasi), Potensi Bisnis Industri Animasi di Indonesia dan Revenue Animasi dari TV oleh Sei Young Cheong “Andy” dari MNC Animation, Karir dan Profesi Animasi oleh Ronny Gani (Bengkel Animasi), Success Story Animasi Tembus Layar Lebar – Knight Kris oleh Ridwan Santoso (Viva Vantasia), Success Story Animasi Tembus Layar Lebar – Battle of Surabaya oleh Aryanto Yuniawan (MSV Studio), Story Telling Dalam Animasi oleh Daryl Wilson (Kumata Studio), Distribusi Animasi via Youtube oleh Fajar Nurwantoro (Kul Story Indonesia), Animasi AR/VR oleh Patrick Effenry (Visual Expert), Membuat IP Bible yang Menjual oleh Chandra Endroputro (BASE Studio) yang berlangsung dari tanggal 1 – 2 September 2018.

Berdasarkan data BPS, Produk Domestik Bruto atau PDB ekonomi kreatif tahun 2016 mencapai Rp. 922,59 Triliun rupiah dengan pertumbuhan 4,95% dan share terhadap PDB Nasional sebesar 7,44%. Tenaga kerja 2016 mencapai 16,9 juta orang dan ekspor mencapai US$ 20 miliar. Sebagai bagian dari sektor ekonomi kreatif, sub-sektor film, animasi dan video menciptakan nilai tambah atau PDB 2016 sebesar 1.578,2 Miliar rupiah dengan pertumbuhan mencapai 16,5%, sedangkan jumlah tenaga kerja yang terserap tercatat sebanyak 39.550 orang.

This slideshow requires JavaScript.

Pada saat ini BEKRAF memberikan kesempatan kepada para pelaku industri animasi Indonesia untuk membuka peluang bagi produsen animasi untuk menjual atau menunjukkan produk atau layanan mereka kepada pembeli potensial yang melibatkan stasiun televisi, agensi dan investor yang telah berkecimpung dalam industri ini selama bertahun-tahun.

“Harapan kami, dengan adanya BEKRAF Animation Conference (BEACON) ini akan semakin membangun ekosistem animasi Indonesia untuk peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa.

This slideshow requires JavaScript.

BEKRAF Animation Conference (BEACON) 2018 diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, 1 dan 2 September 2018, bertempat di Hotel JS Luwansa Jl. H.R Rasuna Said No. Kav C-22 RT/RW 02/05, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.