BAGIKAN
linimasa

Banyak cara untuk bisa belajar sejarah dengan asyik dan menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan moda permainan edukatif. Hal ini mendorong Mechanimotion Entertainment untuk merilis Linimasa Sejarah Indonesia Card Game, sebuah permainan kartu dan augmented reality bertemakan sejarah Indonesia. 

Linimasa Sejarah Indonesia Card Game adalah permainan kartu karya Adhicipta R Wirawan yang sebelumnya membuat permainan kartu Waroong Wars. Dalam Linimasa, pemain akan dikenalkan dengan  alur sejarah dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan, yaitu lewat permainan. Ada 3 cara bermain Linimasa yaitu Tautan Tokoh, Memori Waktu, dan Kalayuda. Berikut aadalah video penjelasan cara bermain dari ketiga cara permainan tersebut:

Advertisement Inline

Selain permainan kartu, Linimasa juga dilengkapi dengan aplikasi berbasis Android dengan fitur kuis sejarah serta teknologi augmented reality. Dengan aplikasi yang diberi nama Kuis & AR Linimasa Sejarah Indonesia Card Game, pemain akan dihadapkan dengan berbagai kuis yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar sejarah Indonesia. Selain itu terdapat juga teknologi augmented reality yang menghadirkan tokoh-tokoh pelaku sejarah dalam bentuk animasi 3D, di mana kartu tokoh sejarah yang di-scan akan beranimasi dan ada audio penjelasan singkat biografi tokoh tersebut. Terdapat 10 tokoh sejarah yaitu Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo, Ki Hadjar Dewantara, RA Kartini, Jendral Soedirman, Letkol Soeharto, Henry S. Truman, WR Supratman dan Yos Sudarso. Aplikasi ini tetap dapat digunakan tanpa menggunakan Linimasa Card Game, namun hanya fitur kuis saja yg dapat digunakan. Para tokoh-tokoh sejarah tersebut bisa diajak selfie bersama, dan dibagikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dll.

This slideshow requires JavaScript.

Agar dapat menggunakan fitur animasi 3D tokoh pelaku Sejarah dalam bentuk AR (Augmented Reality) dibutuhkan Linimasa Card Game. Kartu-kartu ini dapat dibeli secara online (tokopedia, bukalapak, shopee, dll.) dan offline (toko buku tertentu). Adapun untuk aplikasinya bisa diunduh di Google Play.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.