Liputan Khusus : Grand Final CLAS:H 2014

2
Para pemenang CLAS:H 2014

Pada hari sabtu, 21 Juni 2014 kemarin, baru saja diselenggarakan perhelatan Grand Final CLAS:H 2014. Acara yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta ini merupakan penutup serangkaian kegiatan perlombaan cosplay tingkat nasional yang sudah dilaksanakan sebelumnya di Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Perlombaan Berskala Nasional, Dengan Cita Rasa Internasional

Tahun 2014 menjadi tahun ke-empat penyelenggaraan CLAS:H (Cosplay Live-Action Show : Hybrid) sejak tahun 2011. Selama empat tahun ini, CLAS:H telah berhasil melaksanakan perlombaan cosplay dengan peserta yang tidak hanya berasal dari pulau Jawa saja. Meskipun menampilkan perlombaan berskala nasional, namun ada cita rasa internasional yang dihadirkan oleh pihak penyelenggara. Cita rasa ini datang dari bintang tamu yang diundang untuk meramaikan acara ini.

Para Cosplayer tamu sedang melakukan penjurian
Para Cosplayer tamu sedang melakukan penjurian

Penyelenggara berhasil mengundang beberapa cosplayer interasional ternama sebagai juri perlombaan cosplay ini. Juri tamu tersebut antara lain Xiaoying Chen yang berasal dari China, Aza Miyuko yang datang dari Korea Selatan, lalu Yukari Shimotsuki dan Reika Arikawa yang berhasil menyedot perhatian para pengunjung.

Advertisement Inline

Bazar Expo

Selain perlombaan cosplay, Grand Final CLAS:H 2014 juga menyediakan expo bazar yang menjajakan berbagai macam merchandise mulai dari poster, kaos hingga berbagai jenis figur.

Tidak hanya poster dan figur saja, pada perhelatan acara ini, juga dijual berbagai macam merchandise resmi dari berbagai cosplayer tamu yang hadir. Photobook Aza Miyuko pun berhasil ludes hanya dalam hitungan 2 jam setelah pintu dibuka. Tidak sebatas photobook Aza Miyuko saja, disini juga dijajakan poster, dan pernik lain dari Xiaoying Chen dan Reika Arikawa. Bahkan di acara ini, sempat dijumpai merchandise resmi dengan harga sangat miring.

Grand Final CLAS:H : Menarik Perhatian Fujoshi

Keramaian yang terlihat saat acara berlangsung memang sangat memukau. Banyak terdengar teriakan-teriakan histeris saat bintang tamu satu per satu naik ke atas panggung. Teriakan paling fenomenal berasal dari para fujoshi yang berteriak histeris saat salah satu seiyuu yang diundang menjadi bintang tamu, Katsuyuki Konishi melakukan talkshow di atas panggung. Tidak hanya Konitan (panggilan para penggemar terhadap Konishi) saja yang berhasil membuat suasana meriah, kehadiran sosok Reika juga berhasil menarik perhatian para fujoshi yang hadir pada acara tersebut.

Melebihi Target

Pada perhelatan Grand Final CLAS:H kemarin, selain menampilkan aksi dari grand finalist cosplay competition, ada juga single cosplay competition yang diadakan oleh pihak penyelenggara. Pada awalnya, pendaftaran single cosplay competition ini hanya dibatasi untuk 100 peserta saja, namun karena tingginya antusiasme cosplayer yang hadir, jumlah pendaftar mampu melebihi target dan menembus angka lebih dari 250 peserta!

Antusiasme yang tinggi ini sepertinya berasal dari daya tarik para juri internasional dan bintang tamu yang hadir meramaikan perhelatan Grand Final CLAS:H 2014 kemarin. Dan banyaknya peserta single cosplay competition ini berhasil membuat acara semakin ramai.

Selain dari antusiasme peserta lomba, acara juga semakin diramaikan dengan aksi panggung dari Stella Cornelia yang berhasil menarik perhatian para pengunjung. Disusul dengan aksi kabaret cosplay yang memukau dari Komutoku yang menampilkan kabaret Kamen Rider Gaim.

Grand Final Cosplay Competition

Mendekati sore, acara dilanjutkan dengan penampilan grand finalist CLAS:H Cosplay Competition. Ada 10 tim yang berhasil terpilih dan lolos sebagai grand finalist untuk tampil di Balai Kartini kemarin. Tim yang pertama tampil memukau adalah tim cosplay Tsukiyomi yang berasal dari Bandung, disusul dengan penampilan kedua dari tim Blue Crimson yang datang dari Yogyakarta.

10492296_10152474769239356_176226547625465449_n
Tim Just-Ice melakukan performance dari Frozen

Penampilan ketiga pun diisi oleh tim a-VF-nger yang menampilkan Bima Satria Garuda. Tim yang berasal dari Bandung, Kadaluwarsa Uwaw berhasil menampilkan aksi panggung Monster Hunter setelah penampilan tim a-VF-nger yang tidak kalah apik dan menawan. Penampilan selanjutnya disuguhkan oleh tim Grand Tokyo dari Bandung yang berkostum ala karakter dari game Samurai Warriors 4.

Jika pada penampilan sebelumnya diramaikan dengan cosplayer yang mengenakan armor ala game, penampilan ke-enam berhasil menyuguhkan sesuatu yang beda. Dengan balutan kostum dari film animasi Frozen besutan Disney, tim Just-Ice asal tuan rumah Jakarta berhasil mengajak penonton menyanyikan lagu Let it Go secara meriah. Penampilan pun dilanjutkan dengan aksi cosplayer yang mengenakan kostum bertemakan Dynasty Warriors yang disajikan oleh tim Hiroshi Kyoudai yang datang dari Bandung.

