BAGIKAN
Yukitora Keiji sebagai Sri Asih (sumber: https://www.facebook.com/david.winarta.52)

Cosplay sudah menjadi suatu hal yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan sebuah acara pop culture. Di berbagai acara pop culture dari yang bertema mainan, anime, hingga komik Barat sekalipun pengunjung dapat dengan mudah bertemu para cosplayer di sana. Tidak jarang juga acara tersebut mengadakan lomba cosplay atau menyediakan tiket masuk gratis bagi cosplayer sehingga membuat banyak cosplayer datang ke acara tersebut.

Umumnya para cosplayer yang ada di berbagai acara pop culture tampil dengan balutan kostum dari berbagai seri animasi, komik, dan game yang cukup terkenal. Khusus untuk cosplayer yang bercosplay karakter anime, biasanya tren yang terlihat adalah membuat cosplay dari anime atau karakter yang sedang naik daun di musim tersebut. Banyak juga cosplayer yang membuat kostum dari karakter seri animasi, film maupun komik yang berasal dari Barat, seperti cosplay karakter super hero dari Marvel Cinematic Universe (MCU) maupun menjadi mayat hidup dari seri The Walking Dead.

Meski begitu, Indonesia juga kaya akan berbagai karakter IP (Intellectual Property/Kekayaan Intelektual) lokal yang kini sudah mulai digandrungi oleh para pecinta pop culture tanah air. Inilah hal yang dilakukan oleh Yukitora Keiji, salah satu cosplayer asal Tangerang Selatan yang mencoba hal yang berbeda. Jika biasanya Yukitora membuat cosplay dari karakter anime atau game, kali ini ia justru membuat cosplay dari karakter super hero legendaris Indonesia yaitu Sri Asih.

Advertisement Inline

Sri Asih adalah salah satu karakter ciptaan mendiang RA Kosasih, sang legenda komik Indonesia yang disebut sebagai “Bapak Komik Indonesia” oleh generasi komik di masa kini. Seniman dengan nama asli Raden Ahmad Kosasih ini pertama kali menciptakan karakter Sri Asih pada tahun 1950. Karakter yang ia ciptakan di masa awal Kemerdekaan Indonesia ini ternyata disebut-sebut sebagai karakter super hero pertama yang diciptakan di Indonesia.

Sebagai seorang “Bapak Komik Indonesia”, karya dari RA Kosasih tentu sangat memiliki pengaruh yang sangat luas. Pada masanya berbagai komik buatannya selalu mendapat tempat spesial di hati masyarakat, termasuk komik Sri Asih ini. Goresan gambarnya yang penuh akan nilai artistik dan ceritanya yang menarik menjadi satu ciri khas tersendiri dari karya ciptaan RA Kosasih.

Meski sempat terkenal pada masanya, namun komik Indonesia sempat mengalami masa “mati suri” di tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 1990-an, penerbit komik Elex Media Komputindo sempat menghidupkan kembali karakter ini dengan menerbitkan ulang berbagai komik karya RA Kosasih. Tidak hanya itu, kini karakter Sri Asih juga dihidupkan kembali oleh BumiLangit, perusahaan komik yang menaungi berbagai karakter komik legendaris Indonesia untuk dikembangkan menjadi berbagai media yang sesuai dengan perkembangan komik di masa sekarang.

Upaya untuk menghidupkan kembali karakter Sri Asih juga bisa dilakukan dengan media lain selain komik dan cergam. Kini karakter Sri Asih dihidupkan kembali melalui cosplay oleh Yukitora Keiji. Melalui berbagai foto yang beredar di media sosial, Yukitora mampu menghadirkan kembali keberanian dan tekad kuat seorang Sri Asih yang biasa hanya beraksi di lembaran komik ke dalam sebuah medium baru yaitu cosplay.

Yukitora Keiji sebagai Sri Asih (sumber: https://www.facebook.com/david.winarta.52)

Foto yang diunggah oleh David Winarta di laman Facebook miliknya ini menunjukkan detail kostum Sri Asih yang sangat menakjubkan. Berbagai ornamen yang ada dalam kostum tersebut benar-benar membuat seorang Yukitora Keiji tampil layaknya Srikandi yang memiliki kekuatan super dan siap menumpas berbagai kejahatan yang ada. Riasan make up dan tata rambut yang dikenakan oleh Yukitora semakin membuat dirinya benar-benar menjadi seorang Sri Asih yang keluar dari panel komik dan muncul di dunia nyata.

Untuk yang belum begitu mengenal siapakah Sri Asih sebenarnya, karakter ini memiliki nama asli Nani Wijaya, seorang putri dari keluarga berada yang ternyata adalah seorang titisan Dewi Sri dari kahyangan. Jiwa keberanian dan keadilannya yang tinggi membuat Nani Wijaya bekerja sebagai penyelidik di Biro Penyelidikan Kriminal saat dewasa. Di saat ia mengalami kesulitan untuk menegakkan keadilan, ia bisa berubah menjadi seorang Srikandi berkekuatan super dengan mengucapkan nama “Dewi Asih”!

Yukitora Keiji sebagai Sri Asih (sumber: https://www.facebook.com/david.winarta.52)

Ternyata cosplay Sri Asih ini dibuat oleh Yukitora Keiji dalam rangka acara pop culture POPCON Asia 2018 yang diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 22-23 September 2018 di ICE BSD. Dalam acara ini Yukitora bertindak sebagai Popstars (bintang tamu) sekaligus juri lomba cosplay yang diadakan di POPCON Asia. Lomba cosplay di POPCON Asia kali ini terbagi dalam empat kategori berbeda yaitu kategori Armor, kategori Non-Armor, kategori Bumi Langit Costume Making, dan kategori Bumi Langit Character Cosplay.

Selain menjadi juri cosplay dan Popstars, dalam acara POPCON Asia 2018 ini Yukitora Keiji juga menghadirkan berbagai merchandise eksklusif miliknya yang bisa didapatkan para penggemar cosplay di acara POPCON Asia. Apa saja sih merchandise eksklusif yang dihadirkan oleh cosplayer satu ini? Simak daftar lengkapnya di bawah ini:

Selain menjadi Sri Asih, Yukitora Keiji juga sempat bercosplay menjadi karakter asal Indonesia lainnya yaitu sebagai karakter Cempaka, salah satu maskot dari KAORI Nusantara. Semangatnya untuk membuat cosplay dari karakter lokal di tengah banyaknya cosplayer yang bercosplay dari karakter Jepang dan Barat ini memang patut mendapat apresiasi yang khusus. Berkat kreativitas dan keuletannya, Yukitora mampu membuktikan bahwa karakter asal Indonesia bisa menjadi inspirasi cosplay yang tidak kalah dengan karakter dari luar negeri.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.