Minggu, 3 Februari 2019. Rena Nozawa telah melakukan konser kelulusan (Graduation Show) di AKB48 Theater, Akihabara. Wanita berparas cantik ini adalah seorang mantan anggota grup idol dalam negeri JKT48 Tim J yang ditransfer menjadi anggota AKB48. Dia adalah satu-satunya anggota AKB48 yang berasal dari sister group AKB48 di luar negeri. Dia adalah warga negara Jepang dari kedua orang tua yang juga berwarga negara Jepang. Rena adalah satu-satunya orang Jepang yang diterima sebagai member JKT48 lewat audisi generasi pertama pada November 2011, di mana ketika itu kedua orang tuanya sedang bermukim di Jakarta. Tidak disangka-sangka, Rena Nozawa telah meninggalkan dunia peridolan dengan lulus dari AKB48 Tim K. Untuk mengenang kiprahnya, mari kita simak kilas balik Rena Nozawa di artikel berikut.

Perjalanan Rena Nozawa

Rena Nozawa mengikuti audisi JKT48 setelah disarankan oleh ayahnya yang melihat artikel tentang pembukaan audisi anggota JKT48 di surat kabar Jakarta Shimbun. Meski pengetahuannya tentang idola hanya sedikit, ia pernah berhasrat menjadi anggota Morning Musume atau AKB48. Menurut pengakuannya, ia cuma coba-coba ikut audisi dan awalnya tidak menyangka akan diterima. Dia mengikuti audisi JKT48 sebagai peserta nomor 38. Pertunjukan teater pertamanya adalah “Pajama Drive” bersama siswi pelatihan Generasi Pertama JKT48. Ketika mempersiapkan pementasan teater hari pertama, ia harus latihan bersama rekan-rekan lainnya hingga larut malam. Enam belas lirik lagu dalam bahasa Indonesia beserta koreografinya harus dipelajarinya dalam satu bulan.

Pekerjaan ayahnya sebagai wartawan surat kabar Nikkei Shimbun membuatnya sejak kecil sering berpindah tempat tinggal ke negara lain. Rena pernah tinggal di Thailand dan Australia mengikuti tempat bertugas ayahnya yang berpindah-pindah. Usianya baru tiga tahun ketika diajak ayahnya pindah ke Thailand. Dari usia 4 tahun hingga 7 tahun, ia tinggal di Australia, lalu pulang ke Jepang, dan pindah ke Indonesia ketika berusia 11 tahun.

Advertisement Inline

Dia bercita-cita menjadi penulis buku novel berbahasa Inggris”. Cita-citanya ini dinyatakan dalam kalimat perkenalannya di atas panggung: “I’m a dreamer, not yet a writer. I’m Rena! Yoroshiku onegaishimasu!” (“Saya seorang pemimpi, dan seorang calon penulis. Saya Rena! Salam kenal!). Ia bertubuh tinggi langsing, senang menari dan berlatih balet.

Rena Nozawa dapat berbicara tiga bahasa yaitu, bahasa Jepang, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia. Ketika tinggal di Jakarta, ia bersekolah di sebuah Sekolah Internasional. Meski bahasa sehari-harinya di rumah adalah bahasa Jepang, bahasa yang paling dikuasainya adalah bahasa Inggris. Ketika baru bergabung dengan JKT48, dia sama sekali tidak mengerti bahasa Indonesia, dan hanya bisa berbicara bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Ia selalu dibantu Ayana Shahab yang dapat berbahasa Jepang. Namun pada akhirnya, Rena dapat juga berkomunikasi dengan anggota lainnya.

Inilah 33 fakta unik seputar Rena Nozawa.

