BAGIKAN

Pilih Kerajaan Sesuai Keinginanmu

“6 Pilihan Kerajaan” (Sumber: https://www.facebook.com/brigandinegefanpage/)

Pemain bisa memilih satu dari antara 6 kerajaan besar. Kerajaan keenam, Esgares Empire hanya bisa dimainkan dengan menahan tombol L1, R2, Start pada layar Country Select. Detail setiap kerajaan adalah sebagai berikut:

1. New Almekia.
Warna bendera kerajaan: Merah.
Dipimpin oleh: Lance (CV: Soichiro Hoshi)
Jumlah Rune Knight/ Monster: 12/ 31
Bersebelahan dengan kerajaan: Norgard dan Esgares Empire.
Lance adalah pangeran Kerajaan Almekia yang terpaksa mencari perlindungan ke Padstow karena pemberontakan Zemeckis. Berhati emas, pemberani, namun terbilang naif dan gegabah di awal permainan. Coel (CV: Hideaki Esumi), sebagai raja dari Kerajaan Padstow memberikan tahtanya pada Lance dan dengan senang hati mengganti nama kerajaannya menjadi New Almekia karena ia melihat kualitas Lance sebagai pemimpin yang bijak dan tidak haus akan kekuasaan. Lance adalah satu-satunya pemimpin berlevel 1 di awal permainan sehingga pemain harus berhati-hati bila membawanya ke pertempuran.

Advertisement Inline

2. Caerleon.
Warna bendera kerajaan: Hijau tua.
Dipimpin oleh: Cai (CV: Kentaro Ito)
Jumlah Rune Knight/ Monster:8/ 23
Bersebelahan dengan kerajaan: Esgares Empire dan Escalio.
Dikenal sebagai “Silent Wise King“, Cai memimpin Kerajaan Caerleon bersama dengan adik perempuannya, Merriot (Kanako Mitsuhashi). Diawali dengan percobaan pembunuhan yang dialaminya dan berakhir dengan Merriot yang terluka, Cai pada akhirnya ikut turun tangan dalam peperangan di Forsena. Kerajaan Caerleon nantinya akan beraliansi dengan Kerajaan New Almekia sehingga pemain tidak perlu terlalu khawatir dengan posisi Kerajaan Caerleon yang bersebelahan dengan dua powerhouse di gim ini. Jumlah Rune Knight di Kerajaan Caerleon adalah yang paling sedikit sehingga pemain perlu memikirkan baik-baik penempatan sumber daya manusianya. Kekurangan ini seharusnya tidak akan membuat pemain pusing di awal permainan karena hanya ada 1 istana milik Kerajaan Caerleon saja yang harus dijaga di perbatasan. Caerleon dapat menjadi pilihan terbaik bagi pemain pemula yang tidak terbiasa dengan gim taktik.

3. Iscalio
Warna bendera kerajaan: Oranye
Dipimpin oleh: Dryst (Kouji Ishii)
Jumlah Rune Knight/ Monster: 12/ 33
Bersebelahan dengan kerajaan: Esgares Empire, Caerleon, dan Leonia.
Dryst dikenal sebagai orang yang “gila” dan egois dalam memimpin kerajaan. Ia tidak peduli dengan urusan kerajaan dan kesejahteraan rakyatnya sehingga dijuluki “Mad Monarch“. Walaupun Kerajaan Iscalio adalah kerajaan yang tertindas, kekuatannya tidak bisa dianggap sebelah mata. Dryst memiliki banyak Rune Knight super kuat yang setara dengan Esgares Empire. Berbeda dengan kerajaan lain, pemain harus sering menjalankan Quest untuk mendapatkan Rune Knight baru karena tidak ada Rune Knight yang mau bergabung di kerajaan ini secara otomatis karena reputasi Dryst.

4. Leonia
Warna bendera kerajaan: Hijau muda.
Dipimpin oleh: Lyonesse (Yuri Shiratori)
Jumlah Rune Knight/ Monster: 11/ 26
Bersebelahan dengan kerajaan: Norgard, Esgares Empire (terhalang oleh gunung untungnya), dan Iscalio.
Satu-satunya kerajaan yang dipimpin oleh seorang perempuan. Lyonesse dulunya adalah rakyat jelata tetapi karena alasan religius, ia akhirnya diangkat menjadi ratu. Setelah pemberontakan oleh Zemekis terjadi, Lyonesse diundang bertemu dengan Vaynard untuk membahas hubungan antar kerajaan Leonia dengan Norgard. Vaynard memberi dua pilihan kepada Lyonesse yaitu antara menyerah dan tunduk pada Norgard atau memilih untuk berperang melawan mereka. Sebagai seorang pasifis, di luar dugaan Lyonesse memilih jalan perang walaupun ia sendiri dikenal sebagai ratu yang paling baik sepanjang sejarah Leonia. Leonia menjadi kerajaan yang terbilang cukup sulit untuk dimainkan karena memang sumber daya kerajaan ini tidak mendukung pemain dalam melakukan serangan secara agresif.

