BAGIKAN

Japan Amusement Expo (JAEPO) adalah event tahunan di mana berbagai perusahaan developer gim di Jepang menampilkan berbagai macam mesin arcade terbarunya. Acara ini telah diselenggarakan pada Januari 26-28 2019 lalu di Makuhari Messe, Chiba.  Di antara berbagai perusahaan tersebut, ada beberapa “highlight” yang menarik perhatian para pengunjung. Salah satu acara yang digelar di perhelatan tersebut adalah turnamen KAC.

Japan Amusement Expo - JAEPO 2019 - Konami
Red stage dan Blue stage booth Konami (Ratu A. Larasati)
Apa itu KAC? KAC adalah singkatan dari “Konami Arcade Championship”, sebuah turnamen yang mempertandingkan berbagai judul gim arcade yang dirilis oleh Konami, seperti Sound Voltex, Beatmania IIDX, Dance Dance Revolution dll. Turnamen tersebut sudah diselenggarakan selama 8 tahun. Belakangan ini pemain dari luar negeri kini bisa mendaftar untuk mencoba mengikuti turnamen tersebut.
Tahun ini adalah gelaran KAC ke-8 di mana gim-gim arcade berikut dipertandingkan dalam turnamen kali ini.
  • Sound Voltex Heavenly Haven
  • Beatmania IIDX 26 ( Rootage )
  • Nostalgia Op.2
  • Pop’n Music Peace
  • Dance Dance Revolution A
  • Dancerush Stardon
  • Gitadora Exchain Drummania
  • Gitadora Exchain Guitarfreaks
  • Jubeat Festo
  • Mahjong Fight Club
  • Baseball Collection
  • Eldora Crown
  • Quiz Magic Academy
  • Bomber Girl
Dance Dance Revolution 20th Anniversary Gold Cabinet (Ratu A. Larasati)
Selain turnamen yang digelar di booth KONAMI, di booth SEGA pengunjung bisa mencoba berbagai judul gim arcade terbaru yang dirilis oleh mereka, seperti FGO Arcade, Kemono Friends 3, dll. Para pengunjung juga bisa mencoba gim arcade rhythm terbaru SEGA, yaitu Maimai DX. Berbeda dengan versi maimai sebelumnya, ada beberapa pergantian dalam sistem gameplay dan bahkan desain mesinnya sendiri. Mesin Maimai DX memiliki kamera di antara kedua layar atas, yang berfungsi mengambil semacam selfie pemain setelah berakhirnya setiap lagu. Fungsi lainnya untuk sementara ini masih belum diketahui. Selain itu, sensor touchscreen di mesin ini lebih rumit dibandingkan mesin edisi lama yang memungkinkan adanya gimmick baru, seperti touch note dan touch hold note. Hal tersebut akan menambah dimensi baru lagi yang harus dipelajari para pemain.
Maimai DX - Japan Amusement Expo - JAEPO 2019
Maimai DX (Ratu A. Larasati)
Selain itu, hold note sekarang tidak harus dilepas pada ujungnya untuk mendapatkan skor perfect, dan jumlah break tidak lagi berefek kepada penilaian max percentage score yang bisa didapatkan pada sebuah lagu. Skor tertinggi yang bisa didapatkan di setiap lagu sekarang distandarisasikan menjadi 101.00% (seperti layaknya gim Chunithm dan Ongeki)
Perhelatan JAEPO 2019 tidak hanya diramaikan oleh pameran berbagai judul-judul gim arcade saja, tetapi juga ada Prize Fair. Prize Fair adalah kesempatan bagi para pengunjung untuk mencoba mesin crane (ufo catcher) yang kalau di indonesia sering muncul di berbagai game center sekitar. Pengunjung bisa mengantri di mesin-mesin tersebut dan memilih hadiah yang ingin dimenangkan! Tentu ini semua bisa didapatkan secara gratis (selain bayar tiket masuk eventnya sendiri).
Indie Arcade Game Catcher, Loctest
Arcade Game Catcher terbaru Konami, “Treasure Road” (Ratu A. Larasati)
Sementara itu, menyambut tayangnya anime Sword Art Online: Alicization, Bandai Namco merilis gim baru, yaitu SAO Arcade! Di perhelatan JAEPO pengunjung bisa menjajal gim ini secara gratis. Setelah bermain, pengunjung bisa mendapatkan kartu Banapass Sword Art Online edisi terbatas dan card sleeve. Sistem game tersebut mirip dengan Kingdom Hearts yaitu dengan memadukan genre hack and slash.
Bandai Namco Booth (SAO)
Banapass Sword Art Online (Ratu A. Larasati)

Secara keseluruhan, bagi Anda yang gemar bermain gim arcade bersama orang lain di game center, event JAEPO 2019 menjadi alternatif acara konvensi pop culture besar di musim dingin selain Winter Comiket yang digelar dalam waktu yang cukup berdekatan. Meskipun Anda belum terlalu mahir berbahasa Jepang, para pengunjung tidak sulit untuk menikmati aspek visual dan juga menjajal bermain game yang dipamerkan di sini. Untuk yang tertarik, Anda dapat menyimak situs resmi JAEPO untuk informasi mengenai event berikutnya.

KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.