Komik bertema olah raga terutama sepak bola kerap kali didimonasi oleh kisah perjuangan seorang pemain sepak bola yang berjuang dari bawah seperti Captain Tsubasa, atau kisah manajer sepak bola yang menangani klub sepak bola medioker menuju kejayaan seperti Giant Killing. Namun komik asal Indonesia yang berjudul GO-CEK buatan Adil dan Kusir ini hadir dengan sesuatu tema, yaitu kisah keseharian menjadi suporter sepak bola di Indonesia.

Dalam komik ini dikisahkan seorang pemuda berusia 20 tahun bernama Ramang yang sangat mencintai sepakbola, dan selalu setia mendukung timnas Indonesia dan klub sepak bola kebanggaanya, Man Red United (Manchester United). Kisah keseharian Ramang yang menjadi suporter sepak bola ini dibalut dengan komedi dan slice of life yang menggambarkan kisah keseharian suporter sepak bola di dunia nyata terutama di tanah air, di mana keluh kesah dan suka duka saat mendukung tim kesayangan, hingga cerita kejadian-kejadian unik kala menonton langsung ke stadion untuk melihat tim kesayangan bertanding dan berbagai kisah-kisah supporter lainnya, semuanya diceritakan di komik ini.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisement Inline

Tidak kisah Ramang dan kawan-kawannya saat menjadi suporter sepak bola, komik GO-CEK juga memarodikan kejadian sepak bola di dunia nyata, bahkan menyentil drama sepak bola yang saat ini sedang terjadi. Komik Gocek juga terkadang memberikan tribute penghormatan untuk tokoh-tokoh sepak bola.

Sayangnya terkadang sajian komedi yang disajikan dalam komik GO-CEK tersebut sulit ditangkap oleh pembaca awam dalam sepak bola atau pembaca yang kurang update mengenai kejadian sepak bola. Hal ini dikarenakan komedi dalam komik GO-CEK ini mengikuti kejadian sepak bola di dunia nyata. amun bagi para pecinta sepak bola atau selalu mereka yang selalu update mengenai kejadian sepak bola di dunia nyata tidak akan terlalu bermasalah, bahkan bisa lebih memahami komedi dan kisah-kisah di dalamnya.

Komik ini diserialisasikan melalui LINE Webtoon sebanyak 84 episode, pada kurun tahun 2016 -2017. Selain itu, publik juga bisa melihat sejumlah ilustrasi komik ini, yang berisi berbagai ilustrasi bertemakan sepak bola di akun instagram @GOCEKTHEKOMIC. Komik GO-CEK ini sendiri merupakan sebuah komik sepak bola dengan tema yang cukup menarik dibandingkan dengan komik-komik bertema sejenis.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.