5. Norgard
Warna bendera kerajaan: Biru.
Dipimpin oleh: Vaynard (CV: Mitsuaki Madono)
Jumlah Rune Knight/ Monster: 13/ 44
Bersebelahan dengan kerajaan: New Almekia, Esgares Empire, Leonia.
Vaynard mengambil celah yang disebabkan oleh pemberontakan Zemekis untuk mencoba menguasai Benua Forsena. Ia ingin menciptakan dunia yang tentram dan damai oleh karena itu ia memutuskan untuk berperang dan menyatukan Benua Forsena dibawah Kerajaan Norgard. Ada 4 istana yang harus dijaga di perbatasan sehingga tentunya tidak mudah mengatur pertahanan di kerajaan ini.

6. Esgares Empire.
Warna bendera kerajaan: Ungu.
Dipimpin oleh: Zemeckis (Akio Ohtsuka)
Jumlah Rune Knight/ Monster: 18/ 58
Bersebelahan dengan kerajaan: Semua, kecuali Leonia yang terhalang gunung.
Kekuatan tempur kerajaan ini sangatlah kuat namun karena letaknya yang berada di tengah dan dikepung oleh kerajaan lain, pemain harus pintar dalam menghadapi serangan dari segala arah satu per satu. Sama seperti Kerajaan Iscalio, kerajaan ini juga harus mengandalkan Quest untuk mendapatkan Rune Knight. Walaupun Esgares Empire dari awal telah memiliki banyak Rune Knight handal tetapi kerajaan ini tetap menjadi yang paling sulit untuk dimainkan karena masalah letak geografis. Esgares Empire dapat dipilih langsung di versi Grand Edition tanpa harus menekan L1+R2+Start pada layar Country Select.

Kesimpulan

Untuk gim di era 90-an, Brigandine mempunyai fanbase cukup besar di Indonesia hingga saat ini. Tidak banyak orang yang mengetahui versi Grand Edition dari gim ini karena kendala bahasa, tetapi saya sangat menyarankan siapapun untuk mencoba memainkannya. Grand Edition memiliki banyak perubahan seperti pada sistem elemen, artwork, musik, penambahan CG dan cut-scenes anime ala 90-an, pengisi suara, jalan cerita tambahan, dan yang paling penting adalah adanya arc penutup di mana pemain akan menemui “the real mastermind” dari peperangan di Forsena. Selain berbagai perubahan tersebut, pemain juga akan menemukan Multiplayer Mode di mana pemain dapat bermain di Benua Forsena hingga 6 player (karena ada 6 kerajaan saja) sekaligus.

Bila berbicara kekurangan Brigandine, menurut saya Brigandine Grand Edition lebih inferior dari segi musik daripada versi aslinya. Lagu tema setiap kerajaan terasa lebih hidup dan terdengar catchy dibandingkan di Grand Edition di mana musiknya terdengar seperti lagu bertema kerajaan biasa. Selain dari segi musik mungkin untuk zaman sekarang, anime cut-scenes di gim ini terkesan kaku dan kasar. Hal tersebut berhasil diimbangi oleh performa pengisi suara Jepang di gim ini yang sebagian merupakan veteran sampai sekarang ini.

Saking terkenalnya Brigandine, beberapa Mod diciptakan untuk mengobati rasa rindu para fansnya. Di bawah ini adalah daftar Mod Brigandine sejauh ini:

“List Mod Brigandine” (Sumber: https://www.facebook.com/brigandinegefanpage/)

Akhir kata, saya sangat menyarankan Brigandine: Grand Edition bagi pemain yang mencari gim taktik tetapi tidak se-hardcore gim Disgaea buatan Nippon Ichi. Tergantung dari bagaimana pemain mengatur pasukannya, gim ini dapat mencapai waktu bermain hingga ratusan jam. Musuh terlalu mudah? Pemain dapat mengubah tingkat kesulitan gim ini dan merasakan bagaimana semua AI menjadi pintar, sering critical, dan lebih agresif dalam menyerang.  Brigandine: Grand Edition berbahasa inggris masih dapat ditemukan di google dan dimainkan di emulator Playstation. Good luck and have fun managing your nation!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.