Adegan yang berhasil menyentuh hati para penonton
Adegan yang berhasil menyentuh hati para penonton

Panggung lomba pun kembali dimeriahkan oleh aksi dari tim Aicorsu Restu Ibu asal Sukabumi yang berhasil menyuguhkan aksi menegangkan ala game Monster Hunter 3rd Portable. Tim yang naik panggung selanjutnya adalah Kizuna yang datang jauh dari Medan yang berhasil membawakan kisah menyentuh hati dari game online Dragon Nest. Perhelatan Grand Final Cosplay Competition pun ditutup dengan penampilan pertarungan ala game Dissidia Final Fantasy yang disuguhkan oleh tim CSR 140 dari Surabaya.

Mini Konser dari RedShift dan Diasta

 

Aksi panggung Diasta
Aksi panggung Diasta

Setelah penampilan memukau dari sepuluh tim yang lolos ke babak grand final di Jakarta, acara dilanjutkan dengan penampilan aksi panggung dari Red Shift. Lagu-lagu vocaloid yang berhasil di compose dengan apik oleh Red Shift memeriahkan seisi Balai Kartini Jakarta sore itu. Red Shift memutar lagu-lagu vocaloid secara medley yang dibalut dengan aksi DJ yang membuat penampilan semakin meriah. Tata cahaya dari panggung yang memukau dan sinkron dengan melodi lagu yang dibawakan membawakan suasana semakin meriah. Red Shift pun berhasil mengajak sosok Hatsune Miku untuk menyanyikan lagu Inikah Cinta.

Setelah menyajikan lagu-lagu vocaloid, Diasta Priswarini naik ke atas panggung untuk beraksi menampilkan kebolehan nya dalam bernyanyi. Diasta pun berkolaborasi dengan Red Shift dan Senpasen Boyz dan Reika menyanyikan lagu tema dari CLAS:H.

Silaturahmi dengan Aza Miyuko

"Pose" nya bagus yah
“Pose” nya bagus yah

Pada sekitar jam 4 sore, sang cosplayer tamu, Aza Miyuko melakukan sesi meet and greet di booth miliknya. Ia melakukan penanda tanganan photobook miliknya yang berhasil terjual ludes. Terlihat banyaknya kerumunan yang berkumpul di stand Aza Miyuko, berisikan orang-orang yang sabar mengantri untuk menunggu giliran mendapat tanda tangan dari Aza bagi para pemilik photobook dirinya.

Penampilan Cosplayer Tamu

Daikon Sky dengan penampilan Kingdom Hearts - Birth by Sleep
Daikon Sky dengan penampilan Kingdom Hearts – Birth by Sleep

Seusai dimeriahkan oleh suguhan musik yang memukau, panggung kembali diisi oleh performer berikutnya. Kali ini, tim cosplay Daikon Sky, sang pemenang CLAS:H 2012 dan WCS (World Cosplay Summit) 2013 menampilkan pementasan kabaret Kingdom Hearts : Birth by Sleep. Tidak hanya Daikon Sky, tim cosplay asal Bandung, Archaic juga menampilkan aksi kabaret Hakuoki selama pementasan selama 20 menit.

Penampilan Anisong oleh Hirenobu Kageyama

Menjelang malam, antusiasme pengunjung sama sekali tidak menurun. Hadirnya sosok Hirenobu Kageyama, sang personil grup band JAM Project berhasil membuat antusiasme penonton untuk tidak turun. JAM Project merupakan grup band yang sudah berpengalaman mengisi berbagai lagu seri anime, seperti Crush Gear, dan Cardfight!! Vanguard.

Hirenobu Kageyama bersama para fans
Hirenobu Kageyama bersama para fans

Aksi panggung dan suara yang memukau dari Hirenobu Kageyama sukses memeriahkan Balai Kartini pada Sabtu malam kemarin. Terlebih saat ia menyanyikan lagu tema seri anime Seint Saiya.

Pengumuman Pemenang

Para pemenang single cosplay competition
Para pemenang single cosplay competition

Acara pun ditutup dengan pengumuman pemenang serangkaian lomba yang diselenggarakan CLAS:H. Juri berhasil memilih 15 peserta terbaik dari single cosplay competition yang dilakukan pada siang hari. Selain itu, ada juga pengumuman CLAS:H award sebagai berikut :

Creativity Award – Tim a-VF-nger & CSR140

Costume Award – Tim Just-Ice & Kadaluwarsa Uwaw

Teamwork Award – Tim Great Tokyo & Hiroshi Kyoudai

Story Award – Tim Kizuna & Aicorsu Restu Ibu

Performance Award – Tim Blue Crimson & Tsukiyomi

Dan di penghujung acara, diumumkan 3 pemenang CLAS:H Cosplay Competition, yaitu :

Juara 3 – Tim Aicorsu Restu Ibu

Juara 2 – Tim Just-Ice

Juara 1 – Tim Kadaluwarsa Uwaw

Para pemenang CLAS:H 2014
Para pemenang CLAS:H 2014

Dan dengan pengumuman pemenang tersebut, berakhirlah seluruh rangkaian kegiatan CLAS:H 2014. Sampai jumpa pada perhelatan CLAS:H 2015 tahun depan!

Berikut ini adalah beberapa momen-momen dalam Grand Final CLAS:H 2014 :

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline | Oleh Ferli Andria dan Rafly Nugroho

2 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.