1. Rena lahir di Nagoya pada tanggal 6 Mei 1998.
2. Rena memiliki golongan darah B.
3. Rena memiliki horoskop Taurus.
4. Dulu Rena adalah member tertinggi di JKT48 dan memiliki postur tinggi badan 167 cm.
5. Dalam Video Jikoshoukainya di JKT48 Rena mengenalkan diri dengan Tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Jepang, dan Inggris.
6. Rena memiliki member favorit di AKB48 yaitu Mayu Watanabe.
7. Saat awal masuk JKT48 Rena sering berbicara dengan 2 bahasa dan menggabungkannya sekaligus dan membuat para member lainnya bingung jika berbicara dengannya.
8. Unit song Favorit Rena di setlist Pajama Drive adalah Tenshi no Shippo.
9. Makanan kesukaan Rena antara lain Cokelat, umeboshi, dan Nasi Goreng.
10. Rena sangat menyukai Buah Mangga.
11. Jika sudah besar nanti Rena bercita-cita ingin membuat Novel dalam Bahasa Inggris.
12. Tempat yang ingin Rena kunjungi adalah Theme Park.
13. Rena sangat menyukai Boneka berbentuk hewan seperti Rilakkuma, Panda, dan Teddy Bear.
14. Rena adalah orang yang sangat suka membaca novel bergenre fantasi dan misteri, dan salah satu judul buku novel favoritnya adalah “Into the Wild karya Erin Hunter”.
15. Rena sangat menyukai warna pink dan blue baby.
16. Ayah Rena bekerja sebagai wartawan di salah satu koran Jepang “Nikkei Shimbun”.
17. Rena sudah berada di Jakarta (Indonesia) selama dua tahun sebelum ia bergabung di JKT48. Rena mulai tinggal di Indonesia sejak umur 11 tahun.
18. Dulu Ayana dan Rena sering make-up tanpa menggunakan kaca.
19. Dulu saat masih di JKT48 Rena dan juga Ayana merupakan member yang berfungsi sebagai translator para member JKT48 pada saat mereka perform di Jepang.
20. Gaby adalah salah satu member yang suka menginjak kaki orang secara tak sengaja, salah satu member yg pernah dia injak kakinya adalah Rena.
21. Ternyata kapten dari AKB48 “Takamina” diam-diam mengagumi sosok Rena dan Melody.
22. Rena termasuk Phasmophobia yaitu ketakutan seseorang akan hal mistik (hantu).
23. Terkadang Rena dan Haruka mengupdate Tweet mereka dalam dua bahasa, Indonesia dan Jepang.
24. Suara asli Rena sebenarnya normal, tidak terlalu berat dan tidak terlalu cempreng”.
25. Saat awal bergabung di JKT48 Rena harus menghafal 16 lirik lagu JKT48 dalam bahasa Indonesia beserta koreografinya dalam 1 bulan.
26. Rena pernah menggantikan posisi ‘Oshima Yuko’ (Kapten Team K AKB48) dikarenakan absen, pada 5 Desember lalu saat perform di theater AKB48.
27. Pada tanggal 24 Februari 2014, Aki Takajo dan Rena Nozawa diumumkan resmi meninggalkan JKT48 dengan melepas status tim ganda-nya yang kala itu mereka berdua masih berstatus member AKB48 dan JKT48.
28. Rena Nozawa merupakan satu-satunya member 48 Family yang memakai ‘Kebaya’ pada acara Janken Senbatsu Tournament AKB48, di Jepang tahun 2013.
29. Rena pernah terlihat di episode kedua Majisuka Gakuen 4.
30. Pada tanggal 12 Juni 2014 Rena pernah berpartisipasi pada show Pajama Drive team putih Generasi 3.
31. Saat di konser AKB48xJKT48 Rena dan Haruka sempat menjadi translator saat para member AKB48 sedang berbicara di dalam MC.
32. Rena pernah ikut berpartisipasi dalam pemutaran film Documentary AKB48 dan JKT48 bulan februari lalu di Cinemaxx FX Sudirman.
33. Saat di konferensi pers Kasablanka bulan Februari lalu, Rena mengatakan kalau ia akan tetap mempertahankan bahasa Indonesianya meskipun berada di Jepang.

Generasi 1 JKT48 yang masih tersisa (dari kiri: Gaby, Frieska, Shania, Rena, Sonia, Beby, Ayana)

Selamat atas kelulusannya Rena Nozawa. semoga segera terkabul seluruh cita-citamu.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.