BAGIKAN
Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara Labuan Bajo

“Nenek moyangku, seorang pelaut”, lirik salah satu lagu ciptaan Ibu Soed untuk anak-anak Indonesia mengingatkan kita bahwa Indonesia merupakan Negara yang memiliki potensi kemaritiman terbesar di dunia. Namun, generasi muda saat ini sepertinya tidak banyak yang memahami hal tersebut.

Berdasarkan isu ini Elex Media menjalin kerjasama dengan Kemenko Bidang Kemaritiman mengenai isu kemaritiman yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat. Khususnya generasi muda dan anak-anak Indonesia melalui karakter komik lokal yang telah menjadi salah satu karakter dengan banyak penggemar, Si Juki.

Selama ini komik Si Juki telah menjadi salah satu seri yang konsisten selalu memasuki urutan best seller di toko buku Gramedia Nasional dengan penjualan lebih dari 100.000 eksemplar dari semua serinya sejak tahun 2017. Selain itu hal ini juga dapat dilihat dengan judul-judul baru yang selalu berkala diterbitkan sehingga para penggemar akan selalu disuguhkan cerita-cerita yang segar.

Kedekatan karakter Juki dengan para penikmat kisahnya ini dinilai bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi maritim yang Indonesia miliki, sehingga terbentuklah suatu gerakan literasi kemaritiman. Elex Media dan Kemenko Bidang Kemaritiman membuat gerakan literasi kemaritiman dalam bentuk komik seri Si Juki Jalan-Jalan Nusantara ke 10 destinasi pariwisata prioritas sesuai dengan arahan Presiden.

Destinasi pertama yang didatangi oleh Si Juki dalam petualangannya keliling Nusantara adalah Labuan Bajo. Daerah Labuan Bajo ini memang sudah sangat dikenal dengan keindahan alamnya yang menarik perhatian para wisatawan. Ada beragam objek wisata menarik yang bisa ditemukan di Labuan Bajo mulai dari wisata pantai, bukit, hingga gua bawah tanah.

Pada komik kali ini Si Juki tidak melakukan perjalanan sendirian, ia ditemani oleh temannya bernama Mang Awung. Si Juki pergi ke Labuan Bajo bersama Mang Awung untuk menyelesaikan sebuah misi rahasia. Dalam menjalankan misi rahasia tersebut, mereka pergi ke berbagai destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo mulai dari Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, hingga pergi ke Taman Nasional Pulau Komodo untuk mencari harta karun.

“Dalam proses riset komik ini saya menemukan bahwa kalimat ‘Indonesia itu Indah’ benar adanya. Selain indah, saya juga menemukan keberagaman budaya yang menurut saya begitu luar biasa. Keberagaman inilah yang membentuk Indonesia, inilah harta karun Indonesia. Karena itulah, dalam cerita kali ini saya membuat konsep berburu harta karun dengan berbagai misi yang harus dilalui oleh Si Juki yang kali ini ditemani oleh Mang Awung.” Ucap Faza Meonk sag kreator Juki.

Harapannya, gerakan literasi dengan kemasan yang lebih ringan, menarik dan menyenangkan dapat diterima dengan lebih mudah tidak hanya untuk anak-anak dan generasi muda tetapi juga untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.