BAGIKAN
Ini dia judul game yang akan dipertandingkan di cabang eSports SEA Games 2019 Filipina! (sumber: facebook.com/iespaorg)

Lima dari 6 judul game yang akan dipertandingkan dalam perhelatan SEA Games 2019 di Filipina telah diumumkan. Judul-judul game tersebut akan menjadi nomor-nomor yang dipertandingkan dalam cabang olahraga eSports. Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, cabang olahraga eSport ini akan menjadi cabang olahraga resmi (medal sport) dalam perhelatan SEA Games ke-30 tersebut. Hasil dari tiap nomor akan mempengaruhi perhitungan total medali dari kontingen tiap negara.

Kelima judul game yang menjadi nomor cabang eSport adalah: Tekken 7, DotA 2,  StarCraft II, Mobile Legends: Bang Bang dan Arena of Valor. Pihak penyelenggara SEA Games Filipina (PHISGOC) dan Razer sebagai mitra juga menjelaskan bahwa satu game konsol lagi sedang dalam evaluasi dan akan diumumkan secepatnya. Pemilihan judul game yang diikutsertakan didasari atas tingkat kepopuleran dan kompetitif dari game tersebut di lingkup Asia Tenggara. Cabang olahraga eSport ini akan dipertandingkan secara gender inclusive, sehingga tim/peserta pria dan wanita akan mengikuti kualifikasi yang sama.

Tak hanya game strategi dan MOBA, game fighting Tekken 7 juga akan dipertandingkan di SEA Games 2019!

Dalam berita-berita yang sebelumnya dirilis, salah satu game konsol yang akan diiutsertakan adalah NBA2K19, namun hal ini belum diumumkan secara resmi. Apabila benar, dipilihnya NBA2K19 juga dapat dimengerti karena Filipina merupakan negara yang menyukai basket (penentuan cabang olahraga banyak dipengaruhi oleh tuan rumah atas persetujuan dewan olimpiade terkait).

Advertisement Inline

SEA Games 2019 di Filipina sendiri adalah perhelatan ke-30 dari ajang olahraga antar negara Asia tenggara. Rencananya SEA Games akan digelar dari tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019. Lokasi dari cabang olahraga eSport sendiri belum diumumkan, namun lokasinya sendiri akan bertempat di Manila.

sea games 2019
Mobile Legends, masih jadi game MOBA ponsel terpopuler di Asia Tenggara.

Pada tahun ini, cabang olahraga eSports juga dipertandingkan dalam event pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Tidak seperti di SEA Games mendatang yang sudah dilombakan sebagai cabor resmi, pertandingan eSport di ajang ini masih berupa eksibisi sehingga medali yang diperoleh tidak dimasukkan ke dalam klasemen perolehan medali negara yang berlomba. Adapaun judul game yang dipertandingkan dalam ajang Asian Games lalu adalah Arena of Valor, League of Legends, Pro Evolution Soccer (PES), Clash Royale, Hearthstone, daStarcraft II.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.